Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bej0cornerAvatar border
TS
bej0corner
“ STOP !!! JANGAN PAKSA MOTOR TERJANG BANJIR”



Banjir sepertinya sudah menjadi langganan beberapa kota besar di Indonesia, terkadang banjir juga mencapai 1-2 meter.

    Dampak dari banjir ini sangat besar, baik dari ekonomi ataupun kenyamanan masyrakat, seringkali kita tidak sadar dengan menerebos banjir memakai sepeda motor akan menimbulkan bahaya yang fatal.emoticon-Sorry

     Karena mungkin sudah kadung basah, ya dibasahin sekalian.

   Namun sebenarnya ini tidak disarankan, karena sepeda motor memiliki titik lemah dengan air, kenapa bisa titik lemahnya air ?

     Kendaraan bermotor memiliki sistem kerja dengan cara menekan campuran bahan bakar dan udara (kompresi) lalu dibakar atau diledakan dengan bantuan busi.

     Jadi ketika kita menerjang banjir, maka ditakutkan air bisa masuk ke mesin dan ikut tercampur saat proses pembakaran.

    For Your Info, air tidak dapat di kompresi dan diledakan, sehingga ketika air yang masuk sangat banyak maka hal ini akan mengakibatkan kerusakan pada mesin, lalu kerusakan apa saja sih ? dan kerugian apa saja jika kita memaksakan sepeda motor kesayangan kita menerobos banjir ?
 
·         MENGAKIBATKAN  KARAT

    Sifat besi jika terkena asam akan mengakibatkan karat, sedangkan besi adalah komponen utama pembuatan rangka di sepeda motor.

    Hal ini jelas akan mengakibatkan terjadinya karat atau korosi di bagian-bagian tertentu, jika ini terjadi maka akan berakibat fatal seperti patahnya boddy motor karena sudah berkarat sehingga banyak yang keropos.

     Banjir rob akan sangat mempengaruhi body motor rob,  jika kita tidak waspada ataupun tidak menyadarinya, bisa berakibat fatal pada saat dijalan dan tiba-tiba sepeda motor terbelah menjadi dua.
 
·         MERUSAK  BUSI
    Busi atau spark plug adalah komponen utama dalam proses pembakaran, tanpa adanya kinerja busi yang baik maka motor akan mati ataup tersendat-sendat.emoticon-Sorry

     Busi untuk motor-motor tahun 2008 kebawah atau yang tidak terlidungi cover akan sangat rentan, karena busi pada motor-motor tersebut tanpa perlindungan sehingga air akan mudah masuk.

       Ini bisa di test melalui motor yang dibiarkan selama sehari dalam hujan yang sangat lebat lalu di starter maka hasilnya adalah motor akan sangat sulit di hidupkan.

      Ini akibat dari masuknya air hujan yang tanpa halangan menuju busi, jika ini di aplikasikan ke motor yang sering menerjang banjir maka busi akan rusak.

     Dan lebih fatalnya jika ulir di busi berkarat maka  otomatis akan sulit di lepaskan dari cylinder head.
·         MERUSAK MESIN

    Ini sudah jelas, jika mesin yang seharusnya bekerja  untuk mengepres atau menekan campuran bensin dan udara agar dapat diledakan  ternyata mendapat bebang berlebih seperti air banjir yang tidak dapat dibakar.

    Maka otomatis salah satu komponen mesin akan sangat bekerja berat dalam hal ini adalah Connecting Rood, jika sudah terkena maka tidak hanya komponennya yang mahal namun juga biaya untuk proses pembenarannya yang bisa menpai dua ratus lebih jika dikerjakan di bengkel resmi.

      Karena bengkel harus melakukan Over Houl kepada motor tersebut alias menurunkan mesin tersebut agar bisa dibelah.
·         LEPAS  ASURANSI  RESMI MOTOR

      Setiap pabrikan motor memang selalu memberikan asuransi alias claim untuk setiap motor yang mereka pasarkan, namun pastinya memiliki standar tersendiri.

      Pabrikan tidak akan menerima claim jika itu terjadi karena kesalahan si pemakai, sehingga seperti menerjang banjir ataupun kecelakaan tidak akan diterima.

      Jadi bayangkan saja jika motor baru sudah masuk meja oprasi dengan biaya tidak sedikit, hal ini akan membuat kita menyesal.

·         HARGA JUAL MOTOR TURUN

      Harga jual adalah salah satu hal yang wajib di miliki setiap motor, jika suatu motor memiliki harga jual rendah maka otomatis pembeli akan sukar membeli produk tersebut.

       Karena jika orang ingin berganti wajah sepeda motor, biasanya mereka akan menjual motor mereka terlebih dahulu, saat sepeda motor bekas bisa dijual mahal maka mereka akan lebih sedikit menambahi uang untuk membeli motor baru.

      Walaupun dipasaran motor kamu harga jualnya tinggi namun jika sudah terkena banjir atau bahkan sudah pernah bongkar mesin maka harga jual motormu akan sangat jatuh.emoticon-Sorry

 
     Sekarang ini banyak pilihan untuk meminimalisir motor dari banjir, seperti naik ojek online ataupu angkutan umum, satu lebih aman dan yang pasti tidak membahayakan motor kita.

     Oke terima kasih sudah membaca tulisan saya dan semoga bermanfaat untuk kita semua dan tetap utamakan safety riding.
       Untuk mengirimkan kritik dan saran bisa melalui email : bejocorner11@gmail.com
 
 


0
17K
177
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.