Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Ramai-ramai lelang barang pribadi pejabat negara

Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan paparan kepada media tentang Realisasi APBN Per Januari 2018 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Selesa (20/2).
Para pejabat tinggi negara dan BUMN ramai-ramai menawarkan sejumlah barang milik pribadi untuk dilelang ke publik. Ada kain, dasi, sepatu, lukisan hingga bet untuk tenis meja yang dilelang oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan.

Lelang barang pribadi pejabat itu merupakan acara peringatan 110 tahun Lelang Indonesia. Lelang sukarela akan digelar mulai 28 Februari 2018 jam 10.00 di Gedung Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat. Calon peserta dapat melihat barang lelang selama open house di Galeri Nasional pada 27 Februari 2018, hari ini jam 09.00-16.00.

Masyarakat umum yang ingin mengikuti lelang dapat langsung datang ke Galeri Nasional atau lelang konvensional. Lelang juga dapat diikuti melalui Internet atau (e-auction) sehingga memberikan kesempatan masyarakat dari berbagai daerah mengikuti lelang ini.

Lelang melalui internet dapat diakses melalui situs Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Calon peserta lelang dapat mendaftar untuk mendapatkan akun virtual. Lelang lewat internet itu bersifat tertutup dengan batas akhir pengajuan penawaran pada Rabu (28/2/2018) pukul 12.00.

Dalam katalog lelang, para pejabat negara yang akan menjual barang-barang pribadinya melalui lelang antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Mufidah Jusuf Kalla. Ada 21 item barang lelangan milik Kalla dan istrinya seperti kain, baju kurung, sepatu serta dasi. Barang pribadi milik Kalla dan istri itu dapat diperoleh melalui lelang konvensional dan lelang melalui internet.

Ada juga barang lelangan milik Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berupa baju batik tulis lengan panjang motif bunga. Katalog lelang menuliskan baju merek Nena itu merupakan kesayangan Sri Mulyani dan sering dipakai selama menjalankan tugasnya sebagai Menteri Keuangan.

Serupa dengan Sri Mulyani, baju batik tulis milik Menteri BUMN Rini M Soemarno juga menjadi lelangan. Baju rancangan Obin Batik itu pernah dipakai pada saat pelantikan Rini pada Kabinet Kerja.

Baju Sri Mulyani dan Rini masing-masing memiliki nilai limit Rp5 juta dan peserta wajib memberikan uang jaminan Rp2 juta. Baju milik Sri Mulyani dilelang melalui Internet, sedangkan baju Rini melalui kehadiran di lokasi lelang, Galeri Nasional.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi melelang tempat kue keramik dari Belanda yang dimilikinya sejak menjabat sebagai duta besar Indonesia untuk Belanda. Dia juga melelang tas jinjing hitam merek Givenchy yang biasa dipakai saat bekerja serta topi piknik dari Amerika Latin.

Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek melelang 6 item kain tradisional dari berbagai daerah. Semua item lelangan milik Menteri Kesehatan ini hanya dapat diikuti melalui lelang di Gelari Nasional. Barang pribadi milik Nila itu dapat diperoleh melalui lelang konvensional.

Barang lelangan lainnya merupakan milik Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil berupa piring porselin dan dua item sajadah; Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dengan sepatunya; dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang melelang dua lukisan serta gitar.

Ada juga barang lelang lainnya berasal dari Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia, Suprajarto berupa lukisan dan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia, Achmad Baiquni yang melelang kain songket Palembang.

Barang lelangan lain merupakan milik sejumlah pejabat eselon di Kementerian Keuangan seperti Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan yang melelang bet tenis meja, dan Dirjen Pajak, Robert Pakpahan yang melelang seperangkat alat golf.

Direktur Lelang Ditjen Kekayaan Negara Lukman Effendi mengatakan, dana hasil lelang akan digunakan untuk sumbangan pada kegiatan pendidikan. Hasil lelang akan masuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan sisanya untuk disumbangkan ke bidang pendidikan.

"Sebenarnya hasil lelangnya itu kembali ke pemilik. Dan hasil lelangnya nanti semua sepakat akan disumbangkan ke pendidikan untuk membantu sekolah-sekolah yang rusak," ucap Lukman dikutip dari inews, di ruang pers Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (26/2/2018).



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...pejabat-negara

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Sakit hati lantaran racun dalam kerupuk ngejreng

- Belajar dari suap Pilkada Garut

- Hal-hal yang dinilai janggal dalam vonis Ahok

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
12K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.idKASKUS Official
13.4KThread734Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.