manepicAvatar border
TS
manepic
Cenote Ik Kil, Sumur Raksasa di Meksiko Sebagai Gerbang Akhirat


SPORTOURISM - Meksiko tidak hanya popular dengan drama Telenovela dan makanannya saja yang terbuat dari tortila, negara ini juga memiliki destinasi wisata menarik dan tidak boleh dilewati. Salah satunya adalah Cenote Ik Kil.

Cenote Ik Kil atau disebut juga Sacred Blue Cenote berlokasi di luar Pisté dari kota Tinúm, Yucatán, Meksiko. Lebih tepatnya berada di Taman eco-arkeologi ik kil. Sahabat Sporto bisa menempuhnya kurang lebih selama tiga jam dari Chichén Itzá dan Pisté.



Tempat ini merupakan sebuah sumur raksasa, peninggalan peradaban Suku Maya yang merupakan penduduk asli Amerika, hidup sekitar tahun 1000 sebelum Masehi, sampai 900 Masehi. Di dalamnya terdapat air tawar berwarna biru. Masyarakat sekitar percaya, jika lokasi ini merupakan sebuah gerbang menuju akhirat.

Dalam bahasa Meksiko “cenote” berarti sumur dan “ik kil” artinya persembahan. Konon, dulunya Cenote Ik Kil merupakan tempat penyerahan tumbal yang dilakukan Suku Maya pada masa-nya. Kebanyakan, anak gadis-lah yang dijadikan sesembahan. Mereka percaya, jika anak gadis dikorban, maka jaminannya adalah Surga.



Kemudian, ritual mengorbankan anak gadis telah ditinggalkan selama berabad-abad lamanya. Jika Sahabat mengunjungi atau berenang di sumur ini, tidak perlu khawatir akan mati dijadikan tumbal. Menariknya, ketika musim kemarau tiba sumur ini tidak pernah surut, dan airnya tetap ada seperti biasanya.

Ya, biasanya para wisatawan yang mengunjungi Cenote Ik Kil memanfaatkan air ini sebagai tempat bermain. Kedalamannya 35 meter, dan luas permukaannya 25 meter dari permukaan tanah.

Selain itu, spot-spot di sekitar Cenote Ik Kil juga sangat menarik, karena dikelilingi pepohonan rindang. Serta udaranya pun masih bersih. Sahabat Sporto bisa menghabiskan masa liburan seru di sini.

0
12.6K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.