Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Kuliner Belanda Yang Diadopsi Indonesia, Apa Saja itu...


Kuliner Indonesia memang beragam jenisnya, setelah lama melihat-lihat dan semedi sambil mengucapkan kata "gembelngehe" 3x tercetuslah ide untuk membuat thread ini, maklum saja momod kuking yang satu itu memang menggemaskan. Momod yang biasa wara wiri berbagai pameran kuking, walau lelaki gagah ia bisa masak loh, idaman para sista nih..emoticon-Big Grin

Ok kita tinggalkan cerita momod kuking yang unyu-unyu itu, sekarang kita masuk ke inti dari artikel, yaitu kuliner Belanda yang di adopsi oleh Indonesia.

SEMUR

Kuliner Belanda Yang Diadopsi Indonesia, Apa Saja itu...

Semur yang kita kenal biasanya hidangan daging rebus yang diolah sedemikian rupa dalam kuah berwarna coklat pekat yang terbuat dari kecap manis, bawang merah, bawang bombay, pala dan cengkeh. Penggunaan kecap manis yang terbuat dari kedelai hitam adalah bahan paling penting dalam proses pembuatan semur karena berfungsi untuk menguatkan cita rasa, dan warna pekat pada kuah.

Sejarah semur sendiri akibat Interaksi antara masyakat Belanda dan Indonesia terutama dalam pengolahan makanan juga turut mengembangkan cita rasa semur. Makanan yang pernah dijadikan sebagai menu utama dalam perjamuan bangsa Belanda ini berasal dari kata ‘smoor’ (bahasa Belanda) menjadi ‘semur’ (bahasa serapan). ‘Smoor’ dalam bahasa Belanda berarti masakan itu telah direbus dengan tomat dan bawang secara perlahan. Salah satu buku resep tertua dan paling lengkap mendokumentasikan resep masakan di Hindia Belanda, Groot Nieuw Volledig Oost-Indisch Kookboek yang terbit pada 1902, memuat enam resep semur (Smoor Ajam I, Smoor Ajam II, Smoor Ajam III, Smoor Bandjar van Kip, Smoor Banten van Kip, Solosche Smoor van Kip). Buku ini menegaskan bahwa smoor yang kemudian dilafalkan sebagai semur adalah masakan yang dikembangkan di dalam dapur Indis, kaum peranakan Eropa. Ketika itu, orang Eropa yang bisa memasak dengan rempah-rempah terutama rempah di asia dianggap sebagai kalangan aristokrat. Hidangan semur ini diterima dengan baik oleh lidah kaum priyayi Belanda, dan menjadi menu rijsttafel.

Walau tidak adopsi secara langsung semur merupakan pengembangan hidangan tradisional Belanda yang bernama hachee. Hachee sendiri merupakan hidangan daging rebus yang dipotong-potong, kadang-kadang juga menggunakan ikan, burung, dan sayuran. Bumbu dasarnya adalah bawang dan rasa asam (biasanya didapat dari cuka atau wine). Cengkeh dan daun salam lalu ditambahkan ke dalam kuah kaldunya yang kental. Hachee kelak menjadi trigger untuk hidangan semur, dengan bahan khas rempah Indonesia.

SUP BRENEBON

Kuliner Belanda Yang Diadopsi Indonesia, Apa Saja itu...

Hidangan sup ini dibuat dari kacang merah dan sayuran yang disajikan dalam kuah kaldu daging, dengan campuran bumbu sup pada umumnya seperti bawang putih, merica dan bumbu-bumbu lain.
Masakan ini berasal dari pengaruh masakan Belanda yang diadopsi oleh masyarakat Indonesia bagian timur. Nama "brenebon" merupakan pengucapan lokal Manado yang berasal dari Bahasa Belanda, yaitu bruine bonen; bruine berarti "warna coklat", sementara bonen berarti "kacang", maka bruine bonen berarti "kacang merah".

