Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pcjamesAvatar border
TS
pcjames
8 Kebiasaan Orang Jepang Yang Patut Ditiru
Negeri Sakura ini memang menyimpan banyak kekaguman di dalamnya. Menjadi salah satu negara yang amat berkembang di bidang teknologi, tentu bukan hal yang mudah untuk sebuah negara. Setiap negara pasti punya kebiasaan dan menjadi sebuah budaya yang selalu dilakuin setiap hari dong? Sama halnya dengan Jepang, ternyata banyak kebiasaan yang dilakukan orang Jepang, dan patut banget nih buat di tiru, apa aja sih?

1. Orang Jepang Rajin Membaca

Orang Jepang akan lebih memilih baca buku lho guys dari pada nonton televisi. Mereka menjadikan membaca sebagai budaya yang harus selalu dilakukan berjam-jam dalam sehari. Ketika di transportasi umum, seperti kereta atau bus, mereka akan membawa buku novel, koran dan buku-buku pengetahuan lainnya. Hal itu dilakukan supaya menghilangkan rasa bosan lho diperjalanan. Wah keren ya?

2. Pengusaha Di Jepang Izinkan Pekerjanya Tidur Siang

Mana ada sih kantor yang ngizinin karyawannya tidur? Duh, yang ada lo di suruh pulang terus dapet surat peringatan. Tapi, beberapa perusahaan di Jepang memberikan “hak istimewa” nih buat karyawannya. Perusahaan tersebut mengizinkan karyawannya untuk istirahat alias tidur sekitar 30 menit. Hal itu diterapkan karena dinilai bisa lebih mendukung produktivitas karyawannya. Asal jangan bablas aja ya guys sampe malem tidurnya.

3. Budaya Mengantri

Orang-orang di Jepang sangat loyal pada peraturan yang sudah di buat. So, antri merupakan sifat disiplinnya orang-orang di Jepang. Kalo lo berniat liburan di sana lo harus bisa beradaptasi ya guys. Jangan saling menerobos lho.

4. Hidup Hemat

Kebiasaan hidup hemat memang sudah melekat pada diri orang Jepang. Oleh sebab itulah manajemen keuangan orang Jepang dikenal sangat baik dari berbagai negara. Di sana ada kebiasaan dimana kebanyakan orang akan berbelanja setelah jam setengah delapan malam. Why? Karena toko atau supemarket banyak yang memberikan diskon sampai 50% sebelum tokonya tutup. Wah, apa ngga berebut tuh buat dapetin barang diskon?

5. Budaya Malu

Budaya malu juga menjadi kebiasaan orang Jepang yang wajib buat ditiru. Malu merupakan budaya leluhur dan turun temurun bangsa Jepang. Salah satu budaya malu yang diterapkan ialah, orang Jepang lebih senang memilih jalan memutar daripada mengganggu pengemudi di belakangnya dengan memotong jalur di tengah jalan. Mereka juga akan merasa malu dengan lingkungannya, kalau mereka melanggar peraturan yang udah di buat. Nah, wajib ditiru nih!

6. Kerja Keras

Rata-rata jam kerja pegawai di Jepang adalah 2450 jam/pertahun. Dan ternyata sangat tinggi lho dibandingkan dengan Amerika (1957 jam/tahun), Inggris (1911 jam/tahun), Jerman (1870 jam/tahun), dan Perancis (1680 jam/tahun). Nggak heran ya kalau Jepang punya sifat dan kebiasaan pekerja keras.

7. Orang Jepang Bukan Gadget Freak

Seperti kita tahu, Jepang merupakan negara pengembang teknologi. Tapi, warga Jepang tetap mengetahui kapan dan di mana waktu yang tepat untuk bermain gadget. Tidak sedikit juga sekolah di Jepang yang punya aturan untuk melarang siswanya membawa gadget. Dan aturan itu berjalan dengan baik dan diterima oleh siswa tanpa ada yang melanggar.

8. Lebih Banyak Diam Saat Bekerja

Nah, kalo di Indonesia terkenal dengan “do less talk more”, di Jepang justru terkenal dengan “talk less do more”. Kebalik yah? Mereka akan berubah menjadi anti sosial saat bekerja. Karena bagi mereka waktu adalah uang.

Kalo kebiasaan orang Jepang bisa kita tiru setiap hari, Indonesia mungkin akan lebih maju ya?


Sumbs : Lentudei
0
3.1K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.