Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dybala.maskAvatar border
TS
dybala.mask
Nama Baik Republik Dipertaruhkan
Rabu, 7 March 2018

PEKERJAAN proyek trotoar Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, diperkirakan masih menggantung ketika perhelatan Asian Games digelar pada Agustus 2018. Dari total 13,2 kilometer (dua sisi) yang direvitalisasi, hanya 5 kilometer dipastikan rampung.

Arsitek PT Arkonin yang merancang penataan trotoar Sudirman-Thamrin, Achmad Noerzaman, menjelaskan sisa waktu lima bulan tidak cukup untuk menyelesaikan trotoar secara menyeluruh.

Area yang diperkirakan bisa selesai tepat waktu terbentang dari Patung Pemuda Membangun, Senayan, hingga jalan layang Karet. Panjangnya sekitar 2,5 km (satu sisi) atau 5 km untuk kedua sisi jalan.

Meski pekerjaan fisik dimulai bersamaan, area Senayan hingga Karet menjadi prioritas karena lokasinya berdekatan dengan Gelora Bung Karno yang menjadi salah satu gelanggang Asian Games. "Dari Karet sampai Patung Kuda, kira-kira September baru selesai karena jalurnya lebih panjang," papar Achmad di Balai Kota Jakarta, kemarin.

Area lainnya, dari Karet hingga Bundaran Patung Kuda diperkirakan selesai pada September 2018 atau setelah perhelatan Asian Games. Namun, Achmad menjamin saat Asian Games, area trotoar tersebut telah sampai pada tahap finishing seperti pemasangan lantai. "Semua jalan sudah rapi sebelum Asian Games. Maksudnya semua jalan sudah lurus-lurus. Bongkar-bongkar enggak ada lagi," imbuhnya.

Di lain pihak, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Yusmada Faisal meyakini masih bisa selesai. Apalagi pembongkaran separator sudah dimulai Selasa (6/3). "Lima bulan ke depan kita akan all-out menyelesaikan dengan dikelola tiga perusahaan," papar Yusmada.

Desain baru bikin molor
Pekerjaan fisik revitalisasi trotoar telah molor dari target. Itu seharusnya dimulai awal pada Desember 2017, tetapi Gubernur DKI Anies Baswedan meminta desain direvisi sehingga waktu terbuang selama tiga bulan (Desember 2017-Februari 2018).

Akibatnya, sosialisasi dan pekerjaan fisik mundur dari target. Meski demikian, Anies memerintahkan agar pengerjaan trotoar selesai sebelum Asian Games. "We better get it done before Asian Games. Nama baik Republik dipertaruhkan di sini. Kerjakan all-out, sampai dini hari diawasi," tegasnya.

Trotoar di Jalan Sudirman-Thamrin sepanjang 6,6 km (atau 13,2 km di dua sisi) direvitalisasi dalam rangka menyambut Asian Games. Sumber dananya berasal dari sisa kompensasi koefisiensi lantai bangunan pembangunan Simpang Susun Semanggi.

Ada tiga perusahaan yang terlibat dalam pekerjaan fisiknya. PT Mitra Panca Persada bertanggung jawab dari titik Patung Pemuda Membangun Senayan hingga Kali Krukut, Dukuh Atas.

PT Keppel Land mengerjakan dari titik Kali Krukut, Dukuh Atas, hingga Patung Kuda Arjuna Wiwaha. PT MRT Jakarta mengerjakan enam titik stasiun sepanjang Sudirman-Thamrin, atau sepanjang 1,2 km. (Nic/J-2)

http://www.mediaindonesia.com/news/r...kan/2018-03-07
0
1K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.