Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nocrivailleeAvatar border
TS
nocrivaillee
Kisah Penghuni Neraka Yang Berhasil Keluar Dari Neraka

Kisah Penghuni Neraka Yang Berhasil Keluar Dari Neraka


Dari Anas bin Malik radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Suatu kaum yang masuk ke dalam neraka Jahannam kemudian mereka dikeluarkan darinya, maka mereka pun masuk ke dalam surga. Mereka dikenal di surga dengan sebutan khusus untuk mereka. Mereka disebut dengan al-Jahanamiyun.(HR. Ibnu Abi ‘Ashim, dinilai sahih oleh al-Albani, lihat al-Ba’ts karya Ibnu Abi Dawud, hal. 51-52)

Dari Qatadah dari Anas bin Malik bahwa Nabi I bersabda: “Ada sekelompok kaum yang wajahnya terlihat kehitam-hitaman keluar dari neraka setelah di lahap api, kemudian mereka masuk surga, penghuni surga menjuluki mereka jahannamiyun (mantan penghuni jahannam)” ( HR Bukhari no. 6074 )

Dari Anas bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sungguh, beberapa orang dari manusia akan masuk ke dalam neraka karena dosa yang mereka perbuat, setelah itu Allah akan memasukkan mereka ke dalam surga dengan karunia dan rahmat-Nya. Orang-orang itu disebut dengan Jahannamiyun ( HR. Ahmad no. 11913 )

Dari Imran bin Husain r.a, dari Nabi I, beliau bersabda: “Ada sekelompok kaum yang keluar darineraka karena syafaat Muhammad I, lantas mereka masuk surga dan mereka diberi julukan jahannamiyun (mantan penghuni neraka jahannam)” ( HR. Turmudzi no. 2525 )

kisahnya terlukis indah dalam kitab Tanbihul Ghafilin sebagaimana berikut
Spoiler for Tanbihul Ghafilin:

Ketika ummat Nabi yang durhaka itu digiring oleh Malaikat Malik, mereka selalu memanggil: “Wahai Muhammad” tetapi setelah melihat muka Malaikat Malik yang sangat menakutkan mereka lupa akan nama Rasulullah SAW karena hebatnya Malaikat Malik, lalu ditanya: “Siapakah kamu?” Jawab mereka: “Kami ummat yang dituruni Al-Quran dan kami telah puasa bulan Ramadhan.” Lalu Malaikat Malik berkata: “Al-Quran tidak diturunkan kecuali kepada ummat Rasulullah SAW.” Maka ketika itu mereka menjerit: “Kami ummat Nabi Muhammad SAW” Maka Malaikat Malik bertanya: “Tidakkah telah ada larangan dalam Al-Quran dari maksiat terhadap Allah SWT.”

Dan ketika berada ditepi neraka Jahannam dan diserahkan kepada Malaikat Zabaniyah, mereka berkata: “Ya Malik, apakah diizinkan saya menangis ( Umat Nabi Muhammad SAW yang berdosa ).” Maka diizinkan, lalu mereka menangis sampai habis airmata, kemudian menangis lagi dengan darah, sehingga Malaikat Malik berkata: “Alangkah baiknya menangis ini andaikata terjadi didunia karena takut kepada Allah SWT, niscaya kamu tidak akan disentuh oleh api neraka pada hari ini, lalu Malaikat Malik berkata kepada Malaikat Zabaniyah: “Lemparkan mereka kedalam neraka.” dan bila telah dilempar mereka serentak menjerit: “Laa illaha illallah.” maka surutlah api neraka, Malaikat Malik berkata: “Hai api, sambarlah mereka.” Jawab api: “Bagaimana aku menyambar mereka, padahal mereka menyebut Laa illaha illallah.” Malaikat Malik berkata: “Demikianlah perintah Tuhan Rabbul arsy.” maka ditangkaplah mereka oleh api, ada yang hanya sampai tapak kaki, ada yang sampai kelutut, ada yang sampai kemuka. Malaikat Malik berkata: “jangan membakar muka mereka karena mereka telah lama sujud kepada Allah SWT, juga jangan membakar hati mereka karena mereka telah haus pada bulan Ramadhan.” Maka tinggal dalam neraka beberapa lama sambil menyebut: “Ya Arhamar Rahimin, Ya Hannan, Ya Mannan.”

