funrise.1Avatar border
TS
funrise.1
'Kebun Angin' Raksasa Jokowi Siap Terangi 67.000 Rumah di Sulsel

Sidrap - Indonesia sebentar lagi akan punya pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) pertama. PLTB tersebut merupakan PLTB Sidrap 75 MW yang berlokasi di Desa Mattirotasi, Kecamatan Wattangpulu, Kabupaten Sidenreng Rappang, Provinsi Sulawesi Selatan.

Setelah dibangun sejak Agustus 2016 yang lalu, kesiapan operasional PLTB terbesar di Asia Tenggara itu kini sudah mencapai 97,7%. Total 30 turbin angin seluruhnya telah terpasang, dimana sebanyak 23 turbin angin diantaranya telah mendapatkan sertifikat laik operasi (SLO).

Pembangkit bertenaga angin skala komersial pertama di Indonesia ini diharapkan segera memasuki tahap Commercial Operation Date (COD) dan akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dengan kapasitas 75 MW yang dihasilkan PLTB Sidrap, diperkirakan mampu melistriki 67.000 pelanggan di Sulawesi Selatan dengan daya listrik rata-rata 1.300 VA. Daya yang dihasilkan sebesar 75 MW akan dialirkan ke Sistem Sulawesi Bagian Selatan yang meliputi Sulsel, Sulbar dan Palu (Sulteng).

Bagaimana cerita lengkap kesiapan operasi 'kebun angin raksasa' pertama di Indonesia yang dibanggakan Presiden Jokowi ini? Simak ulasan lengkapnya. (eds/ang)


Peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap kian dekat menyusul 30 unit turbin angin dengan kapasitas masing-masing 2,5 MW telah terpasang. Sebelum diresmikan pengoperasiannya 'Kebun angin' raksasa pertama di Indonesia itu ditinjau oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Kunjungan sejatinya akan dilakukan langsung oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan. Namun mantan Menteri Perhubungan itu batal hadir karena baru saja selesai menjalani operasi usus buntu, sehingga diwakili oleh Dirjen Energi Baru Terbarukan Rida Maulana.

hadir pula dalam kunjungan kerja, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarif, dan Direktur Regional Sulawesi PLN Syamsul Huda. KPK hadir dalam kunjungan tersebut karena salah satu yang menjadi perhatian KPK dalam perlindungan kekayaan negara adalah sumber daya alam.

"KPK sangat mendukung renewable energy. Karena salah satu yang menjadi konsen KPK kan adalah sumber daya alam," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif saat ditemui di lokasi, Kamis (1/3/2018).

Dalam pembangunannya, PLTB Sidrap menggunakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 40%. Untuk tower-nya sendiri TKDN-nya cukup besar mencapai 80%.

Dengan total daya sebesar 75 MW, PLTB Sidrap akan menopang 6% kebutuhan beban puncak Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) yang meliputi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Palu.Dicek ESDM Hingga KPK


Sumber

Alhamdulillah akhirnya bisa juga negara kita bikin model beginian.... emoticon-2 Jempol

Tukang nyinyir dipersilahkan.... emoticon-Ngacir
0
1.8K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.