thisisc3Avatar border
TS
thisisc3
Manfaat yang didapat jika mengurus IMB
Ada beberapa manfaat IMB dalam pembangunan rumah dan renovasi yang diberikan oleh pemerintah kota. Dengan memiliki izin ini agan akan dimudahkan segala hal yang berhubungan dengan urusan pemerintah. Untuk itu ada baiknya apabila agan ingin melakukan pembangunan dan renovasi beberapa hal yang sebaiknya disiapkan yaitu biaya yang harus disiapkan, bahan bangunan dan waktu dalam proses pengerjaannya. Sayangnya beberapa orang sering kali mengesampingkan pengurusan IMB padahal akan memberikan beberapa manfaat antara lain sebagai berikut ini.

4 Manfaat IMB yang harus diketahui yaitu :

1. Dengan memiliki IMB maka akan memudahkan untuk agan dalam mendapatkan kepastian dan juga adanya perlindungan hukum. izin tersebut dilakukan agar bangunan tersebut mendapatkan kepastikan tidak mengganggu dan juga merugikan kepentingan orang lain. Sehingga apabila terjadi sesuatu negara akan memberikan perlindungan untuk menjadikan rumah yang dibangun menjadi lebih aman.

2. Apabila agan ingin menjual rumah tersebut umumnya pembeli akan menanyakan mengenai kepemilikan IMB. Sehingga akan memudahkan dalam menaikkan harga dari rumah tersebut. Akan tetapi apabila kepemilikan IMB tidak diketahui dan tidak ada. Maka pemilik baru enggan membeli dengan harga yang bagus. Sehingga sangat pentingnya IMB dalam membangun atau merenovasi rumah.

3. Bahkan IMB bisa menjadi jaminan atau pun agunan jika agan ingin meminjam uang. Hal ini karena IMB memiliki nilai sama seperti sertifikat tanah. Sehingga usahakan dalam penyimpan IMB harus dilakukan dengan benar dan tidak boleh sembarangan. Dengan demikian akan menghindari kemungkinan untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

4. Tak hanya menjadi syarat dalam jual atau pun beli akan tetapi juga bisa menjadi syarat mutlak dalam menyewa rumah. Dengan demikian usahakan apabila agan ingin menyewakan atau menjual rumah tersebut pastikan untuk memilikinya agar menjadi lebih aman.


Setelah mengetahui mengenai manfaat IMB bagi pemilik rumah. Maka agan perlu mengenal juga mengenai prosedur pembuatan IMB. Dengan demikian akan membantu mendapatkan informasi yang diinginkan.

Beberapa prosedur yang sebaiknya agan ketahui antara lain yaitu :

- Mulai dengan mengajukan permohonan P2B dan juga melengkapi berkas yang dibutuhkan. Hal ini dilakukan dalam rangka mendirikan bangunan baru atau pun merenovasinya. Segala hal yang diharuskan dengan lengkap untuk memaksimalkan informasi yang ada.

- Jika seluruh berkas sudah diterima kantor pemerintahan. Maka petugas dari P2B akan segera melakukan pencocokan antara berkas dengan lapangan apakah sudah sesuai.

- Apabila segalanya berjalan dengan lancar maka akan segera diberikan izin untuk pembangunan. Dengan demikian akan memaksimalkan kemudahan yang diberikan untuk langkah selanjutnya.

- Pembangunan yang dilakukan dapat dengan mudah dijalani. Sehingga sembari menunggu mengenai adanya IMB yang diberikan.

Apabila seluruh prosedur dijalani maka akan mudah dalam mendapatkan IMB. Perlu agan ketahui bahwa manfaat IMB sangatlah banyak terlebih untuk mempermudah segala urusan yang menyangkut di pemerintahan. Untuk memudahkan agan dalam perizinan IMB, di luar sana banyak jasa yang menyediakan untuk membantu mengurus IMB salah satunya Jasa IMB Jakarta . Disitu agan juga bisa baca-baca tentang IMB dan kelengkapannya. Semoga aja info di atas bisa ngebantu agan dalam pengurusan IMB yaa
Diubah oleh thisisc3 12-03-2018 13:21
0
3.1K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.