thatwasfunAvatar border
TS
thatwasfun
Bagasi Agan Hilang? Jangan-jangan Udah Dijual di Sini!

Foto: telegraph.co.uk

Satu hal yang selalu ditunggu-tunggu penumpang saat turun dari pesawat adalah bagasinya. Tapi gimana kalau bagasinya hilang? Jangan khawatir, ada Lost & Found di bandara. Tapi kadang bagasi penumpang ada yang hilang dan nggak ketemu. Bisa jadi bagasi Agan yang hilang ada di Unclaimed Bagagge Center (UBC) di Scottsboro, Alabama, Amerika Serikat.

Tapi jangan suuzon dulu Gan, UBC ini nggak ngambil terus ngejualin barang-barang di bagasi Agan. Bagasi hilang di Amerika itu bisa dibilang jarang banget, cuma 0,5% dari bagasi yang hilang diantar ke bagian klaim bagasi/ baggage claim. Dari segitu, 80-90% nya bisa dikembaliin dalam waktu 48 jam. Buat 90 hari berikutnya, airlines mencocokkan tas dengan pemiliknya. Jadi bisa dibilang hanya 1 dari 10.000 aja yang bener-bener nggak ditemukan.

Setelah 90 hari, bagasi yang hilang ini jadi milik airlines secara legal. Seringnya sih penumpang yang bagasinya hilang ini dapat kompensasi dan nyerah nyari kalo emang bener-bener nggak ketemu. Kadang juga deskripsi isi bagasi si penumpang ini nggak cocok sama isi tas dan berbagai alasan lainnya sampai akhirnya bagasi yang nggak diklaim ini berakhir di gudang.



Selanjutnya, si UBC ini yang punya perjanjian eksklusif dengan airlines, ngambil tas-tas bagasi dan juga kargo yang nggak diklaim. Selain itu juga ke stasiun kereta dan tempat penyewaan mobil. Tenang aja, airlines nggak nyari duit dari tas-tas yang hilang ini. Uang yang dibayarin UBC ini untuk mengimbangi biaya operasional bagasi yang hilang.

Barang apa aja sih yang pernah ditemukan dan dijual di UBC?

Mulai dari barang-barang yang biasa aja kayak elektronik, baju, celana sampai topi, ternyata banyak barang-barang super unik yang pernah ditemukan di dalam bagasi oleh tim UBC!



Setiap harinya, kira-kira ada 7000 barang baru yang datang ke UBC. Mulai dari kursi roda, tangki oksigen, kostum penjaga, dan alat musik. Beberapa barang yang nggak biasa, dipajang di dinding toko dan nggak dijual.



Bisa dibilang ini jadi salah satu tempat wisata yang terkenal di Alabama dan dikunjungi sekitar 1 juta pengunjung! Hal yang unik adalah ada orang dari Atlanta yang beli boots ski buat istrinya. Ternyata yang dibeli itu aslinya juga punya istrinya yang hilang waktu jalan-jalan bertahun-tahun lalu, masih ada nama istrinya di sepatunya.



Pas tas ini baru datang, langsung disortir. Ada yang dijual, didonasikan atau jadi sampah. Buat barang-barang yang dijual, langsung dibersihin dry cleaner-nya punya UBC. Perhiasan dibersihin dan ditaksir, elektronik dialihkan ke protokol Department of Defence buat dibersihin datanya. Tapi semua yang dijual ini harganya lebih murah 20-50 persen dari harga aslinya.



UBC pertama kali ada tahun 1970, awalnya adalah waktu si founder ngejual barang-barang yang ketinggalan di stasiun bus Washington DC. Dia pun melebarkan sayapnya ke airles dan kembali ke kampung halamannya di Scottsboro, tempat UBC saat ini. Dari yang awalnya cuma jualan di meja, sekarang UBC luasnya 3700 meter persegi.



Bukan hanya barang-barang yang Agan daftarin di bagasi pesawat, tapi juga carry-on items alias barang-barang yang Agan bawa ke kabin pesawat. Seiring makin bagusnya sistem bagasi pesawat, justru carry-on items inilah yang menyumbang banyak barang ke UBC.



Kalau Agan mau ke sini, tiap hari jam 14.30, mereka bakalan ngebolehin 1 orang pengunjung buat ngebongkar 1 tas dan ngeliatin ada harta karun apa aja yang ada di dalamnya.


Foto: NY Times

Waduh jangan-jangan bagasi yang pernah hilang udah sampe sini. Wah jadi ada alasan buat ke Mamarika nih. Oh iya, kabarnya sih UBC ini jadi satu-satunya di dunia yang jualan barang-barang macem gini. Kalau di Indonesia ada sih ane penasaran banget kayak apa ya kira-kira barang yang dijualnya?

Kepo lebih lanjut? Cek aja langsung ke Instagram-nya Gan!

Baca thread ane yang lain di sini

Referensi: 12 3
Diubah oleh thatwasfun 27-02-2018 07:35
0
15K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.