• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Blak-Blakan Banget Gan, 7 Perusahaan Mobil Cina Ini Menjiplak Merek Ternama

oktamonuraAvatar border
TS
oktamonura
Blak-Blakan Banget Gan, 7 Perusahaan Mobil Cina Ini Menjiplak Merek Ternama



Ketenaran pasar Cina dalam dunia penjiplakan sepertinya memang sudah biasa ditemui ya, gan. Tak sedikit jumlah produk yang sudah ditiru oleh manufaktur Cina, dengan kemiripan beragam, ada yang hanya sekian persen sampai hampir seratus persen.

Objek seperti pakaian, perangkat elektronik, aksesori dan banyak lagi lainnya, termasuk otomotif. Yap, Cina memang punya banyak produk motor dan mobil yang meniru merek besar. Berikut 7 merek ternama yang blak-blakan sudah mereka jiplak nih, gan.

1. Lifan 320


Spoiler for 1:



Dari wujudnya saja sudah bisa diterka langsung kalau city car bermesin 1.3 liter ini mengambil inspirasi dari Mini. Menurut Autocar, Lifan 320 mendapat facelift pada 2013 dan berubah haluan dari mirip Mini menjadi mirip Fiat 500.

2. Landwind X7


Spoiler for 2:



Mobil ini meluncur pada 2014 dan mengagetkan banyak orang karena kemiripannya dengan Range Rover Evoque. Bahkan, saking terkesimanya, Land Rover sampai mengambil tindakan. Tapi pihak berwajib Cina memutuskan Landwind X7 tidak menjiplak dan akhirnya berhasil dipasarkan.

3. Changan X70A


Spoiler for 3:



Mobil ini juga mirip salah satu keluarga Land Rover. Tepatnya model Discovery 4. Meski wajahnya sedikit berbeda, profil bagian lain kendaraan bak pinang dibelah dua dengan Discovery 4. Padahal Land Rover Discovery sendiri sudah pensiun dari produksi. Mungkin juga itu jadi alasan Changan meniru Disco 4.

4. Youxia Ranger X


Spoiler for 4:



Kalau mobil yang satu ini menjiplak dari Tesla Model S, baik eksterior hingga mendetail sampai jeroannya. Tapi manufakturnya yang dimilikinya sepertinya tak main-mai. Karena Youxia Ranger X diklaim bisa berakselerasi dari diam hingga 100 km/jam dalam 5,6 detik saja. Daya baterainya pun diklaim berjarak tempuh 460 km. Youxia sendiri dalam bahasa Inggris berarti Knight Rider, karena mobil elektrik ini punya lampu LED seperti milik Kitt, nama mobil dalam serial TV Knight Rider.

5. Yogomo 330


Spoiler for 5:



Manufaktur Korea, Kia juga kena jiplak. Yogomo 330 sangat mirip dengan Kia Picanto. Unik karena biasanya yang dijiplak mobil lebih besar dan lebih populer. Perhatikan saja dalam foto, bahkan sampai wajahnya punya kemiripan dengan mobil mungil Picanto.

6. Geely Merrie 300


Spoiler for 6:



Geely termasuk yang ikut trend menjiplak. Merrie 300 punya wajah kembar dengan Mercedes-Benz C-Class model lampu kacang. Sampai emblem yang tertanam pada kap mesin mengikuti pabrikan Mercedes-Benz. Untungnya bagian buritan dikatakan tidak mirip dengan Mercedes-Benz.

7. Zotye SR9


Spoiler for 7:



Ada satu lagi yang menjiplak SUV ternama benua Eropa. Zotye SR9 punya kemiripan luar biasa dengan Porsche Macan. Sampai warna bodinya diikuti. Zotye SR9 menggendong mesin 4-silinder 2.0 liter turbocharger milik pabrikan Mitsubishi. Tenaganya 187 hp dan torsi 250 Nm.
 
Itulah tadi tujuh mobil Cina yang terang-terangan menjiplak dari merek ternama dunia. Sebetulnya masih banyak lagi mobil jiplakan di pasar Cina, meski tak mirip sampai 100 persen, hanya dengan perbedaan sedikit saja. Namun, menurut hukum setempat, hal tersebut tidak bisa dituduh sebagai tindakan penjiplakan. Hmm, kalau menurut pendapatmu gimana nih gan?

Sumber: Kaskus: 7 Perusahaan Mobil Cina Ini Menjiplak Merek Ternama



Mampir sini dulu boleh lah gan:

Ini Bukti Cewek Nggak Tahu Lho Gan Mana Barang Murah dan Mahal

Seram Gan, Ini 10 Tempat Paling Berhantu di Dunia Versi Google

Oh, Jadi Gini Gan Penjelasan Fakta & Mitos Tentang Warna Mobil dan Kecelakaan

Jadi Kota Layak Anak di Tahun 2030, Perkantoran di Indonesia Harus Ramah Anak

Ternyata Ada Juga Gan, Aturan-Aturan Berlalu Lintas Yang Aneh Banget
Diubah oleh oktamonura 24-07-2018 03:26
0
5.6K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.