Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

shahrah018Avatar border
TS
shahrah018
Bola Panas E-KTP Setya Novanto Kini Bergulir ke Lingkaran Istana
Bola Panas E-KTP Setya Novanto Kini Bergulir 
ke Lingkaran Istana
22 Maret 2018

Bola Panas E-KTP Setya Novanto Kini Bergulir ke Lingkaran Istana

Terdakwa kasus korupsi KTP Elektronik Setya Novanto bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (20/2/2018). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A


Quote:


tirto.id - Setya Novanto tak henti-hentinya bikin sensasi. Dalam persidangan kasus korupsi KTP-elektronik yang digelar sejak pertengahan Desember 2017, sudah banyak nama yang ia sebut terlibat atau menikmati uang haram. Namun perlu dicatat dulu, nama-nama yang disebutkan belum tentu memang terlibat. Perlu pembuktian lebih jauh. 

Nama baru kembali muncul. Dan bukan sembarang nama. Setya Novanto menyebut nama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Dua orang yang bisa disebut termasuk "lingkaran satu Istana" ini, dituduh menerima uang masing-masing $500 ribu.

Dua orang ini baru muncul dalam persidangan hari ini, Kamis (22/3/2018). Nama lain yang dituduh menerima aliran dana adalah mantan Ketua Komisi II DPR RI Chairuman Harahap, mantan Wakil Ketua Komisi II Ganjar Pranowo, dan pimpinan Banggar DPR ketika proyek berjalan, Melchias Markus Mekeng, Tamsil Linrung, dan Olly Dondokambey.

Kata Novanto ketika menyebut dua nama baru ini: "Ada juga [uang] ke Pramono Anung dan Puan Maharani 500 ribu dolar." 

Novanto tidak menjelaskan kapan persisnya uang diserahkan kepada dua orang ini. Ia hanya bilang kalau pemberian dilakukan pada September atau Oktober—tanpa menyebut tahun. Ketika itu, kata Novanto, Puan "sebagai Ketua Fraksi PDIP." 

Puan menjabat sebagai Ketua Fraksi PDIP pada 23 Januari 2012 hingga 27 Oktober 2014. Ia menggantikan Tjahjo Kumolo yang menjabat Ketua Fraksi sejak 2009. Dalam rentang waktu ketika Puan jadi Ketua Fraksi, Pramono menjabat sebagai Wakil Ketua DPR bidang Industri dan Pembangunan. 

Dalam catatan Tirto berdasarkan dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang dibacakan pada Kamis, 9 Maret 2017, ada sejumlah peristiwa penting yang terjadi ketika Puan menjabat. Salah satunya adalah sejak Februari 2010 sampai Desember 2012, Irman dan Sugiharto—mantan pejabat tinggi di Kemendagri yang kini sudah jadi divonis dalam kasus korupsi KTP-elektronik—secara teratur dan terus-menerus menemui petinggi DPR demi kelancaran pembahasan anggaran. 
https://tirto.id/bola-panas-e-ktp-se...an-istana-cGzm


---------------------------

Bagus juga di tahun politik ini, semua borok dibuka saja ke permukaan, agar rakyat bisa tenang di dalam menentukan pilihannya kelak saat Pemilu dan POilpres tahun depan!

emoticon-Shakehand2


0
1.8K
22
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.