Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gnegusAvatar border
TS
gnegus
Hati2 Modus Penipuan (Buat yg lagi bangun rumah)
Selamat siang,
Sblmnya maaf mungkin trit ini salah kamar, tapi saya rasa perlu saya share disini supaya para pelaku bisnis konstruksi, suplier, aplikator dan owner/pembangun rumah supaya lebih berhati2.
Ini pengalaman saya sendiri bbrp hari yg lalu, kebetulan saya adalah aplikator untuk pekerjaan kusen alumunium & kaca.

Ceritanya sktr hari selasa, tgl 2 feb kmrn ada dua orang datang ke toko saya bawa gambar untuk pek. Alumunium satu rumah. Dia ngaku ditugasin sm omnya yg pemborong untuk cari kusen alumunium.

Krn kebetulan saya ada janji saya bilang penawarannya br bisa saya sampaikan esoknya.

Besoknya dia telp saya tanya harga, sbnrnya kebiasaan saya kasih perincian harga klo gk by email, sms/wa ato saya sampaikan langsung beserta gambar biar tidak missed/salah paham, nah ini dia sprti terburu2 minta harga langsung by phone, ya udah saya sampaikan langsung dan nego. Saya mikir paling ntar klarifikasi design, survey dll bisa sambil jalan/belakangan ada perjanjian perubahan harga jg. Stlh itu saya sdh lupa, paling klo jd nanti hubungi lagi..

Bbrp hari kemudian tiba2 dia telp, pekerjaan deal, klo bisa besok kirim barang soalnya sdh janji sm yg punya rumah katanya, dan material hrs dirakit dilokasi krn permintaan yg punya rumah untuk memastikan speknya tidak dirubah. OK gpp, saya minta DP dulu 30%. Dia bilang saya kasih tanda jadi dulu malam ini 500rb, besok klo material sdh smp lokasi digenapin jadi 30%. Ok gk mslh deal..

Disini saya sbnrnya agak heran jg kok langsung deal, yg lbh saya khawatirkan sbnrnya lebih ke design, sdh fix atau blm bkn mslh term pembayaran. Saya sdh biasa sbnrnya barang kirim baru DP, krn bbrp customer kan jauh2 dr toko saya, ya klo customer ragu2 ya saya anggap wajar, gk mslh barang smp baru DP, apalagi dikasus ini material msh mentah, toh klo gk jadi ato gmn saya msh dpt 500rb dan material msh utuh, msh bisa dijual lg (pikir saya).
Singkat cerita saya sanggupi kirim material besok dan langsung dikerjakan dilokasi krn kebetulan ada stok dan ada tukang. Saya tidak ikut ke lokasi krn ada kerjaan lain. Smp dilokasi ternyata yg punya rumah tidak cocok warnanya, saya gondok bgt soalnya sblmnya sdh saya jelasin detil2 alumunium, saya kasih sample dan dia sdh cocok... Langsung saya telp yg pesan tadi dan dia minta2 maaf, dan mau tambah harga lagi buat proses coating/cat material.. Oklah gpp... Sabar... Saya kasih harga baru, deal tanpa penawaran, saya pikir mungkin dia ngerasa bersalah..

Bbrp hari kemudian proses coating selesai, material langsung dibawa ke lokasi, tp kemudian dibawa lagi sm sopir + tukang saya ke toko, katanya dilokasi listrik tidak kuat, yg punya rumah sdh tau dan gpp dikerjakan di workshop saya..

Oklah... Nah perjanjian awal kan barang smp di lokasi, DP dikasih 30%, krn saya merasa barang sdh smp di lokasi saya telp orang yg pesan tadi. Katanya msh perjalanan ke arah proyek, baru bisa kasih DP ntar sore, langsung mampir ke toko... Aduh transfer kan bisa pikir saya, tp ya udahlah, kyknya gk mungkin boong, proyek ada, yg punya rumah ada, yg borong jg ada.. Akhirnya tukang saya lanjut dikerjakan...

Sorenya gk bisa dihubungi, malemnya dia sms minta maaf, besok pagi br bisa kasih DPnya krn hujan bla2.... Saya tidak bales..

Subuh2 saya sms, klo pagi ini tidak ada DP saya stop kerjaan. Sktr jam 8 telp katanya tidak bisa kasih krn yg punya rumah maunya dipasang dulu semua baru dibayar.. Wah saya bilang ya gk bisa gitu, saya tidak ada hubungan sm yg punya rumah, terserah dia mau bayar ato tidak ya kamu yg bayar saya. Iya saya usahakan katanya...

Nah dr sini saya sdh merasa ada yg gk beres, saya gk mau kejar2 dia lagi, saya mau ketemu langsung sm omnya yg pemborong ato yg punya rumah.

Smp dilokasi saya ketemu dgn pemborong rumahnya, trs saya tanya, dia bilang klo kusen bkn saya yg pesan tp yg punya rumah langsung.. Wah ini jelas penipuan pikir saya. Saya cari yg punya rumah, saya tanya sdh serahin uang blm bu, dia bilang sdh 60% dr nilai kerjaan malah.. Si ibu langsung nangis2 begitu sadar ini penipuan, si ibu ini tidak mengerti apa2 dia cm percaya sm mandornya saja, dan si mandor yg prngalaman ini aneh jg harga tidak masuk akal ttp direkomendasikan tanpa curiga, alumunium 4" finish PC dijual 50rb/mtr.

Kasian bgt, saya rugi, waktu, bayar tukang, sm material yg sdh terlanjur dirakit dan semua msh utuh diworkshop saya, walau nantinya mungkin agak sulit buat dijual lg krn warnanya yg khusus, tp si ibu ini sdh jelas langsung rugi kehilangan duitnya.

Ya begitulah para agan sekalian, saya gak tau ini modus lama ato tidak, tp saya baru pertama mengalami. Modusnya, dia door to door ke proyek2 perumahan, mengaku sales produk2 tertentu (dikasus ini dia mrnawarkan baja ringan dan alumunium). Ada kwitansi perusahaan (entah bodong atau nyatut). Harga yg ditawarkan sangat murah dan tidak masuk akal supaya si punya rumah setuju. Setelah deal dgn yg punya rumah dia cari suplier/aplikator yg mau barang dikirim ke lokasi baru kasih DP. Yg trkhr ini saya terus terang sering bgt sperti itu, terutama ke customer yg baru kenal, dan saya pikir wajar, tp setelah kejadian ini ya pastinya saya lbh selektif dan berhati2 lagi.
Setelah dpt suplier/aplikator dan barang smp dilokasi dia coba ulur2 waktu kasih DP ke suplier/aplikator sembari dia menagih ke yg punya rumah, DP dapet hilang deh..

Ini pengalaman saya gan.
Oya ini nmr telp pelaku, 082311307817, naik motor berdua, msh muda bgt, yg satu putih, yg satu agak hitam, anak padang, kmrn menipu di daerah pondok rangon-cibubur.
Siapa tau ada yg menghubungi agan disini supaya lbh berhati2. Saya sih tidak bernafsu bgt pengen nemuin anak ini, saya anggap kasus ini pelajaran, pengalaman, tp ya klo misalnya bisa ketemu lagi, maulah sedikit olah raga... emoticon-Big Grin
Diubah oleh gnegus 09-02-2016 08:10
tata604
tata604 memberi reputasi
1
10.3K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Arsitektur
ArsitekturKASKUS Official
3.3KThread1.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.