• Beranda
  • ...
  • Games
  • Review Game BGA - Medabots Metabee Version, Alternatif Pengganti Game Pokemon

ariesurya1988Avatar border
TS
ariesurya1988
Review Game BGA - Medabots Metabee Version, Alternatif Pengganti Game Pokemon



Dulu Medabots merupakan salah satu hiburan favorit yang ane bela-belain nonton di hari minggu. Ceritanya seru juga sih tentang robot mainan yang bisa diadu kek Pokemon gitu. Kalau sekarang mana ada lagi dah tayangan kartun kek gini, kebanyakan udah didominasi sama acara dangdut yang gak abis-abis durasinya emoticon-Busa

Berhubung lagi pengen nostalgia, kali ini ane pengen bahas salah satu game klasik GBA yang masih ane mainin sampe sekarang yaitu tentang game Medabots Metabee Version


FYI Medabots Metabee Version merupakan game yang sama dengan Medabots Rokusho Version, yang membedakan hanyalah Medabot pertama yang nanti agan pakai pertama kali walaupun nantinya agan masih tetap dapetin salah satu Medabot utama di game tersebut. 


Quote:


 

Story
Sebagai game dengan jalan cerita yang cukup absurd, agan akan memulai petualangan dengan cara yang cukup absurdjuga. Agan akan berperan sebagai Ikki, anak muda penggemar Medabot yang mendapatkan Medabot pertamanya setelah gagal membeli makan malam dan menggunakan uang dari ibunya untuk (dipaksa) membeli Medabot dari penjaga toko. Setelah kejadian ini, agan akan mulai menjalani petualangan sebagai seorang Medafighter dan menghadapi berbagai macam random battle sebagaimana game RPG kebanyakan.
 
Gameplay
Kalau dilihat, sekilas tampilan dalam game ini hampir tidak berbeda bila dibandingankan dengan game Pokemon. Pilihan Menu yang simple dan tampilan overhead perspective  jelas mencerminkan ciri khas dari game Pokemon yang udah sangat terkenal itu. Namun perbedaan paling signifikan baru akan agan rasakan nanti setelah mulai memasuki battle mode.
Quote:


Battle dalam game ini memiliki gameplay yang cukup unik. Battle berlangsung secaraturn based namun pertarungan seolah-olah berjalan nyata karena agan masih bisa melihat Medabot agan berjalan secara horizontal mendekati Medabot lawan sebelum melakukan serangan.
Quote:


 Menang atau kalah dalam pertempuran ditentukan oleh dua hal. 
Quote:


Spoiler for Gambar:


Quote:


Spoiler for Gambar:


Setelah menang agan akan mendapatkan reward berupa part Medabot lawan dan sejumlah experience tentunya. Sebaliknya bila kalah, maka agan juga harus pasrah kalau Medapart agan nantinya akan diambil oleh lawan.
 
Setiap medabot memiliki 5 part yang harus agan kumpulkan agar bisa digunakan. Masing-masing part memiliki fungsi yang berbeda tergantung jenis medabotnya. Ada yang berfungsi untuk memberikan damage kepada lawan dan ada pula yang hanya memberikan support ke teman. Di antara semua part yang ada, Medaladalah part yang paling langka, karena selain sebagai jiwa dari Medabot itu sendiri, Medal ini juga akan memberikan attribute tambahan dari setiap part Medabot. 
Quote:


Bagian terbaik dari Medal ini adalah agan bisa mengeluarkan Medaforcesebagai pengganti skill dari Medabot. Setiap Medal memang memang mempunyai medaforce yang unik dan berbeda dengan yang lainnya, namun kebanyakan hanya memberikan efek assist ataupun debuff.  Jadi sangat jarang ada Medal yang memiliki Medaforce yang dapat memberikan damage ke lawan.
Quote:


Di dalam game ini memang ada tersedia shopyang menyediakan part dari Medabot yang bisa agan jadikan koleksi. Tapi kalau saran ane cukup sering-sering aja lakuin "grinding"  atau banyakin random battle niscaya koleksi part agan bakalan nambah dengan sendirinya. Bahkan kalau agan mau bersusah payah dikit, setiap kali berhadapan dengan Boss atau musuh yang lebih kuat ada kemungkinan agan bisa dapetin part Medabot yang lebih langka dan eksklusif. Jadi kalau ane boleh bilang uang kayanya hampir gak kepake deh di game ini.
 
Walau memiliki jalan cerita yang cukup datar, ane sendiri sebenarnya bener-bener terhibur dengan jalan cerita yang ditawarkan di dalam game. Karena Medabots Metabee Version sendiri sepertinya juga mengambil jalan cerita yang sama dengan versi kartunnya. 

Belum lagi banyaknya adegan dan dialog kocak yang terjadi ketika agan harus menghadapi Geng Rubberrobo merupakan nilai plus tersendiri yang ane yakin bakal bikin agan ngakak guling-guling liatnya. Bagaimana mungkin coba ketika sekolahan sedang di kepung teroris, agan masih diperbolehkan masuk dengan alasan ingin mengambil PR yang ketinggalan di kelas. Benar-benar gokil wkwkwk. 
Quote:


Mungkin satu-satunya yang tidak menyenangkan dalam game ini adalah ketika harus melewati sebuah mini gameagar bisa melanjutkan jalan cerita. Seingat ane ada 2 jenis mini game yang cukup brutal sampe bikin minat ane buat namatin ini game hilang emoticon-Nohope. Salah satu yang ane masih ingat yaitu mini game yang ngajakin agan buat lomba lari pake Medabots. Kedengarannya seru ya, tapi bayangin coba agan harus dituntut mencetin tombol banyak-banyak buat bisa gerakin kaki Medabotnya, boro-boro menang jempol ane sampe bengkak kebanyakan mencetin tombol kuat-kuat.

Kesimpulan
Medabot Metabee Version sebenarnya bisa menjadi alternatif pengganti game Pokemon yang pas kalau agan pengen bermain game dengan genre yang sama tapi dengan nuansa yang berbeda. Fitur utama dari game ini tentu saja selain pertarungan antar Medabots juga keseruan "meracik"  Medabot agar sesuai dengan yang kita inginkan. Sayang skor tinggi game ini hampir ternoda dengan adanya mini game yang cenderung bikin frustasi pemainnya. 
0
5.7K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
GamesKASKUS Official
38.9KThread15.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.