Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lontoxAvatar border
TS
lontox
Ilmuwan: Penganut Teori Bumi Datar Kurang Berpendidikan


Ilmuwan kenamaan ini secara tegas menyebut bahwa para penganut teori konspirasi Bumi datar harus lebih banyak belajar lagi dan mau berpikir kritis.

Seorang astrofisikawan kenamaan, Neil deGrasse Tyson, mengaku heran mengapa masih ada orang-orang yang percaya bahwa Bumi berbentuk datar. 

"Padahal, kita sudah memiliki video dari luar angkasa yang memperlihatkan Bumi berbentuk bulat," ujarnya.

"Anehnya, orang-orang ini justru menyadari bahwa Bulan berbentuk bulat. Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Matahari semuanya juga dikatakan bundar. Tapi Bumi justru datar. Ada yang tidak beres di sini," katanya menambahkan.

Melalui sebuah video bertajuk Star Talk, ia yang ditemani oleh seorang komedian bernama Chris Nice mencoba untuk membuat segalanya menjadi sederhana, atau bisa dibilang lurus.

Dalam video yang diunggah ke dalam YouTube tersebut, Tyson menjelaskan bahwa akibat hukum fisika dan cara kerja energi, alam semesta membentuk planet menjadi bulat, meski tidak sempurna seperti bola karena rotasinya yang sangat cepat.

Ia pun turut memberikan sejumlah bukti bahwa Bumi berbentuk bulat. "Pada saat gerhana Matahari berlangsung, Bulan melewati bayangan Bumi dan berada di antara kedua objek tersebut. Bentuk bayangan Bumi pun selalu bulat. Jika Bumi berbentuk datar, maka bayangan yang tampak di Bulan pun juga akan datar, tapi hal tersebut tidak pernah terjadi," tuturnya. 

"Atau pikirkan tentang kapal yang berlayar ke arah cakrawala. Kapal tersebut akan menghilang secara perlahan, karena Bumi berbentuk bulat," ucapnya menambahkan.

Tyson pun mengatakan bahwa terdapat dua alasan yang membuat lahirnya para pemercaya teori konspirasi Bumi datar. "Pertama, kita hidup di negara yang melindungi kebebasan berpendapat. Kedua, kita hidup di negara dengan sistem edukasi yang gagal," ujarnya.

"Sistem pendidikan kita perlu melatih anak-anak untuk tidak hanya mengetahui sesuatu, namun juga bagaimana untuk berpikir kritis terhadap berbagai informasi, pengetahuan, dan bukti," katanya menambahkan.

Menurut Tyson, jika anak-anak tidak dilatih untuk melakukan hal tersebut, maka mereka akan berkeliaran dan percaya terhadap segala hal. Lalu, ia pun ditanya oleh Chris Nice bagaimana jika masih banyak orang yang percaya terhadap teori konspirasi Bumi berbentuk datar.

"Bagi saya oke saja, selama mereka tidak menjalankan NASA," pungkas Tyson.

Sampai saat ini sendiri, terdapat sejumlah nama tenar seperti rapper B.o.B dan pebasket Kyrie Irving yang memercayai paham Bumi datar.

Sumur : Penganut Teori Bumi Datar Kurang Berpendidikan

emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk

top242
top242 memberi reputasi
1
2.3K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.