Kemudian bila telah selesai hukuman mereka, maka Allah SWT memanggil Jibril dan bertanya: “Ya Jibril, bagaimanakah keadaan orang-orang yang maksiat dari ummat Nabi Muhammad SAW?” Jawab Jibril: “Ya Tuhan, Engkau lebih mengetahui.” Lalu diperintahkan: “Pergilah kau lihatkan keadaan mereka.” Maka pergilah Jibril a.s. kepada Malaikat Malik yang sedang duduk diatas mimbar ditengah-tengah Jahannam.

Ketika Malaikat Malik melihat Jibril segera ia bangun hormat dan berkata: “Ya Jibril, mengapakah kau datang kesini?” Jawab Jibril: “Bagaimanakah keadaan rombongan yang maksiat dari ummat Rasulullah SAW?” Jawab Malaikat Malik: “Sungguh ngeri keadaan mereka dan sempit tempat mereka, mereka telah terbakar badan dan daging mereka kecuali muka dan hati mereka masih berkilauan iman.”Jibril berkata: “Bukalah tutup mereka supaya saya dapat melhat mereka.” Maka Malaikat Malik menyuruh Malaikat Zabaniyah membuka tutup mereka dan ketika mereka melihat Jibril mereka mengerti bahwa ini bukan Malaikat yang menyiksa manusia, lalu mereka bertanya: “Siapakah hamba yang sangat bagus rupanya itu?” Jawab Malaikat Malik: “Itu Jibril yang biasa membawa wahyu kepada Nabi Muhammad SAW” Ketika mereka mendengar nama Nabi Muhammad SAW maka serentaklah mereka menjerit: “Ya Jibril, sampaikan salam kami kepada Nabi Muhammad SAW dan beritakan bahwa maksiat kamilah yang memisahkan kami dengannya serta sampaikan keadaan kami kepadanya.”

Maka kembalilah Jibril menghadap kepada Allah SWT lalu ditanya: “Bagaimana kamu melihat ummat Muhammad?” Jawab Jibril: “Ya Tuhan, alangkah jeleknya keadaan mereka dan sempit tempat mereka.” Lalu Allah SWT bertanya lagi: “Apakah mereka minta apa-apa kepadamu?” Jawab Jibril: “Ya, mereka minta disampaikan salam mereka kepada Nabi Muhammad SAW dan diberitakan kepadanya keadaan mereka.”

Maka Allah SWT menyuruh Jibril menyampaikan semua pesanan itu kepada Nabi Muhammad SAW yang tinggal dalam kemah dari permata yang putih, mempunyai empat ribu buah pintu dan tiap-tiap pintu terdapat dua daun pintu dari emas, maka berkata Jibril: “Ya Muhammad, saya datang kepadamu dari rombongan orang-orang yang durhaka dari ummatmu yang masih tersiksa dalam neraka, mereka menyampaikan salam kepadamu dan mengeluh bahwa keadaan mereka sangat jelek dan sangat sempit tempat mereka.”

Maka pergilah Nabi Muhammad SAW kebawah Arsy dan bersujud dan memuji Allah SWT dengan ucapan yang tidak pernah diucapkan oleh seorang makhlukpun sehingga Allah SWT menyuruh Nabi Muhammad SAW: “Angkatlah kepalamu dan mintalah niscaya akan diberikan, dan ajukan syafa’atmu pasti akan diterima.” Maka Nabi Muhammad SAW berkata: “Ya Tuhan, orang-orang yang durhaka dari ummatku telah terlaksana pada mereka hukumMu dan balasanMu, maka terimalah syafa’atku.” Allah SWT berfirman: “Aku terima syafa’atmu terhadap mereka, maka pergilah keneraka dan keluarkan daripadanya orang yang pernah mengucap Laa ilaha illallah.”

Maka pergilah Nabi Muhammad SAW keneraka dan ketika dilihat oleh Malaikat Malik, maka segera ia bangkit hormat lalu ditanya: “Hai Malik, bagaimanakah keadaan ummatku yang durhaka?” Jawab Malaikat Malik: “Alangkah jeleknya keadaan mereka dan sempit tempat mereka.” Maka diperintahkan membuka pintu dan angkat tutupnya, maka apabila orang-orang didalam neraka itu melihat Nabi Muhammad SAW maka mereka menjerit serentak: “Ya Nabi Muhammad SAW, api neraka telah membakar kulit kami.”

