Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

deviauliadaraAvatar border
TS
deviauliadara
Salah Nggak Sih Cewek Ngerokok ?
Di sini gue akan nulis sesuai dengan pendapat dan pandangan gue, gue nggak minta kalian sebagai pembaca setuju dengan apa yang gue tulis di sini, tapi di sini gue cuma membagi hal-hal yang gue rasakan di hidup gue, terutama di masa kuliah gue ini. Gue berasal dari Jakarta dan kuliah di luar kota. Hal yang gue rasain pas mulai tinggal di sini itu lumayan beda banget sama Jakarta, dari cara komunikasi (penggunaan bahasa), cara orang-orangnya berpikir juga cukup berbeda, dari jam buka tempat makan atau nempat nongkrong juga beda sama Jakarta. Lama kelamaan gue pun mulai terbiasa dengan perbedaan itu, dan gue pun cukup menikmati tinggal di sini dengan biaya hidup yang murah dan gak kejam kayak Jakarta. Tapi permasalahannya bukan soal Kota nya, ini lebih ke cara pikir orang-orang di sekitar gue, anak-anak kampus atau siapa pun yang hidup di sini dan berada di sekitar gue. Gue adalah perempuan yang setiap hari pakai kerudung, tapi mungkin orang-orang sering menilai gue kalo kelakuan gue tuh jauh dari gimana seharusnya kerudung itu mencerminkan agama gue, dan gue nggak menyalahkan pendapat atau pemikiran mereka tentang hal itu. Gue emang ngerasa belum bener kok, masih banyak banget kurangnya, masih harus banyak banget belajar. Toh gue juga ngeliat mereka gak ada yang sempurna, jadi kenapa sih harus ngurusin orang lain dan jadi ribet sendiri sama kehidupan orang lain?

Semuanya berawal dari gue penasaran sama rokok. Jujur gue emang penasaran dari kecil sama rokok, gimana rasanya rokok, kenapa orang suka ngerokok dan sampe ada yang kecanduang, kenapa rokok tuh sampe jadi keharusan bagi sebagian orang termasuk bokap gue sendiri. Dulu gue adalah orang yang sangat penakut, gue takut banget sama bokap nyokap gue karena gue takut mereka bakal kasar sama gue kalo gue ketauan nakal sama mereka, jadi gue memutuskan buat memaksa gue jadi orang yang nurut banget. Tapi pas kuliah, gue hidup jauh dari orang tua gue dan gue bener-bener ngerasain kehidupan yang sebenernya, gimana rasanya harus survive di kota orang dan jauh dari keluarga, masalah yang muncul pun bukan sekedar diomelin nyokap karena nilai ujian yang jelek, atau dimarahin bokap karena lupa ngerjain sesuatu yang dia suruh. Sebagai mahasiswa yang merantau bakal ada saatnya gue pusing mikirin duit mingguan yang udah abis sebelum waktunya dan sering pusing gimana cara ngatur uang supaya uangnya gak abis sebelum waktunya, bahkan kadang kalo bener-bener abis sampe bingung mau makan apa dengan duit yang seadanya bahkan kurang. Kuliah tiap hari ditambah tugas yang super banyak dan jujur itu nyiksa buat gue. Belum lagi masalah percintaan gue yang kadang bikin puyeng setengah mati dan bikin pikiran gue terbagi lagi, di pertemanan gue juga gak jauh dari masalah dan masalahnya pun ada-ada aja. Yang lebih parah lagi gue selalu tidur di atas jam 1 pagi padahal gue dari jam 10  udah tiduran di kasur, gue sendiri gak ngerti kenapa gak bisa tidur. Selama kuliah ini gue juga sering ngerasa stress sendiri, ngerasa gue sendirian dan gak punya siapa-siapa di sini. Karena hal-hal itu gue anggap sebagai masalah buat diri dan pikiran gue, makanya gue ngerasa kalo gue butuh sesuatu yang bisa ngilangin stress gue bentar aja, seenggaknya mendingan deh stress nya.

Suatu hari gue lagi nginep di kosan temen gue, kosan itu campur cewek dan cowok. Gue kenal semua yang ngekos di kosan temen gue itu karena yang ngekos di situ temen gue semua. Siang-siang Richard dateng ke kamar Debby sambil ngerokok, disitu gak tau gue lagi kesambet apa tiba-tiba berani minta rokoknya Richard buat nyobain. Gue nyobain gak sendirian, Debby juga nyobain, tapi gue yang abisin rokoknya setelah itu. Semenjak itu gue jadi sering ngerokok diem-diem, sampe akhirnya orang-orang di sekitar gue tau dan bilang ke gue jangan ngerokok lagi karena mereka nganggep gue jadi gak bener sekarang, mereka itu temen-temen cowok gue. Saat itu gue adalah orang yang masih dengerin omongan orang banget dan gue nggak jadi diri gue sendiri di depan mereka, gue masih tetep ngerokok tapi di kamar kosan doang, gak berani di depan orang. Padahal di situ gue lagi banyak masalah dan hampir tiap malem gue nangis karena bener-bener stress, tapi lingkungan gue pun gak bisa terima gue apa adanya.

