Kaskus

Tech

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pianzieAvatar border
TS
pianzie 
Selamat Hari Raya Nyepi 2018
Om Swastiastu ,, 

emoticon-Nyepiemoticon-Nyepi


Kami selaku warga ComputerStuff serta SubForum terkait ingin partisipasi menyambut hari besar Nyepi & bagi yang merayakannya kami ucapkan Selamat Hari Raya Nyepi yang jatuh pada tanggal 17/03/2018

 emoticon-Semangatemoticon-Semangat


Quote:


Hari Raya Nyepi adalah hari kesunyiandan refleksi diri

Hari Raya Nyepi dirayakan pada hari pertama kalender lunar Saka. Menurut Kalender Gregorian, Hari Raya Nyepi biasanya tiba di awal musim semi. Perayaan Umat Hindu di Bali bisa berlangsung hingga beberapa hari.

Pada Malam Tahun Baru di Bali, ritual Bhuta Yajna dilakukan oleh setiap komunitas. Ritual ini menyingkirkan kenegatifan dan kejahatan dari pulau dan penghuninya. Menurut kepercayaan Hindu, adalah tanggung jawab manusia untuk menjaga keseimbangan antara para dewa, bumi, dan manusia. Untuk ritual ini, orang Bali membuat patung setan yang besar dan makhluk-makhluk jahat lainnya dari bambu dan kertas. Patung-patung ini dikenal dengan sebutan ogoh-ogoh.

Banyak ogoh-ogoh yang terlihat di pawai diciptakan oleh kelompok pemuda dari desa-desa di Bali. Ogoh-ogoh yang paling mengesankan biasanya diciptakan oleh para seniman Bali. Setelah ogoh-ogoh diciptakan, mereka dibawa ke sebuah parade jalan yang besar agar dilihat semua orang. Kembang api dan suar juga umumnya diluncurkan pada pawai jalanan Hari Raya Nyepi.


Hal ini diyakini bahwa ogoh-ogoh akan menyerap energi negatif dari penonton dan mengusir roh-roh jahat. Setelah parade, ogoh-ogoh dibakar dalam api unggun besar. Selain menangkal kejahatan dan mensucikan orang-orang Bali, api unggun juga dipercaya bisa memuaskan Batara Kala. Ritual Bhuta Yajna merupakan tradisi yang cukup baru di Bali. Ini pertama kali dipraktekkan di Bali selama tahun 1980an.



Hari Kesunyian


Selama Hari Kesunyian, orang Bali diharapkan untuk merenungkan tindakan mereka selama setahun terakhir. Banyak orang Bali akan menganggap ini sebagai kesempatan untuk beristirahat dan memikirkan cara untuk memperbaiki diri sepanjang tahun yang akan datang.


Untuk memastikan bahwa semua aspek ritual Nyepi diikuti, polisi berpatroli di pulau Bali. Semua orang di Bali harus mematuhi ritual Nyepi. Karena ini, bandara Bali tutup untuk hari itu dan semua pengunjung tinggal di dalam rumah atau tidak meninggalkan pulau. Hari Kesunyian adalah tradisi yang berasal dari beberapa tahun paling awal dalam sejarah Bali.




emoticon-Nyepiemoticon-Nyepiemoticon-Nyepi

Diubah oleh pianzie 16-03-2018 04:55
0
2.9K
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer Stuff
KASKUS Official
50.5KThread9.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.