Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

malaskerjaAvatar border
TS
malaskerja
Sempat dijarah warga, penyelundupan 20 ton balpres digagalkan
Sempat dijarah warga, penyelundupan 20 ton balpres digagalkan

Sempat dijarah warga, penyelundupan 20 ton balpres digagalkan

Sempat dijarah warga, penyelundupan 20 ton balpres digagalkan

Dua unit kapal bermuatan ribuan balpres (pakaian bekas) yang ditaksir seberat 20 ton lebih diamankan tim gabungan Polres Deliserdang, Bea Cukai dan TNI AL Lantamal I Belawan di tepi Sungai Sei Tuan, Dusun II Desa Sei Tuan, Kec Pantai Labu, Deliserdang, Minggu (4/3).

Ribuan bal pakaian bekas atau lebih dikenal pakaian monza asal Malaysia itu akan diselundupkan ke sejumlah daerah di Sumatera Utara.

Selain mengamankan dua kapal, yakni KM Bintang Terang II GT.50.No.4328.PPb dan KM Binta Terang Abadi GT.50.No.5438.PPb, petugas tim gabungan juga menyita 16 unit truk Colt Diesel yang digunakan untuk mengangkut via darat.

Informasi diperoleh, diamankannya kedua kapal penyelundup balpres berawal dari informasi masyarakat. Informasi tersebut segera ditindaklanjuti Polres Deliserdang yang berkoordinasi dengan Bea Cukai dan Lantamal I Belawan menuju lokasi.

Namun setiba di lokasi, nahkoda dan anak buah kapal (ABK) kedua kapal tersebut serta para sopir truk sudah keburu kabur. Diduga mereka tahu akan ditangkap sehingga memilih kabur ke arah hutan mangrove.

Warga sekitar sempat menjarah beberapa bal berisi sepatu, tali pinggang, selimut dan pakaian bekasa yang sudah dimuat ke dalam truk. Petugas pun terlihat kesulitan untuk melarang warga agar tidak menjarah.

Tim gabungan kemudian menurunkan dua ekor anjing pelacak untuk memeriksa isi kapal. Namun petugas tidak menemukan barang terlarang semisal narkoba. Sekira pukul 14.00 WIB, petugas TNI AL membawa 16 truk pengangkut balpres ke Belawan.

Namun sebelum meinggalkan lokasi, tim gabungan sempat berdebat dengan warga sekitar agar sebagian bal balpres ditinggalkan di lokasi untuk dibagi-bagikan. Setelah dijelaskan petugas jika balpres itu adalah ilegal dan disita negara maka, warga berangsur meninggalkan lokasi.

Diperoleh informasi, kedua kapal bermuatan ribuan bal balpres tersebut berangkat dari Penang, Malaysia sekira tiga atau empat hari lalu.

Kapolres Deliserdang, AKBP Eddy Suryantha Tarigan, melalui Kasat Reskrim AKP Ruzi Gusman yang ditemui di lokasi menerangkan, jika pihaknya hanya membantu pengamanan. “Untuk penyelidikan dilakukan oleh pihak Bea Cukai dan Lantamal I Belawan. Jadi kita hanya mem-backup saja,” tukas Ruzi Gusman.

Dia menegaskan, jika kedua kapal berikut 16 unit truk Colt Diesel sudah diamankan ke Belawan. “Semua barang bukti dibawa ke Belawan termasuk kedua kapal,” pungkas Ruzi.

http://www.metro24.co/ck/sempat-dija...es-digagalkan/

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Propinsi sumut, propinsi multietnik dan toleran dgn tingkat kriminalitas, penjarahan, pembunuhan, pembegalan tertinggi di seluruh Indonesia emoticon-Toast

Disertai dengan tingkat keamanan terendah minus di bawah nol untuk ibukota nyah emoticon-Ultah

[URL="https://S E N S O Rb9YxBUbmgw"]Petisi GBHN[/URL]
0
2.2K
17
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.