Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

okezahiraAvatar border
TS
okezahira
5 Jenis JANDA dan 20 istilahnya, ada yang mau Nambahin?
Halo agan semua selamat datang, sebelum agan lihat THREAD ini  jangan lupa kunjungi HOT REVIEW dan SUKSES STORIES NYA di bawah ini DULU ya :





Janda muda di Bogor memiliki banyak jenis. Ada yang menjadi janda karena suaminya meninggal dunia, ada pula karena pernah menjadi istri simpanan pejabat. Bahkan, ada juga yang menjadi janda lantaran kimpoi kontrak dengan warga negara asing (WNA) asal Timur Tengah.
Beberapa daerah di Bogor pun dijuluki Kampung Janda. Pasalnya di daerah tersebut banyak wanita muda yang menjanda lantaran ditinggal pergi sang suami.
Berikut 5 jenis janda muda di Bogor:

1. Janda mantan istri pejabat

Spoiler for spoiler:

Kampung Gunungbatu, Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor dikenal dengan istilah Kampung Janda. Pasalnya di daerah ini banyak wanita muda menjadi janda lantaran pernah menikah siri dengan pejabat dan pengusaha.

Lokasi Kampung Janda ini berbatasan langsung dengan Jonggol dan Cianjur. Untuk menjangkau daerah ini, pengunjung harus melewati jalanan berbukit dan hutan.

Sebuah gunungan batu menyambut setiap warga yang datang. Tepat di Kampung inilah bermukimnya janda-janda muda.

Sepintas tak ada yang berbeda antara Kampung Janda di Gunungbatu dengan kampung lainnya. Kebanyakan warga di sana memanfaatkan lahan untuk berkebun. Namun, fakta mengejutkan terungkap.
Di balik dingin dan tenangnya kampung, wilayah ini menyediakan banyak janda yang kerap dijadikan istri siri.
Seorang penjual kopi yang merupakan warga asli, Ijah (45) mengakui jika di kampungnya banyak pendatang mencari janda. Bahkan, di sela istirahat, wartawan Metropolitan (grup pojoksatu) pun ditawari seorang janda. “Mau cari janda ya. Nanti saja datang lagi ke sini,” ujar ibu dua anak itu.

Ijah tak menampik banyak wanita yang menjanda karena kimpoi cerai. Biasanya, mereka jadi istri siri atau istri simpanan dari pendatang maupun pejabat.
“Kalau rumah mewah kebanyakan yang nikah sama orang kota (pejabat). Paling banyak di arah atas sana,” tutur Ijah sambil menunjuk ke arah perbukitan.

2. Janda ditinggal suami yang terkubur di tambang

Spoiler for spoiler:

Selain di Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, istilah Kampung Janda juga ada di Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Di desa ini ada 3 kampung yang dikenal sebagai Kampung Janda, yakni Kampung Panyarang Kidul, Kampung Panyarang Tengah, dan Kampung Panyarang Lebak.

Para suami mereka meninggal dunia karena menjadi korban longsor tambang galian C untuk bahan baku batako. Para penduduk memang menumpukan hidup mereka sebagai pembuat batako.

Di saat mereka sibuk menggali bahan batako di lokasi tambang, tak sedikit dari mereka yang tertimbun longsor hingga tewas.

Sejak beroperasinya galian yang dikelola secara tradisional tahun 1996, sudah lebih dari 100 pria tewas karena tertimbun longsor.
“Galian ini memang resikonya nyawa, tapi mau gimana lagi atuh Kang, dari pada nganggur, tak ada pekerjaan,” ujar warga Mumuh Muhidin (37), warga yang sehari-harinya bekerja sebagai petambang galian C.

3. Janda bekas kimpoi kontrak

Spoiler for spoiler:

Sejak dahulu, kimpoi kontrak cukup terkenal kawasan Puncak Bogor. Biasanya mereka nikah siri dan dikontrak selama beberapa bulan atau beberapa tahun oleh warga negara asing (WNA). Kebanyakan pria yang menawarkan kimpoi kontrak kepada cewek Bogor berasal dari Timur Tengah.

Setelah kontrak berakhir, status suami istri mereka pun berakhir. Cewek Bogor yang dibayar dengan uang puluhan juta pun menjadi janda. Sedangkan bekas suami mereka kembali ke negara asalnya.
Selain cewek Bogor, beberapa cewek yang pernah kimpoi kontrak dengan pria asal Timur Tengah juga berasal dari kabupaten tetangga, seperti Cianjur dan Sukabumi.

4. Janda ditinggal kimpoi suami

Spoiler for spoiler:

Jenis janda yang satu ini sama dengan janda di daerah lain. Mereka menjadi janda setelah suami mereka selingkuh dengan wanita idaman lain (WIL). Karena tak mau dimadu, akhirnya mereka memilih menjadi janda. Mereka melayangkan gugatan cerai ke pengadilan agama agar segera bercerai.

Selain faktor selingkuh, kebanyakan wanita Bogor yang menjadi janda juga karena faktor ekonomi. Mereka kerap bertengkar dengan pasangan dan pada akhirnya sepakat untuk bercerai.Pada tahun 2015 lalu, angka perceraian di Pengadilan Agama Cibinong Bogor mencapai 3.720 kasus. Rinciannya, gugatan cerai atau istri yang meminta cerai sebanyak 2.773 perkara, sedangkan cerai talak atau suami yang menginginkan cerai sebanyak 947 perkara.

5. Janda karena suami meninggal dunia

Spoiler for spoiler:

Jenis janda yang satu ini juga ada di semua daerah di Indonesia. Mereka menyandang status janda setelah suami mereka meninggal dunia.

Setelah suami mereka meninggal, sebagian dari janda ini rela untuk hidup sendiri tanpa suami dengan berbagai alasan. Ada yang menolak menikah dengan alasan sudah tua, ada pula yang enggan menikah karena alasan dilarang oleh anak, serta berbagai alasan lainnya.


6. Istilah Istilah Janda

  • JANUS - Janda Nusantara
  • JAMUR - Janda di bawah umur, Janda Murka
  • JAMU - Janda Muda, Janda Munafik
  • JAMU MADU - Janda Muda Mata Duitan
  • JAGO - Janda Goyang, Janda Galou
  • JAHE - Janda Hebat
  • JAGUNG - Janda Tanggung
  • JENAZA - Janda Enak Satu Anak
  • JAKA - Janda Kaya
  • JAMIS - Janda Miskin
  • JADUL - Janda Mandul
  • JAKET - Janda Keenakan Minta Tambah
  • JABLAY - Janda Alay, Janda Jarang di Belay
  • JALAK - Janda Galak
  • JASA - Janda Sakoi
  • JAMBAN - Janda Bimbang
  • JANGKAR - Janda Karatan
  • JOKO - Janda Kotor
  • JABER - Janda Bersih
  • JAMBU - Janda Busuk


Janda anda termasuk janda apa? hehehehehe

Oke gan sekian dari ane ya, jangan lupa ya kunjungi HOT REVIEW dan SUKSES STORIES di bawah ini buat lihat lihat cincin yang lain  :

 



 


nowbitool
milsaka
milsaka dan nowbitool memberi reputasi
2
47.1K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.