Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

akubukankipliAvatar border
TS
akubukankipli
Musik dan Sepak Bola Indonesia

Credit: Tribunnews


Garuda di dadaku.. Garuda kebanggaanku..
Ku yakin hari ini pasti menang!!

Sebuah potongan lirik lagu yang rasanya sudah sangat familiar bagi semua masyarakat Indonesia, bukan cuma pencinta sepak bola. Sebuah lagu yang hampir pasti terdengar kala Tim Nasional Indonesia berlaga, dan kemudian semakin dipopulerkan oleh band Netral pada 2009 lalu.

Mengambil momen Hari Musik Nasional yang jatuh pada 9 Maret, saya merasa ada kaitan yang cukup erat antara musik dan sepak bola. Contoh nyatanya ada pada yang saya sebutkan di atas.

Bayangkan, ketika Anda menyaksikan sebuah pertandingan sepak bola secara langsung, tak ada nyanyian atau chants dari tribun-tribun megah di stadion tersebut? Apakah masih nikmat? Saya rasa tidak.


Credit: Tribunnews

Nyanyian dan chants yang diteriakkan para suporter sudah pasti membakar semangat para pemain yang berlaga di lapangan. Tidak jarang juga hal tersebut menjadi hiburan tersendiri bagi para penonton lain yang duduk lebih nyaman di kursi VIP atau VVIP.

Musik dan sepak bola, khususnya di Indonesia, bukan cuma sekadar nyanyian-nyanyian di tribun stadion saat pertandingan berlangsung. Tapi lebih dari itu. Contoh nyatanya, apa yang telah dilakukan dua grup musik legendaris Indonesia, Padi dan Sheila On 7.

Sebuah lagu dari Padi yang berjudul “Work of Heaven” menjadi salah satu lagu resmi Piala Dunia 2002 yang ketika itu digelar di Korea dan Jepang. Kalau saya tidak salah, itu adalah pertama kalinya ada musisi Indonesia yang mengisi album lagu resmi turnamen sepak bola paling akbar di dunia.


Credit: Viva

Langkah padi kemudian diikuti oleh Sheila On 7. Empat tahun kemudian, salah satu lagu band asal Yogyakarta tersebut yang berjudul “Pemenang” juga masuk dalam album untuk Piala Dunia. Tentu menjadi sebuah kebanggaan bisa berpartisipasi di Piala Dunia, meski bukan dari sisi sepak bola.

Meski berada di sisi yang bisa dikatakan bersebrangan –sepak bola merupakan olahraga dan musik adalah seni- tapi kedua hal tersebut tidak sepenuhnya bertentangan. Selamat Hari Musik Nasional, dari saya yang seorang penggemar sepak bola!

*****


Click for another thread
0
10.7K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.