• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Nasi Becek dan Nasi Becak, Kuliner Khas Di Ujung Timur Pulau Jawa

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Nasi Becek dan Nasi Becak, Kuliner Khas Di Ujung Timur Pulau Jawa




Wah kuliner Indonesia yang unik mungkin kalian hanya mengenal nasi goreng, padahal di nusantara ini ada banyak variant nasi yang lezat dan beraneka rupa.

Salah satunya Nasi Becek, yaitu nasi yang suka berenang dalam air hehehe emoticon-Big Grin, maksudnya hidangan nasi ini memakai kuah, dengan rasa rempah-rempah nusantara, nasi ini menjadi ciri khas daerah yang berasal dari Nganjuk, Jawa Timur, Indonesia. Di tempat asalnya hidangan nasi ini dikenal dengan nama " sego becek ".



Nasi becek sendiri memiliki cita rasa sendiri yang berbeda dengan nasi pada umumnya, keistimewaan kuliner khas nganjuk ini pada tampilannya, nasi becek ini biasanya disajikan dengan nasi hangat dan di atasnya disertakan ragam trancam (semacam lalapan) yang terdiri dari irisan kobis, kecambah dan seledri, biasanya diletakkan di atas nasi. Juga disertakan beberapa tusuk daging kambing yang sudah disate dicampurkan ke piring.

Baru setelahnya, bumbu kacang dan sambel kemiri dimasukkan. Terakhir kuah becek dituangkan dalam keadaan panas, tak hanya kuah tapi juga jeroan kambing seperti gajih (lemak) dan balungan (tulang belulang). Untuk sate kambing biasanya disajikan secara terpisah atau disajikan langsung di atas Nasi Becek, tergantung selera anda.



Nah kuah yang dipakai dalam membasahi nasi becek, kuahnya menggunakan banyak jenis bumbu, seperti sere, lada, pala, kapulaga termasuk bawang merah dan putih. Belum lagi emponempon (rempahrempah) seperti kencur, jinten dan semua jenis bumbu dimasukkan menjadi satu, hingga akhirnya rasanya terasa di lidah.

Karena kuah nasi becek memiliki rasa yang pas dan tidak terlalu menyengat. Tak lupa isian daging pada kuah tersebut juga terasa empuk sehingga tidak terlalu susah untuk menyantapnya. Selain itu, salah satu ciri khas dari Nasi Becek ini adalah perpaduan rasa kuah dan sate kambingnya. Sebelum tersaji Sate kambing ini sudah terlebih dahulu dibumbui dengan bumbu kacang, kecap dan irisan bawang merah. Sehingga bila dibandingkan dengan kuah nasu Beceknya itu sendiri akan menjadi dua rasa yang berbeda dan bila keduanya dipadukan akan menjadi satu rasa yang sangat khas.



Sate kambing tak hanya sekedar pelengkap. Kelezatan sate kambing yang sudah dibumbui dengan bumbu kacang, kecap dan irisan bawang merah terasa berbeda. Terkadang kamu juga bisa memakannya secara terpisah, bagaimana makin lapar kan juragan ??



Eittsss nanti dolo bicara kata lapar dengan beraneka ragam nasi, di daerah Jawa Timur ini juga ada yang namanya nasi becak ya kawan, yah nasi yang porsinya banyak dengan lauk sederhana sering ditujukan kepada para tukang becak di sana, hingga terciptalah nasi becak.



Dengan harga murah meriah, nasi porsi banyak, untuk tukang becak tidak sembarangan, laukpun khas masakan jawa ada orek, sayur asem, kangkung dan sebagainya ga bikin kantong jebol, tapi jangan lupa dengan ditemani teh manis, rasanya semakin menggoda ya kawan...seruupuutt dolo...

emoticon-coffee





Diubah oleh c4punk1950... 03-03-2018 04:30
0
14K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.