jole.femusAvatar border
TS
jole.femus
Sudah Tahu Gan? 7 Mobil Listrik Ini Jadi Bukti Indonesia Mandiri



Dalam bidang otomotif, Indonesia memang jauh tertinggal, bahkan dengan negara serumpun Malaysia, Indonesia tidak ada apa-apanya. Tapi itu dulu, kini dengan jaman yang serba canggih, sedikit demi sedikit anak bangsa mampu menepis keraguan dengan membuat 7 mobil listrik yang digadang-gadang mampu membuat pabrikan Jepang gusar.
Tak percaya, berikut 7 mobil listrik 100% buatan Indonesia yang pernah menghebohkan dunia otomotif beberapa tahun belakangan. Berikut diantaranya!


Si putih E & C dari mahasiswa ITS Surabaya


Spoiler for 1:



Mobil listrik karya mahasiswa ITS Surabaya ini katanya mampu melaju dengan kecepatan 24 Km / jam saja. Pihak kampus kemudian memberi nama E&C.

Tuxuci, si merah karya sang maestro



Spoiler for 2:



Tuxuci adalah mobil sport listrik pertama yang digagas oleh founder Jawa Pos, Dahlan Iskan, saat beliau masih menjabat sebagai menteri BUMN. Kala itu beliau mengusulkan untuk membuat mobil listrik pertama karya anak bangsa, dan hadirlah Tuxuci.

Prototypenya pun sudah ia coba keliling di berbagai daerah, terutama di ibu kota DKI Jakarta. Namun sayang Tuxuci gagal diproduksi massal lantaran ada beberapa kendala termasuk soal dapur pacunya.


Selo, si kuning yang bak Lamborghini



Spoiler for 3:



Kegagalan Tuxuci, tak membuat seorang Dahlan Iskan menyerah begitu saja, malahan ia bekerja sama dengan tim Putera Petir untuk membuat prototype next electric car yang lebih sportif dan macho, mobil itu kemudian diberi nama Selo. Namun, lagi-lagi mobil mirip Lamborghini ini gagal diproduksi massal lantaran tidak lolos uji emisi.

Gendish, satu lagi mobil buatan tim Putra Petir



Spoiler for 4:



Jika mobil Selo bereksterior layaknya Lamborghini, Gendish malah sebaliknya, mobil bertipe APV ini lebih kea rah mobil keluarga, seperti Toyota Alphard, Suzuki APV dsb. Untuk soal apakah mobil ini sudah diproduksi massal atau tidak juga masih belum ada kejelasan.

Pindad Piev mobil listrik buatan PT. Pindad



Spoiler for 5:



Pindad yang dikenal suka memproduksi beragam macam senjata ternyata juga pernah membuat prototype mobil listrik dengan nama Pindad Piev. Konon, Pindad Piev ini mampu melaju hingga 80 Km/jam. Jauh lebih hebat dari mobil listrik hasil pemikiran Dahlan Iskan beserta tim Putera Petirnya. Soal kejelasan diproduksi massal atau tidak, Pindad enggan berkomentar.

SKEV-1 kolaborasi LIPI dengan Coachbuilder Signal Custom



Spoiler for 6:



Tak hanya PT. Pindad, LIPI atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia juga tidak mau ketinggalan, lewat kolaborasi dengan Coachbuilder Signal Custom, LIPI akhirnya mampu memproduksi mobil listrik bernama SKEV-1 ini adalah singkatan dari Signal Kustom Electric Vehicle 1.

Konon, mobil ini 100% dibuat di Indonesia, dan sempat membuat heboh dunia otomotif diperkenalkan pada tahun 2011.


SV-1 lanjutan dari SKEV-1


Spoiler for 7:



Pasca kehebohan SKEV-1, LIPI ternyata masih terobsesi untuk membuat prototype mobil listrik berikutnya, kali ini diberi nama SV-1. Dari segi performa, SV-1 masih di atas rata-rata SKEV-1.

Demikianlah deretan mobil listrik karya anak bangsa, meski sebatas prototype apa salahnya kita mendukung agar mobil-mobil ini kelak dapat diproduksi massal, iya kan? Semoga saja segera terwujud ya.


Sumber: http://www.mobilipo.com/berita/sudah...mobil-listrik/
Diubah oleh jole.femus 07-03-2018 02:24
0
2.5K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.