Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Istana Terkeren Di Dunia




Bicara istana pastinya penggemar zaman mediaval sangat minat dengan bentuk-bentuk istana kerajaan yang menawan. Memang kerajaan di Indonesia sendiri juga ada istana, namun tak banyak istana yang ditemukan, walau ada namun peninggalan tertua hanya sebuah candi.

Fungsi candi sendiri memang absurd apakah untuk tempat tinggal atau tempat sembahyang, maklum saja kalau itu berupa tempat tinggal mungkin candi itu hanya hiasan pastinya ada semacam ruangan-ruangan yang ditempati sang raja untuk beristirahat sejenak, layaknya sebuah istana raja di daratan eropa dan sekitarnya.

Berhubung artikel ini tentang istana, kita tinggalkan sejenak pembicaraan mengenai candi yang banyak terdapat di negeri ini khususnya pulau jawa.

Penasarankan bentuk istana yang keren di dunia itu seperti apa termasuk negeri ini, yuk kita intip sejenak kawan,

Istana Neuschwanstein, Jerman



Istana yang keren ini dibangun 1869 sampai 1886, ya kawan. Pada saat itu masih di bawah perintah Raja Ludwig II. Istana itu juga dikenal sebagai "Istana Sleeping Beauty." Lokasinya dekat desa Hohenschwangau dan kota Füssen, di negara bagian Bayern, dekat perbatasan Jerman-Austria. Bahkan pernah di tinggali Raja Ludwig II sendiri.

lstana Neuschwanstein sendiri terletak bukan di dataran rendah seperti kastil pada umumnya, namun letaknya berada di atas bukit yang menarik pemandangannya dan terlihat indah. Dari kaki bukit pun sudah terlihat jelas istana Neuschwanstein yang besar nan megah.



Nah karena istana ini memang terkenal di Jerman, hingga di jadikan ikon Disney maka jika kamu ingin berkunjung ke istana Neuschwanstein, kamu dapat membeli tiket yang dijual di kaki bukit.



Harganyapun tak mahal loh buat kalian yang hobi jalan-jalan berkisar 12 Euro atau setara dengan Rp. 172 ribu, atau kamu bisa membeli juga dalam bentuk paket seharga 23 Euro (Rp. 331 ribu) karcis terusan sekalian ke Istana Hohenschwangau yang letaknya berdekatan dengan istana ini.

Istana Buckingham, Inggris



Istana tempat tinggalnya ratu Inggris ini adalah tempat untuk peristiwa-peristiwa kenegaraan, tempat menyambut tamu negara, dan tempat kunjungan pariwisata. Seringkali ketika kerajaan ini dalam keadaan senang, krisis atau sedih, rakyat Britania Raya berkumpul bersama menikmati kehidupan, secara bersama-sama.



Bangunan ini sebelumnya dikenal dengan nama Buckingham House, bahkan gedung yang dipergunakan sekarang ini dan menjadi tempat kunjungan dari para wisatawan asing, sebenarnya adalah sebuah balai kota yang dibangun untuk Duke of Buckingham pada tahun 1703 dan diambil alih oleh George III pada tahun 1761 serta dijadikan sebagai rumah pribadi yang dikenal sebagai "The Queen's House". Bangunan ini sudah mengalami pengembangan dari sejak dibangun, secara dasar oleh arsitek John Nash dan Edward Blore, sehingga menghasilkan tiga gedung sayap tambahan dari halaman tengah.

Istana Buckingham kini menjadi tempat bagi Ratu Elizabeth II yang naik takhta sejak tahun 1952 untuk menerima tamu atau menggelar upacara kebangsawanan, dan istana ini kini menjadi ikon Inggris, yang keren dan sering dikunjungi.



Buckingham Palace pun akhirnya menjadi kediaman resmi dari keluarga kerajaan Britania Raya sejak pengangkatan Ratu Victoria pada tahun 1837. Penambahan venue yang terakhir dari gedung ini dibuat pada akhir abad ke-19 dan awal dari abad ke-20, termasuk di dalamnya bagian depan yang sering kita lihat sekarang dari Buckingham Palace.



