Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cerukAvatar border
TS
ceruk
Ada apa dengan Karl Marx?? simak ceritanya gan...
Agan tau Karl Marx? Ada cerita menarik gan tentang dia.. emoticon-Cool

Tiba-tiba Karl Marx murung. Seharian ia sama sekali tidak menyentuh makanan. Jenny menjadi khawatir, apalagi kemurungannya susah dimengerti. Sahabatnya Engel hanya melihatnya dari luar kamar. Menghisap pipa rokok, sesekali terbatuk-batuk. Engel berusaha mencari sebab kemurungan Karl Marx.

Di luar rumah, salju turun seperti kapas. Rhein yang indah dengan rumah-rumah dan halaman penuh bunga. Jalanan tertutup butir-butir salju yang menumpuk. Pemilik kebun strawberry, Vladimir Lenin, terlihat sibuk membersihkan salju dengan sekop di kebunnya. Anak-anaknya berlarian di sampingnya.

Rumah Karl Marx dan Lenin hanya dipisahkan jalan ke arah lembah. Jenny dan Krupskaya—istri Lenin—bersahabat baik. Setiap Jenny masak daging kijang selalu dilebihkan untuk berbagi dengan keluarga Lenin. Begitu pun sebaliknya. Bagi kedua keluarga itu, hidup harus bersaudara, berbagi dan kolektif. Rupanya kebiasaan dan sikap hidup itu terbentuk bukan karena kebetulan. Tapi, oleh pengaruh pemikiran kedua suami mereka yang tersohor: komunisme.

Jenny menutup jendela rumah karena angin berhembus sangat dingin. Lalu memasukkan kayu ke tungku penghangat ruangan. Berkali-kali ia membetulkan kutangnya yang kendor sambil mengamati api yang perlahan membakar kayu. Ia risih juga selalu memakai kutang bekas yang diloak di pasar. Tapi, Karl Marx tidak pernah menggubrisnya saat Jenny mengatakan keinginannya beli kutang baru di toko. “Itu tidak pokok,” selalu jawaban itu yang Jenny terima.

Engel masih asyik dengan pipa rokoknya sambil matanya melirik Jenny. Payudara Jenny memang besar, pikirnya. Kadangkala timbul rasa iri Engel pada Karl Marx. Sahabatnya yang dekil dan kere bisa memiliki istri kembang desa yang setia, cantik, dan montok. Kata mutiara dan janji apa yang diberikan Karl Marx kepada Jenny. Masyarakat komuniskah?

“Bung Engel, apa perlu panggil Sigmund Freud ke sini?” ujar Jenny menghampiri Engel.

“Jangan. Dia waras. Suamimu itu suka begitu, murung gak jelas. Biarkan saja, dua tiga hari juga dia sudah normal.”

“Aku takut terjadi hal yang tidak diinginkan. Seharian tidak makan. Bisa sakit.”

“Jen, percaya suamimu itu. Dia kan revolusioner proletariat. Siapa tahu dia sedang uji materil kehidupan kelas proletar. Semacam bunuh diri kelas. Kau tahu dia tidak percaya idealisme.”

“Benar bung, tapi caranya jangan begini. Kalau sakitkan istri yang repot,” Jenny menarik-narik kutangnya supaya ke atas. Engel tidak menyiakan kesempatan itu. Tanpa sadar ‘burung’ Engel ereksi.

“Saya kenal dekat Karl Marx. Baginya, hidupnya adalah tombak pembebasan kelas proletar. ‘Jiwaku ada pada manifesto komunis, tanpa lelah, sejarah harus digerakkan oleh kelas proletariat. Komunis harus terwujud’. Begitu dia bersumpah setahun yang lalu ketika mabuk vodka pada ulang tahunnya Lenin.”

“Itu bukan hanya kamu, semua orang juga tahu. Masalahnya adalah dia itu kan suami, harus kerja, menafkahi anak-istrinya. Kalau melamun murung terus bisa-bisa kita mati kelaparan.”

“Seperti baru kenal saja. Saya kasih cek nanti, kau ambil uang di bank sesuai kebutuhan keluargamu. Sudah, biarkan saja si berewok begitu.”