Maka dikeluarkan semuanya berupa arang, lalu dibawa mereka kesungai dimuka pintu syurga yang bernama Nahrulhayawan, dan disana mereka mandi kemudian keluar sebagai orang muda yang gagah, elok, cerah matanya sedangkan wajah mereka bagaikan bulan dan tertulis didahi mereka Aljahanamiyunatau orang-orang Jahannam yang telah dibebaskan oleh Allah SWT. Dari neraka kemudiannya mereka masuk ke syurga.

Semoga kisah ini dapat menambahkan kecintaan kita terhadap Junjungan Mulia Nabi Muhammad SAW. saat yang tepat untuk meningkatkan kecintaan kita pada Nabi Muhammad SAW, mengingat jasa-jasa Baginda, karena Baginda adalah nikmat terbesar bagi ummat ini, melalui jasanya ummat ini mendapatkan iman, Islam, dan lainnya. Bentuk rasa syukur terima kasih ini diantaranya dapat dengan memperbanyak ibadah, sholawat, sedekah, mempelajari sejarah, akhlaq, kehidupan Nabi dan lainnya. Kegiatan-kegiatan ibadah ini dirangkai para ulama menjadi Maulidurrasul sebagai sarana untuk meningkatkan kecintaan pada Nabi dan membalas cinta Nabi SAW kepada kita semua. Semoga upaya ini dapat melahirkan cinta yang sebenarnya, yang salah satu ciri cinta itu adalah ketika disebut nama Baginda akan terasa getarannya, bahkan dapat meneteskan airmata. Cinta kepada Nabi saw. pembeda keimanan di antara kaum beriman.

Tak seorang pun di antara kamu beriman, sampai ia mencintaiku lebih dari ia mencintai anak-anaknya, orang tuanya, dan semua orang.”(HR. Bukhari dan Muslim)

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya” (QS. An Nisa: 48)

“Tidak akan masuk neraka orang yang masih memiliki iman seberat biji sawi”
(HR. Muslim 91)

“Barangsiapa mati dalam keadaan mengilmui bahwa tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, ia masuk surga” (HR. Muslim 26)

“Barangsiapa bersyahadat ‘Laailaaha Illallah’ dan ‘Muhammad Rasulullah’, Allah mengharamkan neraka baginya”
(HR. Al Bukhari 6938, Muslim 29)

Sumber:https://bambangbelajar.wordpress.com...eraka-jahanam/
Sumber:http://muslim.or.id/aqidah/makna-had...suk-surga.html

Peringatan Keras Jangan Mentang - Mentang Situ Beragama Islam walaupun situ berbuat dosa dosa besar macam membunuh, zina, pemakan uang riba, mencuri / korupsi, Makan harta anak yatim dengan cara zhalim, minum khamar asal tidak syirik, musyrik dan murtad akan dikeluarkan dari neraka jadi melupakan kewajiban shalat, puasa dan haq - haq allah yang lainnya, ingat gan semakin banyak situ berbuat dosa semakin lama situ tinggal di neraka, apabila situ membawa dosa dosa besar sampai mati belum keadaan tobat maka situ akan tinggal dineraka dengan masa waktu KEKAL SEMENTARA YANG MEMILIKI BATAS AKHIR tidak seperti kekalnya orang2 kafir yang ABADI DINERAKA tapi ingatlah gan satu hari dineraka / diakhirat terasa 1000 tahun di dunia

Dan sesungguhnya satu hari (menurut perhitungan) Tuhanmu adalah seperti 1000 tahun menurut perkiraanmu”. [Surat al-Haj ayat 47]

Hidup kita di dunia ini tidak lama. Coba kita hitung rasio hari dunia dan akhirat,

1 hari akhirat = 1.000 tahun dunia menurut perkiraan kita

Satu tahun di dunia biasa 365 hari. Coba kita jabarkan. 1000 x 365 = 365.000 hari
Bermakna satu hari akhirat = 365.000 hari dunia

Coba kita andaikan, jika 1 hari akhirat juga ada 24 jam. Berarti,setiap jam akhirat adalah – 1000 tahun / 24 = 41.7 tahun dunia.
Maka, janganlah sedetikpun kita berharap untuk disiksa di Neraka

Murka Allah tidak sampai di situ saja! Sabda Rasul bahwa “Tiap-tiap penghuni neraka mempunyai 70 KULIT, dari kulit yang satu ke kulit yang lain terdapat 7 LAPIS dari api neraka”. Dalam riwayat Muslim disebutkan bahwa “ketebalan kulitnya sejarak 3 hari perjalanan”. Artinya, begitu lebar dan banyak lapisan kulitnya menjadikan siksa semakin terasa mematikan. dan juga sabda Rasul bahwa ia hilang akal ( para penghuni neraka ) , tidak mati (mereka ingin mati tapi tidak bisa), tidak pula hidup.

