Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dybala.maskAvatar border
TS
dybala.mask
Mudik JKT-SBY Bisa Lewat Tol, Ini Titik Macetnya
Jakarta - Mudik Lebaran di Pulau Jawa tahun ini diprediksi bakal kembali didominasi lewat jalur darat, terlebih dengan tersambungnya tol Trans Jawa dari Jakarta ke Surabaya baik secara operasional maupun fungsional. Pemerintah bahkan memperkirakan terjadi kenaikan lalu lintas di jalan tol pada jalur mudik balik lebaran 2018 dengan rata-rata kenaikan 85%.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang diterima detikFinance, Senin (12/3/2018), kenaikan lalu lintas tertinggi diprediksi terjadi di GT Palimanan atau Cikarang Utama yang ada pada ruas tol Palimanan-Kanci. Kenaikan lalu lintasnya diprediksi mencapai 460%, namun masih dapat dilayani oleh kapasitas gerbang tol.

Baca juga: JKT-SBY Bisa Lewat Tol Saat Mudik Lebaran, Ini Jalurnya

Titik rawan kemacetan lainnya di jalur tol di antaranya pada ruas Serang Timur menuju Merak, lalu ruas tol Jakarta-Cikampek, tepatnya di simpang susun Cikunir dan lokasi pekerjaan proyek tol Jakarta-Cikampek Elevated.

Kemudian, titik rawan macet selanjutnya ada di GT Ciawi pada ruas tol Jagorawi. Selanjutnya, di ruas tol Pemalang-Batang, tepatnya di exit Gandulan menuju jalur fungsional.

Lepas dari tol Pemalang-Batang, titik rawan macet lainnya ada pada ruas tol fungsional Batang-Semarang (Krapyak), yakni pada jalur menuju jalan tol Semarang ABC. Untuk itu, perbatasan jalan tol operasi dan jalur fungsional pun perlu mendapat perhatian khusus.

Baca juga: Budi Karya: Tol Jakarta-Surabaya Fungsional saat Lebaran


Dan sisa titik rawan macet lainnya ada di GT Tembalang serta simpang susun Salatiga di batas menuju jalur fungsional dan Simpang Mengkreng. Pemudik juga harus mewanti-wanti kemacetan pada akses masuk tempat istirahat, tempat istirahat dan pelayanan (TIP) dan Parking Bay yang akan disediakan dalam rangka mendukung penyelenggaraan mudik Lebaran nanti. (eds/zul)
jalan tol jakarta-surabaya tol trans jawa

https://finance.detik.com/infrastruk...titik-macetnya

Apa dgn selesainya infra jalan tol ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi yg stagnan 5% pertahun?
0
1.4K
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.