Seiiring berjalannya waktu, akhirnya pikiran gue pun terbuka. Gue ngerasa nggak ada yang salah dari ngerokok, toh itu bisa buat gue tenang sesaat. Awalnya takut banget buat terbuka sama orang-orang kalo gue itu ngerokok, tapi gue mikir kalo ini adalah pilihan hidup gue, jadi gue yang akan menentukan gue mau dan harus ngapain, bukan orang lain.
Hari pertama masuk semester 4 gue mulai ngerokok bareng temen-temen cowok gue di warung depan kampus, kayaknya orang-orang belum pada sadar kalo gue ngerokok dan karena di warung juga lagi sepi. Terus pas pulang dari kampus gue mampir dulu ke kosan Januar, di situ ada Bagas dan Dipa lagi nonton YouTube. Gue sama Januar ikut nimbrung mereka nonton. Karena bosen, gue duduk di ruang tamu terus ngerokok. Bagas dan Dipa kaget ngeliat gue, terus mereka ketawa-ketawa gitu sih kayak nggak nyangka mungkin. Terus mereka kayak nanyain “lo kenapa dar kok sekarang jadi ngerokok gini?”, seakan-akan ada yang salah dari gue ngerokok dan seakan-akan rokok tuh kayak gak pantes buat cewek.

Hari-hari selanjutnya gue makin santai ngerokok di warung. Suatu hari gue selesai makan soto, terus gue ngerokok. Kebetulan di warung itu lagi rame banget sama anak-anak kampus gue, ada angkatan gue dan angkatan bawah gue juga. Di situ gue ngerokok bareng temen-temen cowok gue. Hal yang bikin gue bingung adalah pas gue ngerokok, orang-orang tuh ngeliatin gue seakan-akan gue lagi telanjang. Mereka ngeliatin gue lumayan lama dan gue cukup risih karena mereka ngeliatin sampe segitunya, bahkan ada yang sampe muter kepalanya cuma buat ngeliatin gue. Tapi gue tetep bodo amat mereka mau nilai gue gimana, lagipula gue juga nggak kenal sama mereka, kenapa gue harus pusingin juga ?

Minggu depannya gue ke warung itu lagi pas jam istirahat. Gue awalnya gak ada niat buat makan di warung. Gue cuma mau ngerokok di depan lobby kampus bareng temen-temen cowok gue karena gue udah makan, tapi mereka ngajakin ke warung jadi gue ikut aja. Pas di warung, ternyata ada temen gue dari jurusan lain udah di situ sama anak-anak jurusan dia juga, ada beberapa sih yang gue kenal. Terus temen gue ini sengaja minjem korek ke gue, lalu muncul lah pertanyaan orang-orang disitu “loh dia ngerokok toh?” kayak kaget banget gitu. Tapi balik lagi, gue bener-bener bodo amat sama pandangan orang tentang gue, kalo mereka gak bisa terima ya itu urusan mereka. Abis itu gue duduk deket Nafis sama Edo. Terus ada orang yang gue kenal dan dulunya suka ngobrol sama gue karena punya temen yang sama, dia baru dateng di warung dan bawa makanan yang dia pesen. Pas dia dateng, gue lagi ngebuang rokok gue ke tanah, terus tiba-tiba dia teriak “DARAA?!”, ya otomatis gue kaget dong. Gue tanya “hah? Kenapa ya?”, karena gue jawab gitu mungkin dia jadi kikuk sendiri, terus akhirnya dia cuma jawab “eh nggak gapapa, ngeri aja”, terus gue cuma nyautin “oooh” sambil senyum gak ikhlas gitu. Nafis yang juga denger langsung bisikin gue “awalnya emang gitu, ntar juga minta rokok lo dia”. Hahahha di situ gue mau ketawa sih dengernya, karena bisa jadi bener juga omongan Nafis.

