xyakuza0001Avatar border
TS
xyakuza0001
Hari Ini Perayaan CAP GO MEH



Pada hari ke-15 setelah Imlek, masyarakat Tionghoa biasa merayakan Cap Go Meh sebagai hari terakhir dari masa perayaan tahun baru. Yang pada tahun 2018 ini tepat pada hari ini tgl 2 maret 2018.
Cap Go Meh sendiri berasal dari bahasa Hokkian, Cap artinya sepuluh, Go yaitu lima, dan Meh berarti malam.

Menurut Ko Ahin, salah seorang petugas yang bekerja di Klenteng Hui Tek Cuong Yayasan Dharma Budi, Cap Go Meh adalah harinya orang-orang mengucap doa ucapan syukur serta memohon berkah dan selamat.

Pada perayaannya, hari tersebut dimeriahkan oleh jamuan besar dan berbagai kegiatan sesuai daerah masing-masing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang mewakili Presiden Joko Widodo, dijadwalkan akan membuka perayaan Imlek 2569 Kongzili dan Cap Go Meh 2018 di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Jumat (2/3/2018).

Perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2018 tersebut akan dipusatkan di kawasan Jalan Diponegoro Kota Singkawang. Sejak pagi hari acara tahunan tersebut akan digelar.

"Selain membuka Gong Xi Fa Chai dan Cap Go Meh 2018, Menag juga akan memberi sambutan atas nama Presiden RI Joko Widodo," ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Nahruji seperti dikutip dari laman resmi Kemenag.go.id, Kamis (1/3/2018).

"Usai dari sana, Menag langsung bertolak ke Pesantren Pembangunan Ushuluddin Kota Singkawang yang tidak jauh dai lokasi perayaan Gong Xi Fa Chai dan Cap Go Meh 2018," kata dia.

Gelaran perayaan Imlek dan Cap Go Meh Singkawang tahun ini rencananya juga akan memecahkan empat rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI).

Rekor itu yakni lampion terbanyak, gerbang Cap Go Meh terbesar, Tatung atau orang yang dirasuki roh dewa atau leluhur terbanyak, dan replika naga terbanyak.

Rangkaian parade Tatung akan menjadi sajian atraksi utama dalam pergelaran ini. Rencananya, parade Tatung akan mulai berjalan mengikuti rute mulai pukul 07.00 WIB.

"Saat ini, tercatat jumlah Tatung yang sudah didaftarkan ke  MURI sebanyak 1.129 Tatung," kata Nahruji.

Rute yang akan dilewati mulai halaman Kantor Wali Kota Singkawang di Jalan Firdaus, Jalan Diponegoro, Jalan Sejahtera, Jalan Budi Utomo-Jalan Salam Diman, Jalan Setia Budi, Jalan Niaga dan berakhir di Jalan Pai Bakir.

Selain Menteri Agama, gelaran Gong Xi Fa Chai dan Cap Go Meh di Kota Singkawang rencananya akan dihadiri para anggota kabinet lainnya, antara lain Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.




0
1.3K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.