Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

ยฉ 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ternyata Begini Penampakan Pakaian Suku-suku di Indonesia Tempo Dulu

yukepoidAvatar border
TS
yukepoid
Ternyata Begini Penampakan Pakaian Suku-suku di Indonesia Tempo Dulu
WELCOME TO YUKEPO OFFICIAL THREAD
emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast



Zaman sekarang yang namanya pakaian itu hampir sama bentuknya di seluruh wilayah Indonesia. Pembedanya cuma satu, lewat harga, bukan budaya. Lahirnya internet telah menjadi pembobol batasan-batasan dan identitas kebudayaan kita. Fashion dari negara barat yang katanya keren dan dijadikan kiblat itu telah membuat apa yang kita sukai jadi sama semua, termasuk pakaian. Gak ada lagi yang unik, yang orisinil. Beda halnya dengan zaman dulu sebelum adanya internet. Orang Indonesia zaman dulu lebih orisinil dan otaknya terbebas dari iklan-iklan barat mengenai pakaian. Oleh sebab itu, dari setiap daerah di Indonesia punya ciri yang khas, identitas yang berbeda yang dibuktikan lewat desain pakaiannya. Paling kalau pun sama ya telanjang dada. Tapi anehnya, dengan mode pakaian yang katakanlah bertelanjang dada itu, moral kita masih ada, masih kuat. Kasus pemerkosaan bisa dibilang jauh gak seganas sekarang ini. Ya kalau begitu bisa dibilang masuknya pakaian barat malah jadi bawa dampak buruk dong? Buruk banget. Kita jadi keilangan orisinilitas dalam berpakaian, dan mungkin moral ya. Ah sedih banget kalau direnungin. Ya udah karena YuKepo gak mau membuat kamu bersedih hati, dan ingin membuat kamu menyadari bagaimana uniknya pakaian daerah di Indonesia pada zaman dulu, mending langsung kita tengok aja deh pakaian-pakaian daerah di bawah ini.


Spoiler for Pakaian suku Betawi di zaman dulu, yang laki-laki pake ikat kepala dan perempuan model begitu ketika menari:


Spoiler for Pakaian perempuan dari suku Sunda zaman dulu nih, kerudung pada gambar ini menandakan kalau Islam udah masuk ke suku Sunda pada masa itu:


Spoiler for Kebaya dan kain jarik jadi pakaian adat dari Jawa Tengah, gak ada yang namanya tank top pada masa itu:


Spoiler for Kalau pakaian ini berasal dari suku Minang, penutup kepala yang dipakai oleh kaum perempuan di suku ini khas banget ya:


Spoiler for Walaupun berada di pulau yang sama, Batak Karo punya pakaian yang berbeda dengan suku Minang:


Spoiler for Ini pakaian suku yang suka mengarungi lautan Samudera, suku Bugis:


Spoiler for Ini penampakan pakaian suku Aceh pada abad 18 dan 19-an, berarti sekitar 200 tahun yang lalu, lama juga yak:


Spoiler for Bertelanjang dada jadi ciri khas pakaian suku di Maluku pada zaman dulu:


Spoiler for Sama dengan Maluku, perempuan di Bali pada zaman dulu pun bertelanjang dada, waduh gak dingin apa ya:


Spoiler for Beginilah potret masyarakat Dayak pada zaman dulu, perempuannya juga gak pake apa-apa di bagian dadanya, cuma di bagian perut mereka memakai kemben yang terbuat dari logam:


Unik-unik kan pakaian dari suku Indonesia pada zaman dulu? Gak ada itu yang namanya legging, tank top, atau bikini buatan orang barat. Jangan mau kamu ngikutin pakaian ala orang luar negeri, karena kalau begitu kamu cuma jadi obyek yang selalu membeli apa yang mereka produksi dan membuat mereka menjadi kaya!


Sumber: Yukepo

Rate, Comment and Cendol are Appreciated
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
0
18.1K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThreadโ€ข83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
ยฉ 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.