carrpiratesAvatar border
TS
carrpirates
Kata anti-mainstream di lirik lagu Indonesia
Halo agan dan sista sekalian, semoga yang baru putus cepet move on. Makna - makna kiasan sering kali kita dapati dalam lirik - lirik lagu. Akan menjadi daya tarik sendiri ketika kata - kata tersebut mempunya makna yang dalam dan ketika ditafsirkan sesuai dengan kondisi perasaan sang penafsir. Tetapi kebanyakan, kata - kata kiasan tersebut menggunakan kata yang sering kita temui sehari - hari. Ada beberapa lagu lho yang menggunakan kata - kata anti-mainstream yang jarang kita dengar sehari - hari. Paling tidak ada tiga lagu yang ane ketahui menggunakan kata - kata anti-maintstream. Yuk, kita simak apa aja.



1. Agitasi dan Dogma [Cukup Siti Nurbaya - Dewa 19]



Lagu ini merupakan lagu yang hits pada jamannya. Lagu ini bercerita kalau cinta itu bukan melulu soal harta dan tahta. Ada kata agitasidan dogma pada lirik lagu ini. Cukup unik mendengar kata - kata ini karena jarang terdengar di kalangan mainstream. Agitasi sendiri berarti hasutan kepada orang banyak dan dogma berarti pokok ajaran (KBBI).

2. Ngelangutkan [Dinda Dimana - Katon Bagaskara]



Salah satu lagu yang masih hits sampai sekarang dari Katon Bagaskara. Bercerita tentang seseorang yang merindukan kekasihnya. Di lirik lagu ini terdapat kata anti-mainstream yaitu ngelangutkan. Tidak banyak orang yang tahu apa makna sebenarnya kata tersebut. Ada yang berpendapat kalau kata dasar dari ngelangutkan adalah langutyang berarti merasa rindu (KBBI). Jika benar begitu, mungkin ngelangutkan berarti membuat menjadi merasa rindu.

3. Ejawantah [Mari Bercinta - Sheila on 7]



Jika agan dan sista membayangkan kalau lagu ini mempunyai makna seperti lagu lain berjudul sama yang bikin adem panas, maka kalian salah besar. Mungkin lagu ini adalah salah satu masterpiece dari group band asal Yogyakarta tersebut. Symfoni yang begitu indah hadir dalam lagu tersebut. Dalam lirik lagu ini terdapat kata ejawantahyang jarang sekali kita dengar. Arti dari kata ejawantah sendiri adalah menjelma; menjadi berwujud (KBBI).

4. Sembilu [Zona Nyaman - Fourtwnty]



Kalau ngomongin musisi indie, Fourtwnty tidak akan lepas dari pembicaraan. Salah satu yang hits dari group musik ini adalah Zona Nyaman yang didapuk menjadi OST dari sekuel film Filosofi Kopi. Terdapat kata anti-mainstream sembiluyang berarti kulit buluh yang tajam seperti pisau (KBBI).

Update dari kaskuser yang budiman

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


***


Sekian dulu dari agan dan sista. Jika ada salah tolong dibenarkan ya. Ane hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa. Jika agan dan sista mau membenarkan atau menambahi silahkan sampaikan di kolom komentar. Terima kasih udah mau mampir.


Ane dengan senang hati menerima emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh carrpirates 13-03-2018 04:59
0
19.9K
83
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.