Pengalaman gue yang lain adalah ketika gue lagi beli makan di warung Mbak Siti, di deket parkiran kampus. Temen-temen gue pada beli dan makan nasi kuning, karena gue udah makan sebelumnya jadi gue ngerokok aja di situ. Terus tiba-tiba Mbak Siti ini teriak “heh! Apa itu? Dilepas hayo”, maksudnya itu rokok gue. Gue kaget sekaligus bingung, kenapa gue harus lepas? Dan kenapa juga dia ngelarang-larang gue? Terus gue lanjutin ngerokok bareng Richard aja di situ. Kebetulan di situ juga ada dosen gue, dan gue duduk lumayan deket sama dosen gue. Pas lagi ngobrol-ngobrol sama Richard dan Nafis, tiba-tiba dosen ini ngajak ngobrol kami bertiga. Posisinya dosen gue itu juga lagi ngerokok dan gue kira dosen gue itu bakal gimana-gimana reaksinya ternyata santai aja, bahkan sama sekali nggak menyinggung masalah rokok yang ada di tangan gue. Pas di kelas Januar cerita, ternyata Mbak Siti ngomong ke dia gini “eh Jan, temen mu itu loh bilangin jangan kayak gitu”, Januar jawab “kayak gitu gimana sih, mbak?”, terus mbak siti jawab lagi “itu dia kan pake kerudung, kalo mau ngerokok ya pas nggak pake kerudung gitu loh. Kan gak enak kalo diliat orang”, terus Januar nyautin “maksudnya takut orang-orang pada ngikutin dia?”, terus Mbak Siti nya diem abis dibilangin gitu sama Januar.

Dari omongan mbak Siti itu gue jadi mikir, kenapa orang berhijab menurut dia gak boleh ngerokok, ya emang sih hal yang gue lakuin itu mungkin emang bisa dinilai nggak mencerminkan seorang muslim yang baik karena gue menutup aurat gue tapi gue juga ngerokok. Tapi gue sebagai manusia juga punya pemikiran yang beda dengan mbak Siti. Gue berpendapat bahwa semua orang tuh punya hak mereka masing-masing dan punya pilihan hidup masing-masing juga, jadi menurut gue sah-sah aja kok kalo ada perempuan berhijab yang ngerokok, gue pun gak menyalahkan orang yang punya pandangan yang bertolak belakang dengan pandangan gue. Tapi gue gak setuju aja ketika ada orang yang ngerokok terutama cewek, terus dia jadi dipandang sebagai cewek yang gak bener, gue bingung sama orang-orang yang asal ngejudge padaha mereka pun gak kenal sama orang yang mereka omongin itu. Kalau pun kenal, toh mereka juga gak sepenuhnya tau isi hati orang dan alasan apa yang membuat orang itu milih buat ngerokok.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    
Ditambah lagi suatu hari gue makan malem bareng temen-temen gue, di situ kami berdelapan makan ayam kremes. Pas lagi makan, tiba-tiba temen gue yang duduk di samping gue ngajak ngobrol. Di situ dia bilang ke gue kalo perempuan yang ngerokok bakal dilaknat atau di siksa di neraka. Cukup kesel sih denger omongan dia yang cukup sampah menurut gue, tapi gue nanggepinnya santai aja, gue Cuma bilang ke dia “mana buktinya ada di Al-Qur’an atau hadist nggak yang bener-bener secara jelas ngejelasin apa yang lo bilang barusan?”, terus di situ dia rada bingung tapi tetep ngebela diri dengan terus mojokin gue. Terus dia bilang “yeh, nggak percaya lo”, dan gue bilang aja “kenapa lo ngebedain cowok dan cewek?”, terus dia nyaut “ya beda lah, cowok sama cewek. Kalo cewek tuh harus lebih jaga kesehatan dibanding cowok”. Menurut gue apa yang dia omongin tuh nggak jelas banget, kayak pengen ngejatuhin gue atau gimana gue nggak ngerti, cuman setelah omongan itu gue lupain aja sih, gue tetep biasa aja ke dia walaupun emang kesel karena dia terlalu ribet sendiri.

Gue mikir juga kalo ngebahas soal ini tuh nggak akan ada ujungnya sih, jadi balik lagi ke diri masing-masing aja gimana cara kita berpikir dan berpandangan soal suatu hal. Gue ngerasa kalo gue nggak melakukan suatu hal yang salah, gue ngelakuin ini karena gue memilih untuk seperti ini dan untuk apa yang akan terjadi diri gue pun harus gue terima apapun konsekuensi nya, baik dari segi kesehatan ataupun pandangan buruk orang lain terhadap gue. Gue bukan siapa-siapa, bukan seorang influencer di social media ataupun public figure yang udah pasti dilihat sama orang banyak dan sering juga dicontoh sama fans mereka ataupun orang-orang yang ngeliat apapun yang mereka lakuin. Banyak juga kok guru-guru kita yang kadang keliatan ngerokok sama muridnya tapi dia santai aja, dan muridnya juga nggak ada yang ngecap kalo guru itu gak bener, padahal guru itu kan panutan buat muridnya di sekolah. Sementara gue cuman perempuan biasa, bukan panutan seseorang ataupun orang yang berpengaruh. Gue berharap orang-orang yang terutama berada di sekitar gue bisa lebih terbuka pikirannya.
falin182
delia.adel
delia.adel dan falin182 memberi reputasi
2
7.3K
119
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to HeartKASKUS Official
21.8KThread27.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.