fachmi2018Avatar border
TS
fachmi2018
Hukum adat unik yang hanya ada di indonesia
Oke sob, untuk pembukaan, w cuma mau bilangin bahwa di Indonesia kita ini ada beribu macam adat di setiap daerah-daerah yang ada di negara kita ini, nah kali ini w mau ngasih tau nih, ternyata ada juga hukum-hukum adat yang mungkin bisa dibilang unik dan aneh  kalo bagi kita manusia modern di tahun 2018 ini,  langsung aja sob ..

1. Kepala manusia sebagai mas kimpoi...??@#$



Umumnya seseorang yang akan menikah akan memilih mas kimpoi yang terbaik. Misalnya saja berupa uang perhiasan atau barang-barang berharga lainnya. Tapi terbaik menurut masyarakat Suku Naulu tidaklah seperti itu, justru mas kimpoi yang terbaik adalah kepala manusia, Ya, kepala manusia. Hukum adat yang berlaku di suku yang mendiami Pulau Seram mengharuskan seorang pria yang ingin meminang wanita harus memberikan mahar berupa kepala manusia.

2. Memotong jari emoticon-Wow



Setiap manusia pasti pernah merasakan rasa sedih ditinggalkan seseorang. Entah karena meninggal dunia atau karena ditinggal pergi ke suatu tempat. Bagi Masyarakat Suku Dani, jika ada anggota keluarganya yang meninggal sama artinya dengan kehilangan salah satu bagian tubuhnya.

3. Pencuri, diarak keliling kampung



Mencuri adalah tindakan kriminal dan biasanya akan burujung pada hukuman penjara. Tapi jika pelaku pencurian ditangkap di Gili Trawangan, maka selain hukum pidana maka pelakunya juga harus siap-siap dijatuhi hukum adat. Meskipun Gili Trawangan adalah salah satu tujuan wisata yang populer saat ini, hal itu tak lantas membuat masyarakatnya melupakan adat istiadat yang diturunkan dari nenek moyangnya.

4. Wanita hamil yang diasingkan



Hukum aneh kali ini juga berasal dari Suku Naulu. Tidak dijangkau Pendidikan dan terisolasi dari dunia luar, membuat masyarakat Suku Naulu tetap mempraktikan adat istiadat yang sebenarnya tidak manusiawi. Saat ini adat memberikan persembahan berupa kepala manusia mungkin sudah mulai ditinggalkan. Tapi masih ada adat lainya yang tak kalah memperihatinkan yaitu hukum mengasingkan diri bagi wanita yang hamil dan akan melahirkan.

 
0
16.8K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.