Engel menarik nafas. Menyulut pipa rokoknya lagi. Kali ini ia benar-benar ingin pergi ke kamar mandi untuk masturbasi saat Jenny merogoh dadanya membetulkan kutang lagi. Jenny tidak sadar, kancing bajunya terlepas, sehingga mata Engel leluasa melihat buah dadanya yang putih menyembul. Permukaan celana Engel langsung membentuk seperti gunung. ‘Burung’nya meronta-ronta ingin lepas. Lekas Engel menutupi dengan tangan sebelum Jenny tahu. Ia tidak mau menanggung malu.

Setelah sadar terhadap pikiran mesumnya, Engel merasa bersalah. Semestinya ia bisa menjaga birahinya di depan istri kawan karibnya sendiri, Karl Marx. Adalah tak bermartabat jika istri kawan sendiri jadi objek imajinasi seksual. Engel berucap Tuhan Yesus. Secepat kilat ia mengalihkan perhatian sebelum imajinasinya melayang jauh. Karl Marx penah bilang, komunis tidak membenarkan istri juga dipakai bersama-sama, komunis adalah kepemilikan bersama alat produksi ekonomi.

Salju di luar bertambah tebal. Matahari terendam dalam kabut. Anak-anak Lenin terlihat sudah masuk rumah. Lenin juga telah meletakkan sekop di gudang belakang. Dia sedang membersihkan sepatu ketika Krupskaya memanggilnya untuk masuk. Dan, hari terasa semakin kelam, anjing dan kucing pun berhenti berkelakar.

Karl Marx tetap duduk termangu memandang ke luar jendela. Seakan ia menyaksikan alam seperti gemuruh perjuangan kelas proletar. Gemuruh yang bagi Karl Marx adalah keniscayaan sebuah sejarah. Pena bulu ayamnya tergeletak begitu saja di catatan-catatannya. Buku-buku berserakan di atas meja. Salah satunya buku Adam Smith An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations yang di sampul buku tersebut digambari penis oleh Karl Marx. Tidak lupa coretan bertulis “Adam Smith buta di pagi hari dan penjilat vagina basah borjuis”.

“Sayang, makan dulu,” teriak Jenny di depan pintu kamarnya.

Sepi. Karl Marx menoleh pun tidak. Jenny sewot lalu menghilang ke kamarnya. Engel memperhatikan sahabatnya. Mungkin Jenny benar, Karl Marx gila. Jika demikian, hanya Sigmud Freud yang mampu memecahkan teka-teki Karl Marx lewat psikoanalisisnya. Tapi, jika dirinya menjemput Freud di kota, ia akan ditertawai para mahasiswa. Bukankah dia dan Marx pernah menertawai Freud bahwa teorinya seperti anak kecil. Idealis. Fiktif. Betapa memalukan bila akhirnya dia butuh praktek dan teorinya.

Engel berpikir keras. Menemui Freud bukan keputusan tepat. Jangan-jangan, Engel menduga, Karl Marx membutuhkan kawan Lenin. Sudah seminggu menurut Jenny kawan Lenin tidak berkunjung. Biasanya, tiap malam keduanya bermain catur, minum vodka, berdiskusi dan mendengarkan musik qasidah dari tanah arab. Engel mengira sedang ada perselisihan atau pertengkaran di antara Lenin dan Marx.

Pintu rumah di ketuk dari luar. Engel langsung pergi membukakan pintu. Sesosok pria separuh baya, sipit dan botak memakai mantel bulu domba bertabik.

“Saya Mao Tse Tung. Karl Marx ada?” ujarnya sangat sopan.

“Ada, tuan. Silahkan masuk.”

Mao berterimakasih sambil membungkukkan badan. Ia melepaskan mantel dan menyantelkannya di dinding belakang pintu. Engel mempersilahkan untuk duduk.

“Apa keperluan, tuan?” tanya Engel.

“Ah, cuma mau memastikan.”

“Memastikan?”

“Iya, memastikan,” Mao terkekeh.

Engel heran. Orang di hadapannya santun tapi aneh. Akhirnya, Engel menyimpulkan bahwa orang ini butuh informasi kesehatan Karl Marx. Wajar kalau Marx bertingkah aneh sedikit, semua orang segera tahu dan datang untuk memastikan keadaannya.

