Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengenal Lebih Dekat Jamur Maitake : Jamur Lezat Pembunuh Sel Kanker

zafinsyurgaAvatar border
TS
zafinsyurga
Mengenal Lebih Dekat Jamur Maitake : Jamur Lezat Pembunuh Sel Kanker
Mengenal Lebih Dekat Jamur Maitake : Jamur Lezat Pembunuh Sel Kanker
Mengenal Lebih Dekat Jamur Maitake : Jamur Lezat Pembunuh Sel Kanker

Mengenal Lebih Dekat Jamur Maitake : Jamur Lezat Pembunuh Sel Kanker


emoticon-HaiHallo GanSis, apa kabar...? Ketemu lagi nih di Thread Zafinsyurga...

Kali ini ane ingin memberikan info seputar jamur, iya jamur, tapi bukan jamur kulit yang bikin gatel-gatel

melainkan jamur yang selain enak dimakan tapi juga bermanfaat untuk kesehatan

salah satunya dalam menghadapi kanker...



Mengenal Lebih Dekat Jamur Maitake : Jamur Lezat Pembunuh Sel Kanker


GanSis, apakah kalian pernah mendengar nama Jamur Maitake? Kalo belom, sama nih ma TS, TS juga baru denger, hehehe.. emoticon-Hammer2Jadi apa sih Jamur Maitake itu...?


Menurut Wikipedia,jamur ini ditemukan oleh ilmuwan Jepang pada pertengahan tahun 1980. Jamur yang mempunyai nama latin Grifola Frondosa ini disebut juga sebagai Raja Jamur karena ukurannya yang besar, sebesar bola basket.

Arti Nama Maitake

Nama maitake berasal dari bahasa Jepang yang artinya “jamur menari.” Asal usul nama ini diperoleh dari sejarahnya dimana dulu jamur ini memiliki rasa yang enak, manfaatnya yang banyak, namun langka dan hanya bisa diperoleh di pegunungan. Saat orang-orang menemukan jamur ini, mereka akan menari mengekspresikan rasa senangnya. Karena itulah jamur ini dinamakan “jamur menari". Tidak hanya enak, jamur maitake pun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan beberapa penyakit bisa ampuh dihambat dengan jamur maitake, salah satunya penyakit kanker. Kanker merupakan salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia. Kanker hati, paru, perut, kolorektal dan kanker payudara merupakan penyebab terbesar kematian yang disebabkan oleh kanker setiap tahunnya.

Meskipun sangat dikenal di Jepang, tapi jamur ini telah banyak berkembang dan tumbuh di seluruh dunia, misalnya di Negara Amerika dan Inggris dikenal dengan nama Hens of the Woods, Italia menyebutnya jamur Signorina, sementara di Tiongkok dikenal dengan nama Huishuhua.

Kandungan Zat Maitake dan Manfaatnya

Seperti polipora lainnya, maitake mengandung polisakarida yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuh. Polisakarida adalah karbohidrat kompleks yang terdiri dari molekul gula yang lebih kecil. Gula ini menstabilkan tekanan darah, gula darah dan memiliki efek pada radikal bebas. Polisakarida beta glucan yang disebut D-Franction yang terdapat pada Jamur Maitake berkhasiat untuk penyakit kanker. Hal ini telah dipaparkan Profesor Hiroaki Nanba, PhD, seorang guru Besar di Universitas Kobe. Beta glucan ini akan menghambat penyebaran sel kanker ke organ tubuh lain dan dapat menghalangi tubuh terserang kanker bagi mereka yang sehat. Hal ini dikarenakan maitake dapat mengaktifkan kemampuan sel yang sudah rusak untuk membunuh dirinya sendiri.

Di antara molekul D-Fraction pada jamur-jamur herbal populer seperti lingzhi, kawaratake, atau shiitake, molekul pada jamur maitake terbukti lebih unggul menghambat pertumbuhan sel kanker. Fakta ini diperoleh dari penelitian pada mencit dalam jurnal Cancer Research Clinic Oncology. Terbukti jamur maitake dapat menghambat pertumbuhan kanker payudara 1,5 kali lebih baik dibandingkan dengan jamur shiitake, lalu 12 kali lebih baik dari jamur kawaratake, dan 16,5 kali lebih baik dari jamur lingzhi. Bahkan dibandingkan dengan jamur lingzhi yang menggunakan dosis 50 kali lebih besar, atau dengan dosis jamur kawaratake 300 kali lebih besar, jamur maitake masih lebih efektif menghambat sel kanker payudara. Sebagai gambarannya, silakan lihat tabel perbandingan berikut:

Spoiler for "Tabel perbandingan":



Hingga saat ini salah satu negara yang telah berhasil membudidayakan jamur maitake adalah Jepang. Mereka telah memproduksi jamur maitake hingga ribuan ton setiap bulannya. Jika Anda berkunjung ke supermarket di sana, maka Anda akan menemukan jamur ini dijual di antara jamur-jamur populer lainnya. Sementara di Indonesia belum ada petani yang membudidayakan jamur maitake. Selain karena belum populer, jamur ini juga sangat sulit untuk dibudidayakan. Bahkan tempat yang saat ini ditumbuhi maitake, belum tentu bisa ditumbuhinya lagi di waktu mendatang. Butuh teknologi yang tinggi untuk membudidayakannya. Namun jamur ini juga sudah mulai diimpor ke Indonesia dalam bentuk jadi ataupun diolah menjadi suplemen antikanker



Oke GanSis, itulah sekelumit informasi yang dapet ane berikan mengenai jamur maitake,

semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi di Thread ane selanjutnya.


Sekian $ Wassalam

emoticon-Hai


Sumber dan Gambar:
Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3
Sumber 4

Diubah oleh zafinsyurga 28-03-2018 04:56
swiitdebby
swiitdebby memberi reputasi
1
2.9K
13
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.