• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 5 Kesalahan Saat Melakukan Jogging Yang Bisa Berbahaya Pada Tubuh

iqbalhafizh2000Avatar border
TS
iqbalhafizh2000
5 Kesalahan Saat Melakukan Jogging Yang Bisa Berbahaya Pada Tubuh


Selamat malem kaskuser... emoticon-Kaskus Banget
Untuk beberapa orang, jogging adalah salah satu olahraga yang sangat murah meriah. Jogging pada pagi hari bermanfaat untuk membakar kalori & sembari menghilangkan stress. Namun banyak orang yang sering melakukan 5 kesalahan ini sehingga dapat membahayakan tubuhnya. Berikut ini adalah ulasan mengenai 5 kesalahan jogging yang bisa berbahaya untuk tubuh.


1. Jogging saat perut kosong itu kesalahan



Idealnya, Anda harus makan setidaknya
90 menit sebelum Anda memulai jogging, sehingga tubuh memiliki waktu untuk mencerna makanan. Jadi, jangan pernah jogging dalam keadaan lapar, ya.

Jika Anda akan berlatih satu jam atau melakukan latihan dengan kecepatan intens di pagi hari bangunlah setengah jam lebih awal untuk mengkonsumsi makanan kecil. Seperti, pisang dan bar cokelat, bagel dengan selai kacang, atau semangkuk sereal ditambah secangkir susu. Atau, jika waktu Anda kurang dari sejam dan belum makan, Anda bisa mengkonsumsi roti panggang dengan selai kacang atau secangkir yogurt. Sedangkan jika Anda benar-benar tidak punya waktu, cobalah makan sesuatu yang kecil, seperti selai kacang.

2. Langkah terlalu panjang


Langkah yang terlalu panjang dapat membuat kaki kamu cidera. Kaki akan mendarat pada tumit dan posisinya terlalu jauh dari tubuh, akibatnya otot tulang kering akan menahan beban lebih berat dari yang seharusnya.

Beberapa orang akan melakukan langkah panjang agar dapat berlari lebih jauh dengan waktu yang sama, ternyata sebenarnya melakukan hal tersebut malah akan menghabiskan energi lebih besar daripada berlari normal, karena tubuh kamu secara refleks mengerem, dan hal tersebut terjadi pada setiap langkah panjang kamu. Postur tubuh dan kaki yang baik adalah yang seperti nomor 2 pada gambar.

3. Tidak menggunakan sepatu Running


Kamu yang suka jogging tanpa alas kaki, mulai sekarang tinggalkan kebiasaan tersebut. Lari tanpa menggunakan alas kaki bisa membahayakan telapak kaki kamu. Kerikil, pecahan kaca, serpihan kayu & plastik yang tajam dapat membuat telapak kaki kamu tertusuk/tergores. Jadi lebih baik gunakan alas kaki untuk melindungi kaki kamu.

Nah! Kamu yang masih suka jogging dengan sandal atau sepatu biasa, tinggalkan juga kebiasaan tersebut! Gunakanlah sepatu khusus runnning untuk menunjang kegiatan jogging kamu. Sepatu running di ciptakan untuk menopang postur tubuh kita, terutama engsel kaki & lutut. Sepatu running dapat meredam tekanan pada lutut saat kita berlari, membantu latihan terhadap otot kaki & paha, sepatu running memiliki bobot yang lebih ringan dari sepatu biasa.

Gunakanlah sepatu running yang sesuai dengan bentuk kaki kamu, nyaman dan sesuai dengan ukuran kaki kamu. Jangan membeli ukuran yang terlalu kecil/besar karena akan membaut keseimbangan kamu terganggu saat berlari. Saat mencoba sepatu mintalah kaus kaki kepada SPG toko agar kamu bisa mencoba sepatu bersama dengan kaus kaki agar bisa menentukan ukuran yang tepat.

4. Pemanasan dulu sebelum melakukan jogging sangat penting



Pemanasan itu penting
Entah karena malas atau menganggapnya tidak terlalu penting, banyak orang yang melewatkan waktu pemanasan. Apapun jenis olahraga Anda, pemanasan mampu mengalirkan darah ke otot. Dengan otot yang kuat, latihan yang Anda lakukan pasti akan menjadi jauh lebih maksimal.

5. Minum air terlalu sedikit



Ketika berlari, tubuh menghasilkan keringat yang lebih banyak dari biasanya. Hilangnya cairan dalam tubuh harus di penuhi dengan minum air putih yang cukup. Banyak orang yang tidak suka minum terlalu banyak karena khawatir air di dalam lambung akan terkocok-kocok akhirnya mual. Beberapa orang yang berlari & minum air terlalu banyak juga dapat merasakan sakit tajam di bagian kiri bawah tulang rusuk.

Beberapa tips di bawah ini dapat membantu kamu memberi asupan cairan pda tubuh ketiak sedang jogging:

1. minum air sebanyak 500ml, 1 jam sebelum melakukan jogging.

2. perhatikan kapan rasa haus datang ketiak sedang jogging, berhenti sebentar dan minumlah secukupnya. Jangan mengikuti nafsu, karena akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada lambung saat sedang berlari.

3. Tetap minum air putih setelah selesai jogging untuk mengghidrasi tubuh kamu.

4. Urin berwarna kuning gelap menandakan kamu masih harus minum untuk mencegah dehidrasi pada tubuh. Warna yang ideal adalah kuning muda hampir bening.

Sekian trit ane semoga bisa menambah wawasan kalian.
TERIMA KASIH
emoticon-Repost




Sumber : Google dan refrensi sendiri
Gambar : Google

Baca juga :

- LEGENDA TUAK.. WARNING!!!! Kalo Baca Jangan Sambil Minum Tuaknya..........

- TUAK PART II.. MANFAAT MINUM TUAK..

- Sederet Kontroversi dan Kisah Mengerikan Supersemar...

- Terungkap! Ternyata Beginilah Kehidupan Anak-Anak di Zaman Kerajaan Dulu.

- Kisah Aman Dimot, Pejuang Kebal Peluru yang Diharap Jadi Pahlawan
Diubah oleh iqbalhafizh2000 15-03-2018 04:58
0
20.3K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.