Yang membedakannya Sup Brenebon bekuah bening, sementara bruine bonen terlihat kental, dengan campuran krim.


PERKEDEL

Kuliner Belanda Yang Diadopsi Indonesia, Apa Saja itu...

Perkedel adalah makanan yang terbuat dari kentang yang digoreng atau direbus sebelum dilumatkan lalu dicampur dengan daging cincang, irisan daun bawang dan daun seledri kemudian di campur bumbu-bumbu. Dibentuk bulat-bulat gepeng, dicelupkan ke dalam kocokan telur ayam lalu digoreng.

Istilah "perkedel" sendiri awalnya berasal dari Bahasa Belanda: Frikadeller, hal ini menunjukkan pengaruh Belanda dalam seni memasak Indonesia. Versi aslinya di Eropa frikadel dibuat dari daging cincang yang dilumat dan kemudian digoreng.

KLAPPERTAART

Kuliner Belanda Yang Diadopsi Indonesia, Apa Saja itu...

Klapertart atau Klappertaart adalah makanan khas Belanda yang sudah mendapatkan tempat khusus bagi orang Indonesia.

Klappertaart di Indonesia dikenal sebagai kue khas Manado dengan bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur. Resep adonan tersebut merupakan pengaruh saat zaman pendudukan Belanda di Manado. Terdapat beberapa macam cara memasak klappertaart. Bila dipanggang dan menggunakan roti, maka akan menghasilkan klappertaart dalam bentuk yang padat, bisa dipotong layaknya kue taart pada umumnya.

KUE CUBIT

Kuliner Belanda Yang Diadopsi Indonesia, Apa Saja itu...

Tidak ada informasi yang jelas mengapa kue ini kemudian dinamakan kue cubit, entahlah kawan, meski beberapa orang meyakini bahwa nama ‘kue cubit’ berasal dari proses pembuatannya. Adonan kue cubit dimasukkan ke dalam cetakan-cetakan kecil, kemudian dimasak. Nah, setelah matang, pedagang kue cubit akan ‘mencubit’ kue-kue tersebut menggunakan alat pencapit.

Kue cubit memiliki bentuk dan cara pembuatan yang sama dengan sebuah panganan favorit masyrakat di Negeri Belanda, namanya poffertjes.



Tak hanya itu kita bisa saksikan video teh syahrini yang sedang belanja kue cubit di Belanda ya kawan, samakan dengan yang ada di negeri ini.


di Indonesia dikenal sebagai kue khas Manado dengan bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur. Resep adonan tersebut merupakan pengaruh saat zaman pendudukan Belanda di Manado. Terdapat beberapa macam cara memasak klappertaart. Bila dipanggang dan menggunakan roti, maka akan menghasilkan klappertaart dalam bentuk yang padat, bisa dipotong layaknya kue taart pada umumnya. Tetapi ada juga cara memasak yang tidak panggang. Ini akan menghasilkan tekstur yang begitu lembut, seperti memakan custard yang langsung meleleh begitu masuk ke mulut. Kue ini paling nikmat bila disantap dalam keadaan dingin jadi tidak boleh dibiarkan terlalu lama di luar pendingin.

Itulah beberapa kuliner asal Belanda yang diadopsi di Indonesia, memang khas kuliner asli Indonesia juga tidak sedikit. Dengan ragam budaya dan kesukuan banyak kuliner khas negeri ini yang diakui rasanya begitu nikmat dan enak.

Sebelum mencicipi kuliner Indonesia, seruupuutt dolo gan..

emoticon-coffee

Kuliner Belanda Yang Diadopsi Indonesia, Apa Saja itu...

Source.

Wikipedia /google

By c4punk@2018

Kuliner Belanda Yang Diadopsi Indonesia, Apa Saja itu...



Diubah oleh c4punk1950... 06-03-2018 03:05
0
17.7K
118
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.