Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bandungcarhireAvatar border
TS
bandungcarhire
Toyota Avanza
Toyota Avanza


 
History

Nama Avanza berasal dari Bahasa Italia Avanzato, yang berarti Peningkatan. Toyota Avanza merupakan mobil yang di produksi di Indonesia oleh Daihatsu yang dipasarkan menjadi dua merek yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Generasi pertama dari mobil ini diluncurkan saat Gaikindo Auto Expo pada tahun 2003 saat itu produk terjual sekitar 100.000 unit pada tahun tersebut.

Toyota Avanza hadir sebagai produk yang dikembangkan dan diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pasar otomotif di Indonesia. Hingga saat ini Toyota Avanza masih menjadi mobil mobil keluarga terfavorit masyarakat Tanah Air. Awal mula kemunculan kendaraan multi guna bawah atau sering disebut dengan istilah low multi purpose vehicle/LMPV di mulai dari krisis moneter yang terjadi di Indonesia pada tahun 1998 menyebabkan beberapa harga kendaraan bermotor melambung tinggi secara drastis dalam sejarah otomotif.

Saat itu, yang diyakini sebagai salah satu mobil keluarga di Indonesia yaitu Toyota Kijang mengalami kenaikan yang melambung tinggi secara drastis. Pada akhirnya Toyota pun berusaha untuk menciptakan inovasi terbaru dalam segmen keluarga, dan pada akhirnya sekitar bulan Desember tahun 2003 terciptalah Avanza. Toyota Avanza sudah banyak mengalami penyegaran. Sudah hampir sekitar 14 tahun lamanya Toyota Avanza menemani setiap perjalanan masyarakat di Indonesia. Bahkan saat ini Toyota Avanza sudah memasuki generasi ketiga.

Selang waktu tiga tahun sejak pertama kali diluncurkan di pasar otomotif Indonesia, Toyota Avanza generasi pertama mengalami minor change, seperti mengadopsi mesin VVT-I, desain eksterior dan interior yang lebih baru, hingga pengembangan dari sisi kenyamanan berkendara. Dua tahun setelahnya, Toyota Avanza lagi lagi disegarkan kembali terutama di bagian desain eksterior dan interior. Selajutnya pada tahun 2009 hadir varian baru, yakni 1.3 G A/T dan satu tahun berikutnya hadir 1.3 E A/T.

Setelah itu, generasi kedua dari Toyota Avanza lahir kembali pada tahun 2011 dengan semakin banyak perubahan yang dibawa. Bahkan tersedia beberapa varian baru, yakni Toyota Avanza Veloz dengan mesin 1.5 A/T dan 1.5 M/T. Bahkan saat ini setiap tipe memiliki pilihan warna-warna baru. Sekitar dua tahun berjalan, generasi kedu mobil keluarga tersebut kembali lagi mengalami penyegaran. Fokus dari tujuan utama penyegaran Toyota Avanza ini terletak pada sisi safety, meningkatkan kenyamanan berkendara dan tempat duduk, hingga desain interior yang dibuat lebih berbeda dari sebelumnya. Pembaruan terakhir dilakukan pada tahun 2015, dan saat itu disebut sebagai Grand New Avanza dan Grand New Veloz. Bukan sekedar hadir dengan konsep desain baru, tetapi mengalami ubahan dari sektor teknologi mesin, menjadi dua VVT-I, serta punya fitur keamanan lebih komplit.

Sementara perubahan model secara keseluruhan (full model change) dilakukan pada tanggal 7 November 2011 yang menandai mulainya generasi kedua dikenal sebagai All New Avanza. Munculnya varian baru Veloz (berasal dari bahasa InggrisVelocity yang artinya kecepatan) menjadi varian teratas (top of the line) juga menjadi pembeda dengan generasi sebelumnya. Selain itu, pada bulan Juni 2014, Toyota juga menghadirkan Avanza Luxury sebagai varian termewah dari Avanza. Versi facelift dari Avanza generasi kedua yaitu Grand New Avanza dan Grand New Veloz diluncurkan pada tanggal 12 Agustus 2015.

Tak hanya di Indonesia, Toyota Avanza juga dipasarkan di sejumlah negara Asia Pasifik seperti Malaysia (Versi 1.5 G dilengkapi dengan airbag), Thailand, dan Filipina. Selain itu juga dipasarkan di Afrika Selatan dan Meksiko.
 
