Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ahmadpermana05Avatar border
TS
ahmadpermana05
Dibalik Kata Ganyang Malaysia
Pasti kalian sering denger kata kata “ganyang malaysia” waktu kita ribut sama malesia tentang budaya lah, penghinaan kata indon untuk orang indonesia atau waktu final olimpiade bulu tangkis tahun 2016 yang waktu itu lyliana natsir ama tantowi ahmad ngelawan pasangan malaysia. Tapi gak banyak yang tau sebenarnya kata itu muncul kapan trus kenapa sampai sekarang masih ada kata itu kalo kita ribut sama malaysia.

Dibalik Kata Ganyang Malaysia
Nih gue coba ngasih tau dikit tentang sejarahnya kata “ganyang malaysia”. Kata ganyang asalnya dari bahasa jawa yang artinya "memakan sesuatu secara mentah-mentah"  kata itu muncul udah dari dulu, dari jamannya bapak proklamator kita masih menjabat. Waktu itu kita baru aja merdeka, trus karena malaysia itu belakangan merdekanya mangkanya dia minta pengakuan sama kita yang udah duluan merdeka. Supaya diakuin jadi sebuah negara yang berdaulan.

Nah waktu malaysia minta pengakuan dari indonesia, bapak proklamator kita nolak ngakuin malaysia jadi negara merdeka, karena anggapan bapak proklamator kita, sebenernya inggris itu cuman pengen bikin negara boneka “negara mainannya inggris di asia tenggara yang dinamain malaysia. Tapi sayangnya orang malaysia waktu itu enggak suka sama pernyataan presiden pertama kita, yang mereka niatnya ingin merdeka seperti indonesia.
Dibalik Kata Ganyang Malaysia
Ini nih awal mulanya jadi waktu indonesia nolak, orang malaysia itu ngamuk karena mereka enggak diakuin sama indonesia. Trus mereka ngelakuin hal yang ngawur, yaitu ngebakar foto lambang negara kita (pancasila) sama ngebakar foto bapak soekarno. Dan enggak cuman warganya aja yang ngelakuin itu tapi perdana menteri malaysia pada waktu itu juga ikit ngebakar dan nginjek nginjek.

Nah pak soekarno enggak terima dong, udah bikinnya susah dan jadi idiologi bangsa indonesia lagi, eh malang negara lain seenak jidatnya foto sama lambang negara kita di injek injek sama warga negara lain apa lagi perdana mentrinya ikut ikutan. Dan pak soekarno bilang “ayo kita ganyang malaysia”, maksutnya adalah indonesia waktu itu mau ngajak perang sama malaysia.
Dibalik Kata Ganyang Malaysia
Tapi itu enggak sampek perang beneran karena walaupun penduduk kita 2 kali lebih banyak daripada malaysia, tapi malaysia di bekingin sama inggris. Kan ya enggak mungkin lah kita bisa menang lawan inggris yang notabene baru aja menang lawan jerman di perang dunia ke 2, secara kita aja negara baru seumur jagung yang susah payah ngelawan belanda dan ahirnya belanda kalah. Padahal asal kalian tau, belanda itu waktu perang dunia ke 2 dikalahin jerman Cuma 1 minggu. Pangeran diponegoro aja perang 5 tahun lawan belanda akhirnya juga kalah.

Jadi itu sih sedikit cerita dari kata “gayang malaysia”. Dan cerita ini berdasarkan buku sejarah, bukan berniat buat bikin kita makin benci sama malaysia, tapi maksut tulisan ini adalah biar kita tahu bahwa sejarah bangsa kita itu panjang dan mertahaninnyapun juga susah. Jangan sampek kita dipecah belah sama bangsa lain, inget pacasila ya sob “bineka tunggal ika” HIDUP INDONESIA







0
5.8K
12
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.