Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wenyindAvatar border
TS
wenyind
Kesaktian Peci Hitam, Dipercaya Suku Bugis Sembuhkan Penyakit
Kesaktian Peci Hitam, Dipercaya Suku Bugis Sembuhkan Penyakit


SPORTOURISM –Peci hitam sudah menjadi identitas bangsa Indonesia, tidak sekedar digunakan sholat, namun untuk acara resmi lainnya. Sejak dipopulerkan oleh Presiden Soekarno, dunia internasional mengenal Indonesia dengan peci hitamnya.

Siapa sangka orang Bugis punya penghargaan lebih untuk peci hitam. Mereka mempercayai peci hitam bisa digunakan untuk menyembuhkan gatal-gatal yang disebabkan oleh gangguan makhluk halus.

Peci hitam diusapkan pada bagian yang gatal, konon akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Biasanya orang Bugis menyebut gatal aneh ini dengan nama Sumiminkang atau Sumiminkan.

Kesaktian Peci Hitam, Dipercaya Suku Bugis Sembuhkan Penyakit


Penyebabnya beragam, paling bikin merinding adalah orang yang terkena Sumiminkan. Karena telah menginjak sisa atau bekas darah orang meninggal di jalan. Peci akan lebih mujarab jika sering digunakan untuk sholat.

Meskipun teknologi sudah serba maju, siapa sangka hingga kini masih banyak yang menggunakannya ketika ada yang terkena Sumiminkan. Terutama, di desa-desa yang masih memegang tradisi nenek moyang. Pengobatan dengan media peci hitam sakti ini masih sering ditemui.

Namun tentu, juga dibantu beberapa pengobatan secara medis agar lebih mujarab penyembuhannya. Sebagian mengaku melakukannya hanya untuk menjaga tradisi, sedangkan yang lain percaya keampuhan cara kuno ini meskipun tidak terbukti secara medis.
Diubah oleh wenyind 13-03-2018 05:34
0
2.4K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.