Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

deacon23Avatar border
TS
deacon23
PKS-Gerindra Dinilai Was-was Jika Demokrat Merapat ke Jokowi
PKS-Gerindra Dinilai Was-was Jika Demokrat Merapat ke Jokowi
Jokowi saat menghadiri Rapimnas Demokrat.

Jakarta - PKS dan Gerindra seolah tidak menerima sinyal Partai Demokrat yang akan merapat ke Jokowi untuk Pilpres 2019. PKS dan Gerindra dinilai khawatir terhadap manuver tersebut.

"Terkait PKS dan Gerindra terhadap manuver Jokowi, saya kira mereka tentu merasa khawatir juga bila Jokowi berhasil mendapat dukungan dari Demokrat.

Melihat manuver Jokowi yang aktif belakangan ketemu elite parpol, pada satu sisi ini menunjukkan Jokowi membutuhkan dukungan banyak parpol dan Jokowi tidak menganggap enteng pertarungan nanti," ujar Peneliti CSIS, Arya Fernandez saat dihubungi, Senin (12/3/2018) malam.

Sinyal merapatnya Demokrat ke Jokowi dinilai wajar mengingat keduanya tampak jarang berkomunikasi dengan Demokrat terkait Pilpres 2019. Arya mengatakan, justru koalisi PKS-Gerindra bisa bertambah jika PAN bergabung.

PKS-Gerindra Dinilai Was-was Jika Demokrat Merapat ke Jokowi

"Kalau menurut saya, dari sisi PKS dan Gerindra, mereka sebenarnya tidak banyak komunikasi dengan Partai Demokrat. Kalau Demokrat dengan Jokowi, PKS dan Gerindra justru tak perlu merasa kehilangan. Kecuali PAN misalnya," kata Arya.

Sebelumnya, kritikan ini dilontarkan PKS dan Gerindra. PKS menilai, PD tengah bermain tiga kaki.

"Demokrat dengan rapimnas kemarin menurut saya masih tetap mendua peluang... mentiga bahkan. Peluang beliau buat poros ketiga besar, peluang mendukung Jokowi dengan catatan AHY masuk, besar. Peluang gabung Pak Prabowo ada," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, Senin (12/3).

Sementara itu, Wasekjen Gerindra Andre Rosiade menyebut SBY dan Jokowi sedang bermain drama. Dia menyatakan ini saat memberi komentar soal interaksi Jokowi dan SBY di rapimnas Demokrat.

"Kita memang melihat bahwa dalam acara rapimnas PD dari Sabtu-Minggu, dua belah pihak memberikan sinyal untuk ingin bekerja sama, baik Pak Jokowi maupun Pak SBY, tapi itu kan drama di depan panggung," ujar Andre, Senin (12/3).

TKP
0
1.9K
27
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.