Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mikehunt69Avatar border
TS
mikehunt69
Tips untuk memilih cassette MTB & road bike
1. Jumlah speed - sesuaikan dengan RD/shifter. Misalnya 11 speed,  10-speed, 9-speed, 8-speed, 7-speed.
2. 

2. Tipe derailleur - derailleur dapat di berbedakan dari panjangnya jockey cage. Ada 'short cage' (SS), 'medium cage' (GS), dan 'long cage' (SGS). Kalau panjang cage yang SS sama baik di mountain bike maupun di roadbike.

Bisa cek data di website Shimano/SRAM untuk melihat 'total capaity' RD. Total capacity = berbedaan di antara crank besar dan kecil + berbedaan di antara sproket besar dan kecil. Misalnya dengan crank 40/30/22, berbedaan = 40-22 = 18. Dan dengan cassette 11-36, berbedaan = 36-11 = 25, berarti total capacity = 18 + 25 = 43. Selain itu ada anjuran untuk ukuran sproket terbesar, misalnya dengan RD 10-speed MTB dapat sproket terbesar 32 sampai 36 gigi.

Anjuran tersebut bukan peraturan, hanya saran. Kalau punya RD Road Bike yg 10-speed GS, semestinya dapat di pakai cassette yang 11-36 walaupun peraturan bilang maksimal 11-34. Yang mesti lebih diperhatikan kalau pakai cassette lebih besar daripada peraturan 'cross-chaining', jadi kalau dengan cassette 11-36 dengan RD road bike jangan pakai gigi besar di depan dan belakang sekaligus.

Kalau pakai cassette yang lebih kecil daripada peraturan tidak ada masalah - ya rantai mesti potong lebih pendek, dan setel sekrup RD sesuai dengan cassette kecil. 

Jadi dasar tidak ada langsung beda cassette road bike atau MTB, yang penting jumlah speed.

Kalau cassette 11-speed mulai dari 11-23, sampai 11-50, dan banyak pilihan diantaranya. 
10-speed dapat dari 11-23 sampai 11-46.
9-speed mulai juga di 11-23 sampai 11-40.
8-speed dapat 11-23 sampai 11-34t.

Ada merek Shimano, SRAM, Sunrace dll. Dasar sama..... 

Untuk pilih berapa gigi di cassette, kalau diambil sama dengan sekarang, ya pasti aman. Faktor2 untuk berubah adalah segini:

1. Cassette makin kecil makin ringan. Kalau cassette sederhana dengan 10 sproket 11-25t 10-speed 250 gram,  11-36t 400 gram, 11-42t sudah 500 gram. Jadi makin besar cassette, makin pengaruh lebih ke beratnya. Kalau misalnya sekarang punya cassette 11-36t tetapi tidak pernah menggunakan gigi 36t (yang paling enteng, ya buang lah. Kalau cassette 11-36t memiliki gigi terbesar 32 baru 36, berarti kalau 11-32, itu hasil sama seperti potong 1 sprocket dari 11-36t.

2. Dengan cassette lebih kecil lebih gampang pilih gigi yang sesuai. Misalnya dengan 11-32t punya sprocket 11-12-14-16, tetapi yang 11-34 dan 11-36 memiliki sproket 11-13-15-17. Keuntungan dengan 11-12-14 muncul di waktu mau kencang, kalau 11 dan 13 sudah beda 20%, jadi misalnya gigi 13 terlalu enteng, 11 terlalu berat, ya enak ada satu di antaranya.


3. Sebaliknya, kalau sekarang mungkin punya 11-32t, dan kadang tidak cukup untuk tanjakan (harus turun dari sepeda dan dorong), cocok ganti cassette ke yang lebih besar.ada kalau memang perlu gigi 36 untuk di tanjakan.  Ataupun kalau sekarang punya 11-36t dan memang ada pakai yang gigi 36t, teruskan aja.

Kalau sudah tahu yang mana cocok seperti 11-32, 11-36 atau lain tinggal pilih persis model cassette mana.


Apa beda? Berat cassette. Fungsi SAMA. Jadi tidak ada masalah kalau pilih cassette yang paling murah, hanya tambah beberapa gram (misalnya Deore 11-36t 10-speed dan XT 11-36t 10-speed beda 50g, tetapi ya kalau Deore 11-32t dan Deore 11-36t juga beda 50g).

Di sini mesti tahu bahan cassette dasar itu besi. Kalau yang paling sederhana, diambil jumlah sproket sesuai dengan jumlah speed, tinggal raket. 

Teknik untuk mengurangi berat cassette adalah 'spider', itu dua atau lebih sproket menyatu. Ini hemat besi, jadi lebih ringan. Untuk khusus menyatukan sproket2 dalam spider, sering pakai aluminium, karena lebih enteng dari pada besi. Yang sedikit soal, kalau freehub kita aluminium, mesti pakai cassette yang menggunakan aluminium spider, karena dengan cassette besi, gesekan besi cassette ke aluminium freehub membuat freehub cepat rusak. Kalau freehub Shimano semua besi selain Dura-Ace & XTR (titanium), jadi dengan Shimano tidak ada masala tetapi merek lain mungkin tidak.

Sproket sendiri sebaiknya dibuat dari besi karena besi tahan lama - lebih tahan dibandingkan aluminium. Kalau cassette besar, seperti 11-40, 11-42 dan 11-46, sering satu atau dua sproket terbesar dibuat dari aluminium. Kalau jarang pakai ya tidak ada masalah, tetapi kalau sering di gigi besar, cassette2 tersebut tidak akan lama tahan. 

Ada juga sprocket titanium, bahan eksotis, kalau dibandingkan aluminium sama juga tidak begitu tahan.

Kalau cassete SRAM ada yang lebih enteng lagi, hanya sekitar 225g untuk cassette 10-speed 11-36t yang paling enteng, tapi harga juga gilaaan, di atas 3 juta. Harganya tinggi karena semua sprocket menyatu, jadi Cukup saja kita ambil cassette Deore yang berat 375g dengan harga 300 ribu kan. Ada risiko dengan cassette SRAM yang mahal, karena lebih gampang giginya patah dibandingkan yang sederhana. Sayang sekali....

Jadi untuk kita orang biasa cukup beli cassette biasa saja, dan jangan takut ambil yang paling murah (kecuali mungkin tidak enak dengan freehub aluminium). Kalau cassette yang besar seperti 11-46t, mungkin sedikit lebih bisa perhatikan berat cassette diwaktu beli, tetapi ya tidak penting sekali, lebih penting misalnya berat ban sepeda, karena pengaruh dari berat ban lebih kuat dibandingkan cassette karena cassette itu langsung di menengah roda, bukan diluar
Diubah oleh mikehunt69 07-03-2018 17:19
0
25.4K
18
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sepeda
SepedaKASKUS Official
2.6KThread1.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.