“Karl Marx memang lagi murung, tuan. Tidak mau makan. Tidak menjawab kalau ditanya. Tidak mendengarkan perkataan.”

“Oh,hoho…ya manusia begitu. Bagus.”

“Baiklah. Omong-omong tadi memastikan apa, tuan?”

Mao terkekeh lagi.

“Memastikan, apa buku merah saya sudah diberi kata pengantar. Bisa tolong panggilkan Karl Marx?”

Engel pergi memanggil Karl Marx. Ia tertegun saat Karl Marx tiba-tiba bangkit melewati dirinya mengunjungi tamu itu. Engel mendengar mereka saling sapa akrab. Karl Marx bukan lagi seperti berjam-jam yang lalu. Dia ceria menyambut tamu itu. Entah darimana asalnya. Secara fisik mencerminkan orang Cina.

Diam-diam Engel menajamkan telinga dari pojok ruangan untuk menangkap setiap kata yang dihasilkan dari percakapan mereka. Untuk menutupi kesan dirinya sedang menguping, ia mengambil koran terbitan kemarin. Berpura-pura membaca berita.

“Jadi, tuan Karl Marx sempat stres?” ucap Mao Tse Tung yang didengar Engel, membuatnya semakin penasaran.

“Inggih, tuan Mao. Buku merah tuan sungguh membingungkan. Bikin stres dan perut kembung.”

“Tentu bukan maksud menghina. Alasannya?”

“Hurufnya, tuan. Saya tidak mengerti huruf apa yang ditulis tuan. Saya mau panggil arkeolog tapi tidak ada uang. Jadi saya berusaha sendiri. Tapi, tetap, tidak saya mengerti. Maka, beribu mohon maaf, kata pengantar untuk buku merahnya belum kelar.”

“Kenapa tidak bilang dari awal? Itu tulisan Cina, Asia Timur. Bukankah kamu Karl Marx yang tersohor itu? Saya kira kamu ahli segalanya. Haya…haya…rencana jadi sedikit berantakan, padahal rakyat komunis Cina sedang menunggu buku merah itu.”

“Maaf. Sekali lagi maaf. Saya Karl Marx. Saya menulis karena kondisi penindasan kapitalisme di Eropa. Saya tidak tahu malah tulisan-tulisan saya sampai Asia Timur. Itu tulisan Cina rupanya. Maaf, tuan.”

“Sudahlah, tak apa-apa. Sesama komunis harus saling oto kritik. Ini juga salah saya, kenapa saya tidak memberimu tulisan dalam bahasa Inggris saja.”

“Iya, sama-sama, tuan. Eh, tadi tuan bilang rakyat komunis di Cina, apa di sana komunis sudah berhasil didirikan?”

“Hoho…belum, baru revolusi rakyat menendang imperialisme. Huh, capeknya bukan main. Itu saja saya meluaskan teorimu dan Lenin, kalau tidak, mampuslah kita digilas sejarah.”

“Baguslah kalau begitu. Hati-hati dan jaga keselamatan. Soalnya banyak orang anarkhis. Mereka suka membabi buta. Kayak orang frustasi dan kesurupan. Kalau tidak bisa dimanfaatkan tembak saja kepalanya.”

“Hoho…jangan, biarkan saja, asal tidak kontra revolusi. Musuh kita lebih besar, rapi dan kuat. Imperialisme. Sekarang yang dibutuhkan adalah membangun organisasi massa berhari depan yang solid, rapi dan kuat. Itu saja. Jangan terlalu mengikuti kata-kata orang, termasuk kataku, katamu, atau Lenin dan lainnya,” Mao Tse Tung terkekeh-kekeh.

Di balik koran, Engel merasa lemas. Jadi, kemurungan Karl Marx hanya masalah sepele. Engel mengisi tembakau pada pipanya, lalu membakarnya. Dihirupnya dalam-dalam asap tembakau itu, kemudian dihembuskan seperti kepulan awan bergerak membentuk wajah Karl Marx yang tampak bodoh.

sumber: http://www.jejakkaumkegelapan.blogsp...rx-murung.html
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Spoiler for karl marx:
0
5.9K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
35.1KThread25.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.