tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Haruskah Menyalahkan Uang?
Uang, keberadaannya kini begitu penting dalam kehidupan. Dalam sejarahnya uang pengganti sistem barter yang pernah ada dan menjadi media alat tukar yang resmi dalam perekonomian, kini uang menjelma menjadi salah satu yang dibutuhkan manusia dalam menjalani kehidupan. Untuk kebutuhan sehari-hari kita membutuhkan uang, mulai membeli makanan, membayar biaya sewa kontrakan, beli bensin, bayar naik transportasi umum dan lain-lain. Punya keinginan yang ingin dicapaipun pasti membutuhkan uang, mulai dari resepsi pernikahan hingga liburan ke luar negeri serta keinginan lainnya semua butuh uang.


Credit : infonawacita.com

Banyak orang yang bekerja demi uang,  dari pagi hingga malam hari bekerja keras demi bisa mendapatkan uang agar bisa membahagiakan orang-orang di sekitarnya, memang ada sebagian orang bekerja bukan karena uang yang menjadi tujuan utamanya, namun tak bisa dipungkiri seseorang yang bekerja akan lebih semangat lagi  saat pekerjaannya mendapat upah.

Kaya dan banyak uang menjadi mimpi bagi sebagian orang, dalam anggapannya dengan memiliki banyak kekayaan hidupnya akan senang dan bisa membeli banyak keinginan. Padahal bagi orang kaya terkadang mempunyai banyak harta sering kali muncul rasa kekhawatiran, takut hartanya hilang.

Sebagian orang mencari popularitas agar bisa dikenal banyak orang dan banyak job yang menghasilkan banyak uang. Tak bisa disangkal lagi uang bisa menjadi tujuan seseorang, entah itu menjadikannya sebagai tujuan utama atau hanya menjadi nomor sekian.

Semua orang butuh uang, ada yang mudah dalam mendapatkan uang dan ada juga yang bekerja keras lebih dalam mendapatkan uang. Hingga banyak orang yang silau dengan uang dan mata hatinya terbutakan oleh uang. Ada orang yang mati-matian mencari uang dengan menghalalkan cara dan melupakan moral, mulai dari melakukan pekerjaan haram, berjualan narkoba, mencuri, merampok dan tindakan-tindakan tak pantas lainnya.

Lebih miris lagi dengan pejabat yang telah memiliki jabatan namun terjebak pada pusaran korupsi dan suap, sungguh mengherankan sekelas pejabat yang memiliki kedudukan terpandang dan memiliki gaji yang besar masih bisa terjebak dengan sesuatu yang bernama uang, apakah yang dimilikinya tak pernah cukup untuk memuaskan hidupnya?

Credit : tribunnews.com

Uang bisa mengubah sikap seseorang, ada seseorang yang terpaksa mencuri karena kekurangan uang untuk mempertahankan hidupnya tanpa peduli dengan resiko kehilangan nyawa. Banyak kejahatan yang disebabkan uang, kejahatan tersebut tak pernah memandang bulu, bisa juga dilakukan oleh orang kaya ataupun orang yang biasa-biasa saja dan hidup serba kekurangan.

Banyak orang yang karirnya hancur karena uang, Bahkan ada yang rumah tangganya hancur karena salah satu faktornya karena uang, disatu sisi uang bisa membuat orang silau karenanya namun di sisi lain uang siap menghancurkannya kapan saja.

Haruskah uang yang di salahkan atas semua penyimpangan yang dilakukan oleh orang-orang yang khilaf? Nyatanya uang awalnya tercipta untuk alat tukar, bukan untuk sarana berbuat kejahatan. Uang tak bisa di salahkan, semua itu  tergantung orang memandang arti uang dalam hidupnya.

Lalu bagaimana Agan dan Sista memandang tentang arti uang sendiri? emoticon-Big Grin


sumber tulisan : opini sendiri dan inspirasi kehidupan
sumber gambar via google images


SAMPAI JUMPA DI TULISAN LAINNYA



Quote:







Diubah oleh tafakoer 02-03-2018 00:25
0
8.1K
80
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.