Firman Allah dalam Q.S. Thaahaa: 74

Sesungguhnya barangsiapa datang kepada Tuhannya dalam keadaan berdosa, maka sesungguhnya baginya neraka Jahannam. Ia tidak mati di dalamnya dan tidak (pula) hidup. (QS. Thaha : 74)

Sangat pedih, murka Allah pun tidak sampai di situ saja. Setiap 70 KULIT itu luluh, akan diganti dengan 70 KULIT yang akan terus disiksa. “... Setiap kali kulit mereka hangus, KAMI GANTI kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka (benar-benar) merasakan AZAB ...” (Q.S. An-Nisaa’: 56). Itu namanya ‘siksa yang berlipat-lipat’.

Hanya ada teriakan, rintihan, jeritan, dan tangisan sangat keras. Dan setiap kali meminta diringankan azab karena terlalu pedihnya, justru semakin DITAMBAHKAN LAGI siksa dan azabnya. “Karena itu rasakanlah! Dan Kami sekali-kali tidak akan MENAMBAH kepada kamu selain daripada azab.(Q.S. An Naba: 30)

Karena itu jangan pernah nge-gampangin azab Allah gan


Quote:


Quote:

untuk menjawab pertanyaan yg pertama

Ahlussunnah Wal Jama’ah berkeyakinan bahwa seorang mu’min yang melakukan dosa besar tidaklah kafir selama masih ada iman di hatinya, selama ia tidak mati dalam keadaan musyrik. Ia akan diadzab di neraka namun tidak kekal di dalamnya. Diantara dalilnya, firman Allah Ta’ala:

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya” (QS. An Nisa: 48)

untuk menjawab pertanyaan yg kedua

itu keknya paham syiah dah apabila mereka tidak percaya dengan hadist shahih rasullullah ( hadist yang autentik / terjamin keaslianya ) maka pelakunya merusak syahadat kedua tidak mempercayai bahwa muhammad itu utusan allah, apakah orang ini masih bisa mendapatkan syafaat rasulullah?
ya mereka tidak mendapat syafaat rasullulah karena memiliki keyakinan bahwa apabila orang boleh untuk keluar dari syariat Muhammad tapi tidak di anggap bid'ah / sesat maka berarti ia telah kafir seperti membolehkan mendirikan masjid diatas kuburan nabi. Dalilnya adalah firman Alloh Ta’ala ;

“Dan barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali.”
(QS : An Nisaa : 158)

Rasulullah shalallahu 'alahi wassalam bersabda:

“Ya Allah, janganlah Engkau menjadikan kuburanku sebagai berhala (yang disembah). Allah melaknat suatu kaum yang menjadikan kuburan Nabi-Nabi mereka sebagai tempat untuk ibadah. HR. Ahmad (II/246)

Kisah Penghuni Neraka Yang Berhasil Keluar Dari Neraka

Quote:

kalau ente kafir ato ente punya dosa musyrik ente engga bisa keluar dri neraka gan ( di neraka permanent )
cerita diatas itu kaum umat nabi muhammad yg matinya melakukan dosa besar tapi dia belum sempat bertobat semasa hidupnya tapi dia mendapatkan masa siksa lamanya seperti lama siksa kekalnya orang kafir ( hanya allah yg tau masa lamanya siksa tersebut )

selama orang itu masih punya iman dihatinya sebiji sawipun ( tidak murtad dan tidak punya dosa syirik dan musyrik ) dia akan mendapatkan syafaat Nabi Muhammad untuk keluar dari neraka menuju surga gan jadi semua orang muslim itu mendapat jaminan surga gan klo dia tidak murtad atau melakukan dosa syirik sampai dia mati gan
maka orang inilah yg di sebut golongan Aljahanamiyun ( mantan penghuni neraka / orang yg di bebaskan oleh allah dari neraka )
Diubah oleh nocrivaillee 18-02-2015 13:49
IOneMoya
IOneMoya memberi reputasi
1
96.2K
277
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.