Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ahmadpermana05Avatar border
TS
ahmadpermana05
kok bisa Sarden Kaleng ada Cacing Pitanya?
makanan yang kita anggap sebagai makanan yang praktis dan sehat, kini mulai diragukan tingkat kehigienisannya, pasarnya beredar foto sarden yang banyak mengandung cacing pita, casing pita ini berada dalam kemasan kaleng. untuk produk sarden sendiri didapati bahwa yang mengandung cacing pita itu asalnya dari produk china yang masuk ke indonesia.

kok bisa Sarden Kaleng ada Cacing Pitanya?

memang benar dalam sarden terkontaminasi cacing, tetapi bukan cacing pita. M Kashuri mengklarifikasi bahwa cacing pada sarden itu bukan cacing pita, melainkan cacing Anisakis sp. "Artinya, terkonfirmasi memang benar ada sejenis cacing, tapi bukan cacing pita seperti yang viral di media sosial. Jadi ada cacing Anisakis species," kata Kashuri.
kok bisa Sarden Kaleng ada Cacing Pitanya?
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI di Jakarta juga telah memberikan pernyataan resmi bahwa cacing Anisakis sp yang ditemukan dalam kaleng sarden tersebut dalam keadaan mati.

"Hasil pemeriksaan dan pengujian BPOM RI menemukan adanya cacing dengan kondisi mati pada produk ikan makarel dalam saus tomat dalam kaleng ukuran 425 gram," demikian dikutip dari rilis BPOM yang diterima VIVA, 22 Maret 2018. Selain merek Farmer Jack, BPOM juga menyebut dua merek sarden lainnya yang tercemar cacing, yaitu IO dan HOKI.

kok bisa Sarden Kaleng ada Cacing Pitanya?

Meski cacing telah lumpuh dan tidak mampu menimbulkan infeksi, dikatakan Prof. Hardinsyah bahwa jika sampai ditemukan parasit dalam makanan, artinya proses pengolahannya tidak layak. "Berarti hanya masalah jijik saja. Secara persyaratan enggak memenuhi syarat. Tapi kalau cacing kalau sudah mati apalagi dengan suhu panas, sama saja kita kayak makan ulat yang bisa dimakan, hanya jijik saja dan tidak memenuhi standar mutu," ujar Prof. Hardinsyah yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia.
kok bisa Sarden Kaleng ada Cacing Pitanya?
Adanya kemungkinan bahwa makanan yang berasal dari laut berpotensi tercemar Anisakis sp. juga dibenarkan Prof. Hardinsyah. Namun, perlu jeli melihat di mana cacing tersebut ditemukan. "Tergantung ditemukannya di mana, kalau di kuah 'kan berarti dari luar tubuh ikan. Kalau di tubuh ikan, ulat (cacing) yang ada di perut ikan (berada di) tubuh ikan."
kok bisa Sarden Kaleng ada Cacing Pitanya?
Tercemarnya makanan oleh cacing juga dapat diakibatkan oleh lemahnya higienitas dalam proses pengolahan. Terutama saat mencuci. “Itu dari tidak bersih waktu nyuci ikannya terus dimasak. Ya, karena misal dia katakan telur. Kalau dia dari telur, waktu dipanaskan akan mati atau kalau ada bagian pojok daging yang tidak merata panasnya itu bisa jadi. Tapi umumnya ikan itu merata panasnya, apalagi melalui pressure cooker.”
kok bisa Sarden Kaleng ada Cacing Pitanya?

SUMBER BERITA
https://www.viva.co.id/indepth/fokus...aya-atau-tidak


0
6.4K
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.