iskrimAvatar border
TS
iskrim
Membuat Thread Mudah, Tanpa Copas Dengan Rumus 'RingGEMA'
Membuat Thread Mudah,
Tanpa Copas Dengan Rumus 'RingGEMA'



[ HT# 272 ]
emoticon-I Love Kaskus

Pernah dengar istilah copas kan, copaste, copy paste alias menyadur plek tanpa modifikasi sedikitpun. Istilah copas bagi seorang penulis adalah hal yang diharamkan dan 'stempel' yang nggak bagus bagi yang melakukannya.

Ribut-ribut soal copas sering terjadi di media cetak maupun internet. Semenjak internet hadir yang namanya informasi seperti deras mengalir setiap detik, rasanya seperti takkan pernah habis, maka sumber untuk dijadikan tulisan bisa dengan mudah di copas. Kalau agan dilahirkan dan di takdirkan menjadi penulis ataupun tidak sebenarnya bukanlah masalah karena sumber informasi yang datang saat ini menurut ane adalah 'hartakarun' yang bisa agan gali dan dimunculkan dalam wujud tulisan baru dengan gaya dan penyampaian agan kapanpun dan dimanapun. Beratus-ratus hingga berjuta informasi ada di hadapan kita, tinggal bagaimana kita memilah dan memolesnya menjadi 'permata' yang indah hingga layak dan enak untuk disajikan ke pembaca.




Rumus 'RingGema'




Lalu bagaimana caranya jika kita memperoleh informasi lalu kita tulis ulang tanpa harus meng-copas mentah-mentah? Definisi copas kan tinggal memindahkan tulisan orang lain ke tulisan kita tanpa modifikasi sedikitpun. Pas memang pelaku copas ini kalau harus di bully, apalagi tanpa izin dari penulis aslinya.

Ane sendiri terkadang menemukan tulisan ane di rewrite media online lain hingga dijadikan materi vlog seseorang, beruntung masih menyertakan nama sumber meski tanpa seizin ane sebelumnya. Tindakkan yang memalukan kalau sudah copas tanpa izin pemiliknya, wah kalau ini sih kebangetan namanya dengan menyantumkan nama atau sumber setidaknya pelaku copas mengakui sumber tulisannya darimana.

Tips dari ane, jika agan kesulitan mendapatkan ide atau bingung bagaimana mengembangkan tulisan dari informasi atau sumber yang ada biasanya ane menggunakan isitilah yang ane buat sendiri, yakni rumus 'RingGema',adalah tahapan mengumpulkan inti dari poin-poin tulisan sumbernya sambil merayapi di setiap 'ring gema' yang ada, ingat-ingat apa saja dan catatlah. Langkah selanjutnya mengkristalisasikannya dan kemudian di olah dengan kalimat sendiri. Bingung? Biar lebih mudah memahami rumus 'RingGema' buatan ane, nih Gan ane kasih illustrasi dan cara kerjanya.




Rumus Gema by Iskrim 2018



Keterangan Gambar

1. Dirikita sendiri
2. Sumber tulisan, usahakan minimal 2 sumber untuk pembanding
3. Garis lingkar terputus adalah ' ring gema' yang ane maksudkan
4. Mengumpulkan Intisari/ rangkuman/ kristalisasi dari poin sumber berita ke dalam sebuah draft dengan gaya dan penyampaian kita sendiri
5. Menuangkan dalam bentuk tulisan dan kemudian publishkan

Rumus 'Gema' diatas adalah cara dimana ane biasa mencari bahan tulisan dari sumber tulisan luar dan hasilnya akan terbentuk tulisan baru dengan gaya ane sendiri dimana hasilnya menjadi bukan copaste. Stepnya nya sesuai urutan angka, detailnya adalah sebagai berikut:




1
Adalah diri kita sendiri, disini kita coba mencari topik yang lagi hangat
atau layak untuk dijadikan bahan thread.

2
Usahakan cari sumber yang layak dan kredibel dari beberapa sumber, saran ane minimal dua sumber berita sebagai pembanding, semakin banyak sumber semakin bagus untuk referensinya, ane biasanya maksimal 3 atau 4 sumber tulisan, lebih dari itu biasanya ane suka kebingungan sendiri.

3
Garis terputus 'Gema' inilah berbagai materi/ bahan yang kita kumpulkan dari berbagai sumber tadi. Berbagai sumber ini sudah ane jelaskan sebelumnya, usahakan minimal 2 sumber, lebih banyak lebih bagus tapi kumpulkanlah dari sumber yang kredibel dan bisa dipercaya.

4
Nah, dari beberapa sumber tadi kemudian kumpulkan dan gabungan poin-poin tadi di poin 4 ini. Langkah selanjutnya adalah meng-'kristalkan' bagian atau inti dari poin-poin tadi dengan metode skema piramida, dengan alur dari bawah keatas yakni beberapa poin-poin tadi lalu kerucutkan hingga menemukan satu titik atau kunci dari tulisan tadi. Contoh misal materi tulisan membahas permasalan bencana alam, maka kerucutkan sebab-musab kenapa terjadi bencana, setelah ketemu sebab musababnya maka otomatis akan ketemu inti dari poin tulisan tadi. Buatlah draft, lalu berbekal inti dari poin tadi maka inspirasi tulisan agan akan lebih siap dan memiliki kekuatan, berisi dan pastinya nggak akan nanggung untuk bagian penutupnya. Disini biasanya ane juga bisa mendapatkan ide untuk menentukan judul apa yang tepat.

5
Setelah draft selesai dan judul sudah di tentukan, maka selanjutnya memindahkan draft tulisan tadi ke media yang lebih tepat. Di poin kelima ini setidaknya draft sudah siap 99%, sisanya akan diedit seperlunya jika ada kata yang sedikit meleset atau typo yang sebelumnya tidak disadari.


Nah, itulah man-teman, gan en sista rumus bagaimana membuat tulisan yang di dapat dari berbagai sumber dan kemudian kita kumpulkan kemudian kita olah menjadi tulisan dengan gaya kita sendiri. Dengan cara dan rumus 'gema' ane ini ane yakin hasil utlisan-tulisan agan en sista terhinda dari yang namanya copaste. Akhir kata selamat mencoba dan semoga tetap semangat menulis! Salam Iskrim.




emoticon-Hai

BACAAN KEREN ISKRIM LAINNYA NIH, GAN

[ HT# 244 ]
Tips Tetap Produktif Menulis
Tanpa Harus Kehabisan Ide (Bagi-Bagi Rahasia, A-Z)




[ HT# 258 ]
Tips Membuat Thread Agar Berpeluang Besar Jadi HT (A-Z)



Pentingnya Membangun 'Brand Awarness'
Bagi Seorang Kaskus K(C)reator (A-Z)









guk



MAMPIR GAN, DI STUDIONYA ISKRIM
Web Blog: iskrim.com,
oyestekno.blogspot.com

Web WP: dulandroid.com
FB: Facebook/iskrim
Instagram: iskrimkaskus
Line: Iskrimkaskus

█║▌│█│║▌║││█║▌│║▌║█║║▌║││█║▌││█
ISKRIM .com - BERITA JADI CERITA
Copyright © 2018 www. iskrim. com | All Rights Reserved
Member of Thread Creator - KASKUS






By: iskrim. com | sotoshop : iskrim



Diubah oleh iskrim 27-06-2018 23:45
chezar18
chezar18 memberi reputasi
1
10.3K
150
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
KASKUS Kreator Lounge
KASKUS Kreator LoungeKASKUS Official
1.2KThread945Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.