Specification
Dipasarkan oleh dealer resmi Toyota di Indonesia yaitu Auto 2000, Tunas Toyota, Nasmoco dan Astrido Toyota.
Mesin
1NR-FE
2NR-FE
semuanya mesin bensin
semuanya tersedia dalam transmisi manual ataupun otomatis (kecuali tipe 1.5 G)
Tipe mesin
4 silinder segaris, 16-katup DOHC, Dual VVT-i EFI
4 silinder segaris, 16-katup DOHC, Dual VVT-i EFI
Isi silinder (cc)
1.329 (1.330)
1.495 (1.500)
Diameter x langkah (mm x mm)
72.5 x 80.5
72.5 x 90.6
Daya maksimum (PS/rpm)
97/6000
104/6000
Torsi maksimum (kgm/rpm)
12.5/4000
14.4/4000
Dipakai di
Avanza 1.3 E, 1.3 G dan 1.3 Veloz (tipe baru)
Avanza 1.5 G dan Avanza 1.5 S (sekarang Avanza Veloz)
 
 
Features
Beberapa fitur yang tertera di bawah ini merupakan kelengkapan standar yang terdapat pada seluruh versi dan model Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia (tipe VVT-i) yang diproduksi mulai akhir tahun 2006 hingga saat ini :
·        Ukuran roda 14" (Toyota Avanza model 1.300 cc: E dan G.
·        Ukuran roda 15" (Toyota Avanza Veloz 1.300 cc dan 1.500 cc).
·        Roda kemudi urethane 3-palang (4-palang untuk keluaran 2009-2011) pada generasi pertama, dan kembali lagi ke 3 palang untuk generasi kedua.
·        Collapsible Steering Column.
·        Sistem audio dengan radio dan pemutar CD, konektivitas Bluetooth, slot USB dan AUX, dilengkapi 4 speaker.
·        Kursi baris kedua bisa dilipat 50:50.
·        Kursi baris ketiga bisa dilipat 50:50.
·        Power Steering tipe hidrolik (generasi ke-2 menggunakan sistem Power Steering Elektrik).
·        Spidometer berpendar.
·        Meter indikator RPM/takometer.
·        Suspensi McPherson Strut dengan per keong dan stabilizer (Depan), 4-link dengan per keong (Belakang).
·        Power window di semua jendela.
·        Lampu peringatan untuk keamanan dan sistem mesin.
·        Penyejuk udara dengan blower ganda.
·        Kotak konsol pada bagian belakang sisi kiri dan kanan (Hanya Tersedia pada Toyota Avanza) Global Outstanding Assessment (GOA).
·        Sabuk keselamatan 3-titik.
·        Alarm dengan engine immobilizer, sirine, sensor kabin, and pengunci pintu otomatis.
·        Lampu kabut dan high-mount stop lamp (Avanza 1.3 G dan 1.5 S).
·        Child lock.
·        Kaca spion luar dengan lampu sign.
·        Wiper depan dan belakang.
·        Anti-lock braking system (ABS) (Untuk Avanza keluaran 2015-sekarang).
·        Dual SRS Airbags (2013).
·        Multi Information Display (MID) (2015).
·        Audio dengan Bluetooth(Untuk Avanza keluaran 2015-sekarang).
·        Side Impact Beam(Untuk Avanza keluaran 2015-sekarang).
·        Immobilizer(Untuk Avanza tipe 1.3 G,1.5 G, keluaran 2015-sekarang).

Di era yang serba digital dan penuh dengan teknologi seperti sekarang ini, Toyota Avanza cukup memberikan solusi yang baik bagi keluarga-keluarga di seluruh Indonesia. Tak hanya meringankan keluarga saat sedang memerlukan transportasi untuk bepergian, tingkat keamanan dan kenyamanan dari Toyota Avanza masih dipercaya oleh banyak keluarga di Indonesia. Tak heran jika mobil Toyota Avanza ini sering mendapat julukan “Mobil Sejuta Umat”.

Marak sekali di zaman sekarang orang memanfaatkan peluang kerja. Salah satunya dengan menjadi rental mobil yang berada di kota – kota besar Indonesia, mungkin salah satuny di kota Bandung. Tak jarang bahkan sering sekali mobil Toyota Avanza dijadikan sebagai mobil yang dapat digunakan sebagai rental mobil Avanza di Bandung. Setiap perubahan dan kebaruan, keamanan, dan kenyamanan yang dibuat oleh Toyota Avanza mampu menghipnotis orang-orang agar beralih menggunakan mobil Toyota Avanza.

Tak heran jika marak sekali perusahaan rental mobil Avanza di Bandung sekarang ini banyak sekali yang menggunakan Toyota Avanza sebagai mobil andalan yang digunakan untuk mentreatment customer demi keamanan dan kenyamanan mereka saat berkendara dalam perjalanan.
Diubah oleh bandungcarhire 24-02-2018 11:58
0
2.8K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
Kendaraan Roda 4KASKUS Official
25KThread12KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.