Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iwanarifsAvatar border
TS
iwanarifs
Pengalama mutasi kendaraan di satu atap polda METRO JAYA
Bismillah.

Saya ingin berbagi pengalaman proses mutasi kendaraan, lebih tepatnya ini untuk record saya sendiri.

Pertama kenali kendaraan kita, terutama untuk kendaraan bekas, surat kendaraan stnk dan bpkb perlu diketahui diterbitkan oleh samsat kantor mana. Lebih mudah jika masih dalam satu samsat untuk keperluan mutasi ke pemilik selanjutnya.

Kali ini saya infokan langkah untuk mutasi kendaraan yang terdaftar di samsat jakarta barat ke samsat cinere depok, dimana masih dibawah satu atap polda METRO JAYA :

1. Hal pertama kendaraan harus dicek fisik dulu. Saya milih bantuan cek fisik di samsat cinere depok, biar nanti tidak cek fisik saat mutasi masuk ke samsat cinere depok. Pilihan ini juga memberi manfaat lain kendaraan tidak perlu dibawa ke samsat jakarta barat. Langkah ini hanya butuh waktu tidak lebih dari sejam dengan antriannya.

2. Selanjutnya berkas hasil bantuan cek fisik, stnk asli, bpkb asli, ktp tujuan asli dibawa ke samsat jakarta barat untuk permohonan cabut berkas / mutasi keluar. Berhubung saya minta bantuan calo, saya tidak tahu langkah disini, namun saya perkirakan tidak sampe setengah hari berkas berhasil dimasukkan. Selanjutnya menunggu 2 minggu berkas terbit di samsat ini. Saya dikasih struk keluar disini tidak sampe 300rb untuk motor. Waktu itu calo saya kasih 700rb berangkat dari depok cinere, calonya tetanggaan gitu.

3. Setelah berkas mutasi keluar dari samsat jakarta barat saya dapat, berkas saya bawa ke samsat cinere depok untuk mutasi masuk, ini saya lakukan sendiri. Dipintu masuk akam diarahkan oleh petugas dan cek kelengkapan data saya sebelum masuk ke ruang mutasi masuk. Disini kendaraan tidak perlu cek fisik, karena waktu itu cek fisik bantuan dilakukan disini. Setelah itu saya masuk ke bagian mutasi masuk berada di lantai atas. Saya masukkan berkas dan tunggu dipanggil. Setelah dipanggil, bpkb dikembalikan ke saya untuk diperbarui di polda metro jaya kantor layanan satu atap, untuk langkah di polda nanti jelaskan. Lalu saya diarahkan untuk pembayaran di kasir, macam-macam pembayaran namun sesuai struk. Dari kasir saya diarahkan untuk menunggu cetak stnk dan bukti pajak, setelah dapat stnk dan bukti pajak saya diarahkan untuk mengambil plat nomor di lantai bawah. Untuk proses mutasi masuk di samsat cinere ini pembayaran hanya dilakukan di kasir senilai kurang dari 500rb dan bayar parkir kendaraan aja. Waktu proses disini hanya butuh waktu sejam atau malahan kurang dari sejam.

4. Hari lainnya saya ke polda metro kantor layanan satu atap di jakarta selatan untuk perbarui bpkb. Yang ini juga saya lakukan sendiri. Saat masuk, diarahkan dan cek berkas oleh front desk, lalu saya diarahkan lebih lanjut dan diberikan nomor antrian pendaftaran bpkb. Setelah didalam kantor, terdapat juga petugas yang standby untuk menghadapi tamu kebingungan yang datang seperti saya. Dari pertanyaan saya, lalu diarahkan untuk mengisi formulir dulu, lalu membayar sejumlah kurang dari 250rb untuk perbaruan bpkp kendaraan motor. Setelah pembayaran, saya tinggal menunggu nomor antrian dipanggil. Waktu giliran nomor antrian dipanggil, semua berkas frmukir dan bukti bayar perbaruan bpkb diserahkan kepada petugas, lalu saya diberitahu bpkb yang baru akan terbit setelah 18 hari lagi. Diberikan semacam kertas untuk proses pengambilan bpkb nanti. Langkah di polda metro ini juga tidak sampe sejam dari masuk sampai antrian saya dipanggil.

Nah, sekarang semua sudah beres stnk dan bpkn sudah ditangan. Cukup mudah, namun memerlukan waktu yang cukup lama, waktu proses di masing-masing kantor bisa 3-4 hari, namun waktu tunggu terbit berkas-berkas mutasi keluar dan perbaruan bpkb yang cukup lama. Secara keseluruhan dapat dikatakan butuh waktu sebulan sampai dua bulan. Dalam kantor-kantor tersebut tidak ada calo, cukup bersih, tidak ada pungutan liar, cukup terkoordinir dengan bagus, tidak akan tersesat jika kita juga baru pertama kali melakukannya.
Diubah oleh iwanarifs 04-06-2017 20:17
0
8.8K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buat Latihan Posting
Buat Latihan PostingKASKUS Official
35.6KThread1.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.