Untuk kamu yang suka jalan-jalan pastinya tiket masuk ke Istana ini terbilang mahal, yakni 20,5 poundsterling per orang, setara dengan Rp 450.000 jika dikonversi dengan mata uang rupiah, wah siap-siap merogoh kocek lebih dalam lagi ya kawan.

Istana Basa Pagaruyuang, Indonesia



Salah satu peninggalan sejarah yang masih tersisa dari eksistensi kekuasaan Kerajaan Pagaruyung yang eksis sekitaran tahun (1500-1825)

Nah istana ini adalah sebuah istana yang keren dan megah tepatnya terletak di nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanah Tanjung Emas, Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar. Istana ini bernama resmi Istano Basa Pagaruyung yang berarti istana besar Kerajaan Pagaruyung.
Sesuai dengan namanya, istana ini mengabadikan kemegahan arsitektur dari pusat pemerintahan kerajaan.



Meskipun wujud yang berdiri megah sekarang ini bukanlah bangunan aslinya, alias replika namun berbagai detail ciri khas arsitektur yang dimilikinya masih sama seperti kondisinya di masa lampau.

Istano Basa Pagaruyung dahulu merupakan kediaman dari Raja Alam, sekaligus pusat pemerintahan dari sistem konfederasi yang dipimpin oleh triumvirat (tiga pemimpin) berjuluk 'Rajo Tigo Selo'. Sistem kepemimpinan ini menempatkan Raja Alam sebagai pemimpin kerajaan dengan dibantu dua wakilnya, yaitu Raja Adat yang berkedudukan di Buo serta Raja Ibadat yang berkedudukan di Sumpur Kudus. Kedua wakil ini memutuskan berbagai perkara yang berkaitan dengan permasalahan adat serta agama. Tetapi, jika suatu permasalahan tidak terselesaikan maka barulah Raja Pagaruyung (Raja Alam) turun tangan menyelesaikannya.



Istana ini memang merupakan replika dari bangunan asli yang dibakar Belanda pada tahun 1804. Bangunannya berbentuk sebuah rumah panggung berukuran besar dengan atap gonjong yang menjadi ciri khas dari arsitektur tradisional Minangkabau. Rumah panggung besar ini bertingkat tiga, dengan 72 tonggak yang menjadi penyangga utamanya. Terdapat 11 gonjong atau pucuk atap yang menghias bagian atas dari bangunan ini. Seluruh dinding bangunan ini dihiasi oleh ornamen ukiran berwarna-warni yang secara total terdiri dari 58 jenis motif yang berbeda.

Sebagai sebuah istana kerajaan, masing-masing tingkat dalam bangunan ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Tingkat paling bawah merupakan tempat aktivitas utama pemerintahan berupa sebuah ruang besar yang melebar dengan area khusus sebagai singgasana raja di bagian tengahnya. Di sisi kiri dan kanan ruangan terdapat sebuah ruangan kamar. Di bagian belakang singgasana terdapat tujuh buah kamar sebagai tempat bagi para putri raja yang telah menikah.



Tingkat kedua dari bangunan merupakan ruang aktivitas bagi para putri raja yang belum menikah. besarnya ruangan ini sama dengan besar ruangan utama di bawahnya. Ruangan yang teratas merupakan tempat raja dan permaisurinya bersantai sambil melihat kondisi di sekitar istana. Ruangan ini disebut anjung peranginan, yang posisinya terletak tepat dibawah atap gonjong yang berada di tengah bangunan atau disebut juga gonjong mahligai. Di ruangan ini terdapat sejumlah koleksi senjata pusaka asli kerajaan yang masih tersisa, diantaranya tombak, pedang, dan senapan peninggalan Belanda.

Bangunan asli dari istana ini awalnya berlokasi di Bukit Batu Patah. Setelah insiden tahun 1804 istana ini didirikan kembali, tetapi terbakar habis pada tahun 1966. Pada 27 Desember 1976 namun pada 2007 tersambar petir dan terbakar kemudian di pugar kembali, karena bahan materialnya yang memang mudah terbakar.



Nah untuk kalian yang suka jalan-jalan, mampirlah ke tanah minang untuk menyaksikan kerennya istana inj, tiketnyapun sangat murah paslah dengan kantong anak kostan, yaitu
Dewasa Rp7000.
Anak-anak Rp5.000.
Wisatawan Mancanegara Rp12.000.
Anak-anak Wisatawan Mancanegara Rp10.000.

