Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

powerpunkAvatar border
TS
powerpunk
Saat "Alay" Sudah Menjadi Kebutuhan

HOT THREAD KE 148
*12 Maret 2018*






Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi




Alay a.k.a anak layangan. Menurut pengertian yang di sadur dari Wikipedia, alay memiliki makna sebuah istilah yang merujuk pada sebuah fenomena perilaku remaja di Indonesia. Alay sendiri menggambarkan stereotipe negatif seperti norak, kampungan, dan bergaya berlebihan (lebay) yang tujuannya untuk menarik perhatian orang di sekitarnya.

Dalam kehidupan sehari - hari sering kita jumpai tipe orang seperti ini. Di media sosial anak alay akan menulis dengan gaya tulisan yang 4l4y dan susah di mengerti oleh orang biasa. Sedang di kehidupan nyata, kita bisa melihat fenomena alay sering menghiasi layar kaca sebagai penonton bayaran. Dengan gaya kucek jemur, mereka bisa eksis tampil di tivi dan juga mendapat bayaran yang tak sedikit. Syaratnya hanya satu, mereka harus tampil heboh dengan gaya yang unik dan menarik saat acara berlangsung.


Fenomena alay sendiri ternyata tak hanya terjadi di Indonesia, di beberapa negara lainnya fenomena semacam ini juga ada. Di latar belakangi oleh keinginan di akui sebagai sebuah kelompok, alay bagaikan virus yang terus berkembang. Anak muda yang melihat seorang alay, ada kemungkinan ia akan tertular menjadi alay juga.

Tak hanya itu, acara yang di gawangi oleh para artis alay juga begitu di gandrungi oleh pemirsa tanah air kita. Padahal, acara - acara seperti ini kebanyakan kualitasnya ampas. Nggak ada unsur edukasinya sama sekali dan hanya mengejar rating semata. Seperti halnya para penonton bayaran, para artis pun terkadang juga menjadi alay karena kebutuhan.


Beberapa saat yang lalu, mantan pesulap kenamaan, Deddy Corbuzier juga menyindir artis dan acara alay yang hingga kini masih banyak bertebaran di layar kaca kita. "Kenapa artis alay tambah banyak? Itu pertanyaan banyak masuk ke gue. Dan yang kedua, bisakah artis alay jadi berkelas? Gue jawab dulu yang kedua, jawabannya enggak bisa," ucap Deddy pada video yang di post di Instagram.

Dugaan nitizen, artis alay yang di maksud pembawa acara berkepala pelontos ini mengarah pada Chika Jessica. Seperti yang kita ketahui, Chika pernah di kabarkan dekat dengan Deddy Corbuzier. Ia juga menjadi co - host di acara yang sama, Hitam Putih. Namun jika kita lihat acara Hitam Putih sekarang, sosok Chika Jessica sudah tidak lagi ada di acara ini. Sebuah postingan nitizen dengan akun @sriwahyuninggsih, membeberkan hubungan antara Deddy dan Chika ini.


Deddy memang terkenal dengan pernyataannya yang nyelekit jika terkait alay. Ia bahkan di sebut - sebut pernah melarang Chika untuk tampil di acara - acara alay. Tapi oleh ibunya, Chika tetap di minta untuk mengisi acara alay tersebut karena untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.
"Eh ketahuan sama ibu nya kalo dia gak mau ambil pesbuker sama sketsa gara gara si Om.. Ngamuk deh ibu nya di lokasi Shooting HP.. Sampe sampe si CK di suruh keluar dari HP ga boleh ktm si Om lagi soalnya katanya si Om ngatur CK.." tulis akun @sriwahyuninggsih.

Entah sindiran itu di tujukan untuk mantan partnernya atau bukan, tapi yang pasti kita bisa tahu, tak hanya penonton yang menjadikan dirinya alay karena kebutuhan hidup, tapi artisnya pun demikian. Dan tanpa di sadari, fenomena acara dan artis alay ini juga begitu di gemari oleh sebagian besar masyarakat kita.


emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star



Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur : Ini dan Ini
Sumur Gambar : Om Google




Diubah oleh powerpunk 12-03-2018 09:59
0
11.6K
104
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.