Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

andika.1stravelAvatar border
TS
andika.1stravel
Diam-diam Stasiun Antariksa China Lintasi Indonesia


Diam-diam Stasiun Antariksa China Lintasi Indonesia



VIVA – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN memperbaharui perkembangan pemantauan jatuhnya stasiun antariksa China, Tiangong-1.

Berdasarkan data elemen orbit tanggal 26 Maret 2018 yang diperoleh dari Space-Track, diperkirakan Tiangong-1 akan mengalami re-entry atau masuk ke atmosfer Bumi sekitar 1 April 2018.

Situs pemantauan benda jatuh antariksa buatan LAPAN, Track-It, berhasil mendeteksi saat Tiangong-1 melintasi Indonesia di bawah ketinggian 200 kilometer atau sekitar 198 kilometer. Stasiun antariksa China itu terdeteksi bergerak dari arah barat daya ke timur laut pada Selasa 27 Maret 2018.

Secara rinci momen terdeteksi itu terjadi pada Selasa 27 Maret 2018 dini hari pukul 00.00-03.00 WIB.

"Pukul 00.00 WIB melewati Papua. Sekitar pukul 02.00 WIB melewati Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi dan sekitar pukul 03.00 WIB melewati Sumatera," tulis keterangan di situs Pusat Sains Antariksa LAPAN.

Mengenai titik jatuhnya stasiun antariksa tersebut, sampai saat ini belum ada yang bisa memastikannya. Tiangong-1 bakal jatuh pada 1 April 2018 dan masih bersifat prediksi.

Prediksi ini masih dapat berubah berdasarkan aktivitas matahari dan geomagnet yang akan memengaruhi kondisi kerapatan atmosfer yang dilalui satelit tersebut.

"Mengingat aktivitas matahari dan geomagnet sangat rendah, diperkirakan proses re-entry tersebut akan terjadi lebih lama daripada waktu yang telah diperkirakan sebelumnya," tulis LAPAN.

_________

Bahaya ini emoticon-Takut (S)
0
12.7K
104
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.6KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.