Istana Topkapi, Turki



Istana Topkapi di Turki, terletak di selat Bosforus sebagai saksi kejayaan serta tragedi terbesar dalam sejarah Kesultanan Usmaniyah (Ottoman). Meski sekarang telah berubah fungsi menjadi sebuah museum, tetapi kurang dari satu abad lalu tempat ini merupakan kediaman Sultan, selir-selir serta para pelayan setianya.



Istana yang keren tersebut dibangun di Istanbul antara 1466 dan 1478 M atas perintah Sultan Mehmet II. Setelah menaklukkan kota tersebut pada tahun 1453, dia membutuhkan sebuah tempat yang layak untuk dihuninya. Topkapi didirikan di atas reruntuhan kuno para kaisar Bizantium. Hal ini guna menunjukkan kelanjutan dari kekuasaan dan kemuliaan negara. Menjelang akhir abad ke 15, istana ini menjadi tempat hunian utama bagi para sultan.



Dalam bahasa Turki, "Topkapi" berarti Gerbang Meriam. Nama tersebut diambil dari meriam-meriam besar yang ditampilkan di depan gerbang istana. Meriam inilah yang digunakan ketika merebut kota Istanbul yang dahulu dikenal sebagai Konstantinopel.



Pada tanggal 3 April 1924, diputuskan bahwa Istana Topkapi dialihfungsikan menjadi sebuah museum, dan menjadi yang pertama dalam sejarah Republik Turki. Letak istana dekat di bagian tengah kota, tidak jauh dari Mesjid Suleymaniye dan Mesjid Biru, dekat selat Bosforus.

Untuk harga ttiket masuk ke dalam Istana adalah 30 TL, dan untuk masuk ke Istana Harem harus membeli tiket lagi seharga 15 TL.


Istana Firaun, Mesir



Istana Firaun, sendiri bertempat di Mesir dan peninggalannya masih ada hingga kini. Firaun sendiri adalah julukan untuk raja-raja Mesir, ketika itu.



Nebkheperure Tutankhamun atau Tutankhamun, kadang dieja dengan Tuten, amen atau amon, adalah Firaun dari Dinasti Kedelapanbelas Mesir (memerintah 1333 SM – 1324 SM), pada masa yang disebut Kerajaan Baru Mesir. Nama aslinya, Tutankhaten, berarti “Jelmaan hidup Aten”, sedangkan Tutankhamun berarti “Jelmaan hidup Amun”. Pada tahun 1922, makamnya ditemukan oleh Howard Carter dan sejak itu Tutankhamun menjadi ikon populer dari peradaban Mesir Kuno.

Berada di Kota Luxor yang merupakan pusat pemerintahan Firaun di Mesir. Terletak sekitar 670 Km di sebelah Selatan Kairo, kamu dapat menyusuri berbagai peninggalan Firaun di kota yang disebut sebagai museum terbuka terbaik di dunia.



Disebut juga daerah Upper Egypt. Luxor atau dalam bahasa Arab disebut Al-'Uqsur adalah kota kuno Thebes yang merupakan ibukota Mesir periode Middle Kingdom (2040-1750 SM) dan periode New Kingdom yaitu sekitar 1550-1077 SM.

Tutmosis, Amenhotep, Ramses, Tut An Khamun adalah beberapa Fir'aun (raja) yang berkuasa pada masa itu. Konon, nabi Musa As hidup pada periode Middle Kingdom, masa pemerintahan Ramses II pada periode middle kingdom.



Di Luxor kita juga akan disuguhi keajaiban Valley of the King dan Valley of the Queen. Inilah perbedaan necropolis era new kingdom dan era old kingdom. Untuk masuk ke pemakaman para firaun sendiri ada biaya tiket masuk seharga 150 EgyptianPounds.


Itulah beberapa istana keren di dunia, bagaimana tertarik mengunjunginya ?? Jangan lupa seruupuutt dolo dan nantikan thread istana keren selanjutnya.

emoticon-coffee



Source

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Istano_Basa

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kast...Neuschwanstein

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Istana_Buckingham

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Ista...a_Topkap%C4%B1





Diubah oleh c4punk1950... 07-03-2018 05:53
0
14K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.