Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

froyeAvatar border
TS
froye
Deep Fake, Cara Memanipulasi Informasi?
Quote:



Gambar: ABC.com (dari ABC News:Supasorn Suwajanakorn)


Ada yang sudah mengenal deep fake?
Deep fake secara kasar dapat diartikan sebagai kepalsuan yang dalam. Deep fake yang saya tahu terjadi pada suatu video.  Bila kalian pernah mencoba aplikasi swap face, deep fake sebenarnya mirip seperti swap face akan tetapi deep fake memiliki hasil yang lebih mulus dan sangat sulit untuk megetahui keaslian video tersebut. Selain wajah, pada deep fake, suara pun dapat dipalsukan. Di bawah ini terdapat contoh dari sebuah video deep fake.
Spoiler for Contoh Deep Fake:

 
Dua video yang berbeda dengan perkataan/ suara yang sama. Dengan deep fake kita bisa mendapatkan orang “asli” dalam video palsu. Bahkan kita dapat mengotrol perkataan apa yang akan keluar dari mulut seseorang dari sebuah video dengan sangat “mulus”. Di bawah ini terdapat sebuah video yang menjelaskan bagaimana deep fake bekerja dan bagaimana proses untuk membuat sebuah deep fake.
Spoiler for Cara Kerja Deep Fake:


Bagi saya pribadi deep fake ini bisa dijadikan sebagai hiburan saja. Tetapi tidak bagi sebuah pemerintahan. Di negara-negara maju sana seperti Amerika atau Rusia, terungkapnya teknologi deep fake ini menjadi kan kepercayaan terhadap pemerintah dapat semakin berkurang.  Menjadi persoalan adalah apakah teknologi ini sudah dimiliki oleh badan-badan pemerintahan sebelum terungkap saat ini. BIla ya, maka ada kemungkinan banyak informasi palsu yang disebarkan oleh pemerintahan Amerika contohnya untuk mengontrol warganya, atau bahkan untuk mengontrol dunia.

Bila teknologi ini sudah dimiliki sejak lama, mungkin sebagai contoh ada kemungkinan video dari interview Osama Bin Laden oleh John Miller adalah video palsu yang mengunakan deep fake,,  Video yang dibuat untuk mengontrol ketakutan dunia atau warga Amerika khususnya.  Well, itu masih berupa kemungkinan dan opini, kita tak akan pernah tau sebelum mereka yang terlibat memberikan penjelasan terkait setiap informasi yang disebarkan.

Segala sesuatu di dunia ini memiliki dampak positif dan negatif, tinggal bagaimana kita memanfaatkan hal tersebut, dan yang paling pasti kita harus lebih berhati-hati dalam menerima suatu informasi. Perlu kajian yang lebih untuk mengetahui informasi tersebut asli atau hanya sekedar Hoax.

Spoiler for Referensi:


Quote:
Diubah oleh froye 08-03-2018 02:41
0
20.1K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.