Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

solusiprogramAvatar border
TS
solusiprogram
Benar, Bukalapak mengecewakan
Sudah lama saya memendam uneg-uneg terkait Bukalapak, tapi saya ga ada waktu untuk nulis. Sekarang baru ada waktu. Saya malas menyertakan screenshot. Tapi jika bukalapak menuduh saya berbohong, saya akan ladeni di sini bahkan dengan video. Anyway, screenshot dari email juga bisa diakali (tidak perlu orang terlalu pintar utk bisa memodifikasi html).

Semoga tulisan saya menjadi pelajaran bagi pelapak yang hendak memulai berjualan di bukalapak.

Ada banyak masalah sebenarnya, tapi baru dua masalah yg sempat saya tulis.


Permasalahan 1.

Saya komplain ke Bukalapak:

Mar 9, 14:58

Pengirim : aplikasipos
Nomor Transaksi : 180701854230

Saya menggunakan kode voucher MAKINUNTUNG utk transaksi ini, namun Ditolak Pelapak karena: Stok Habis. Berarti voucher tersebut dibatalkan dong? Tapi kenapa saya tidak bisa menggunakan voucher itu lagi di hari yg sama? Responnya: Maaf, masa berlaku voucher telah habis. Mohon segera ditangani karena jika tidak, saya tidak bisa menggunakan voucher tsb hari ini hanya karena satu transaksi ditolak pelapak!


Jawaban Bukalapak:
Mar 9, 15:07

Hai aplikasipos,

Terima kasih telah menghubungi layanan BukaBantuan.

Berikut kami berikan panduan penggunaan voucher Bukalapak, kami informasikan kepada Anda kedepannya pastikan dahulu pelapak dapat melakukan pengiriman atau stok tersedia. Anda dapat menghubungi pelapak melalui fitur kirim pesan yang berada di Bukalapak ya. Kami mohon kesediaan Anda melakukan pengecekan berkala pada kode voucher tersebut ya.

Demikian informasi dari kami. Jika ada pertanyaan lebih lanjut silakan hubungi kami kembali.

Terima kasih atas perhatiannya dan selamat beraktivitas. emoticon-Smilie


Komentar saya:
Setelah saya cek lagi di aplikasi bukalapak, pesannya masih sama, "Masa aktif voucher sudah habis". Hanya saya tidak tahu, ini memang karena voucher sudah habis (uang Bukalapak dah habis utk membayar voucher padahal baru jam 15.00) atau karena saya dianggap sudah pernah gunakan voucher tsb (berarti bukalapak tidak melakukan apa2 terkait komplain saya tadi)?! Hanya Tuhan yang tahu jawabannya.
Anyway, jawaban bukalapak di atas aneh sekali. Bagaimana kalau setelah saya tanya stok ke pelapak (dan semoga jawabannya cepat sebelum quota voucher habis), ternyata pelapak masih juga membatalkan pesanan karena alasan tertentu? Apakah Bukalapak bisa MENJAMIN pelapak tidak membatalkan pesanan? Klo dibatalkan pelapak, voucher tetap akan HANGUS kan?
Apakah programmer2 bukalapak yg PINTAR akan kesulitan hanya utk mengenable kembali voucher setelah pesanan dibatalkan?.


Permasalahan 2.

Barang2 saya selalu saja diblokir (katanya) atas permintaan pemilik merk. Hari ini diblokir lagi, padahal pada pemblokiran sebelumnya sudah saya jelaskan bahwa barang itu (berupa software) saya develop sendiri. Haruskah selalu saya ulangi penjelasan ini untuk setiap software yang saya jual?!


Salah satu email saya ke Bukalapak:
Feb 2, 03:40

Bukti kepemilikan seperti apa yang kalian inginkan?
Silahkan download demo softwarenya di http://solusiprogram.com/coba.zip
Setelah software dijalankan, ada Menu About yang isinya: "Aplikasi ini dibuat oleh: Rafik (http://solusiprogram.com)".
Rafik adalah nama pemilik rekening yg terdaftar di akun BL saya, dan di http://solusiprogram.com ada link akun BL saya (di bagian bawah sekali).

Kalian seharusnya melakukan sedikit recek sebelum terus-terusan memblokir software saya.


Jawaban Bukalapak:
Feb 2, 13:26
Selamat siang,

Saat ini laporan Anda telah kami tindak lanjut. Silakan upload produk kembali tanpa menggunakan simbol (-) di judul produk.

Silakan buka tautan berikut https://www.SENSOR/terms untuk informasi Aturan Penggunaan Bukalapak.
Terima kasih atas perhatiannya.

Informasi lainnya bisa kamu temukan di Halaman BukaBantuan bl.id/bantuan

Warms Regards,

Tim BukaBantuan
BukaBantuan



Saya balas:
Sun, Feb 4, 2018 at 5:26 AM

"tanpa menggunakan simbol (-) di judul produk" ?! aturan dari mana itu? Kalian hanya ingin mengalihkan isu?
Banyak pelapak lain yg pakai simbol (-) ga ada masalah tuh, contoh: https://www.SENSOR/p/perlengkapan-kantor/alat-kantor/pos-thermal-printer/c71c5u-jual-printer-kasir-thermal-panda-prj-58d-ukuran-kertas-struk-58mm-support-windows-via-usb-tanpa-bluetooth-support-cash-drawer-laci-uang

Jadi sebetulnya apa kesalahan saya sampai kalian memblokir barang-barang saya dan tidak merespon komplain saya selama hampir sebulan?!

Saya rasa sudah layak saya sebarkan perlakuan semena-mena ini.

Terima kasih atas jawaban-jawaban "cerdas" kalian.


Komentar saya:
Sampai saat ini, barang tersebut masih diblokir. Klo memang gara2 simbol (-) kenapa tidak diblokir saat barang pertama kali didaftarkan? Sekarang setelah barang tersebut banyak terjual dan dapat ulasan positif baru kemudian diblokir?
Bukalapak tidak menjawab lagi. Tepatnya, bukalapak membalasnya dengan kembali memblokir software saya yg sama (paket hardwarenya yang berbeda).
Bukankah Bukalapak seharusnya melihat riwayat komplain saya sehingga hal ini tidak terulang?


Saya tidak menunggu permintaan maaf Bukalapak. Saya hanya menunggu jawaban berkelit merekaemoticon-Smilie
0
12.7K
48
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread2KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.