Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Menginap Di Airport? Kenali Dulu Tips Dan Trik-Nya Disini!
Menginap Di Airport? Kenali Dulu Tips Dan Trik-Nya Disini!

Menginap di bandara

 

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan menjadikan bandara sebagai tempat tidur semalam. Yang paling utama, wisatawan dapat menghemat biaya akomodasi. Coba pikir, saat berwisata biasanya orang hanya tidur selama beberapa jam saja. Bayangkan jika kalian datang dengan penerbangan paling malam dan langsung buru-buru pergi ke hotel. Baru juga check in dan tidur beberapa jam, kalian sudah harus check out. Berapa banyak biaya yang bisa dihemat dengan tidur di tempat gratisan seperti bandara? Wisatawan juga dapat menghemat biaya transportasi dari bandara menuju hotel dan bisa dialihkan untuk hal lainnya. Dan jika wisatawan berada di airport yang tepat, ada banyak fasilitas gratisan yang bisa dimanfaatkan di bandara mulai dari colokan listrik hingga kamar mandi yang nyaman, serta bangku yang empuk dan nyaman untuk tidur; dan semua itu tersedia gratis.

 

Tertarik untuk menginap di airport? Kenali dulu tips dan triknya agar acara menginap di airport berjalan lancar, aman, damai, dan sejahtera (apaan sih?) yang disarikan dari berbagai sumber.


1. Hal yang paling dasar adalah ketahui dulu apakah airport yang ada di negara tujuan wisata Jalan2ers termasuk ramah terhadap wisatawan asing atau tidak, dan kenali juga apakah airport tersebut dapat dijadikan tempat untuk menginap atau tidak. Ya, tidak semua airport mengijinkan wisatawan untuk menginap, kecuali untuk keadaan darurat seperti penerbangan ditunda karena cuaca buruk (saya pernah mengalami ini!). Memang sih belum tentu wisatawan akan langsung diusir saat akan menginap di airport, namun ada kemungkinan beberapa bandara tidak ramah terhadap para penginap. Dan tidak semua airport memiliki fasilitas yang nyaman untuk digunakan sebagai tempat menginap, seperti misalnya tidak memiliki bangku yang cukup nyaman untuk tidur sehingga wisatawan harus tidur di lantai atau menggunakan sleeping bag yang dibawa sendiri. Intinya, kenali dulu bandara tujuan sebelum memutuskan untuk mendamparkan diri disana, kecuali jika Jalan2ers termasuk suka melakukan petualangan lebih dan siap menghadapi berbagai situasi.

 

2. Siapkan alasan mengapa kalian harus menginap di airport. Terkadang petugas keamanan yang berpatroli akan menanyakan mengapa kalian menginap di airport. Jika tak bisa menjawab itu, jangan heran jika wisatawan akhirnya digelandang ke kantor security untuk diinterogasi lebih lanjut. Terkadang wisatawan juga diminta untuk membuktikan alasannya tersebut. Jadi, menginap di airport hanya disarankan untuk wisatawan yang memiliki situasi khusus, seperti datang dengan penerbangan terakhir, mengincar penerbangan pertama, dan sejenisnya.

 

3. Setelah mengetahui airport mana yang bisa diinapi dan juga menyiapkan alasan, kenali spot aman untuk menginap di suatu bandara. Cari tahu dimana kantor sekuriti, posisi CCTV, dan area paling aman untuk menginap. Sekuriti di bandara yang baik biasanya tak keberatan menunjukkan spot menginap yang paling aman.

 

4. Jangan lupa untuk menyiapkan beberapa hal berikut ini saat memutuskan untuk menginap di airport:


-Perlengkapan toiletries dan perlengkapan kebersihan (seperti tisu antiseptik, pembunuh kuman, dan sejenisnya) karena tidak semua bandara itu bersih, terutama kamar mandinya.


-Air minum dan snack. Tak banyak toko makanan/minuman yang buka 24 jam di bandara, kecuali jika kalian menginap di bandara yang memiliki banyak vending machine. Jadi tak ada salahnya berbekal makanan/minuman untuk persediaan.


-Peralatan untuk menunjang kenyamanan tidur, seperti penutup mata dan pemutar MP3 lengkap dengan earphone. Mengingat banyak yang menjadikan airport sebagai tempat menginap, wisatawan akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki banyak kebiasaan tidur. Daripada cari ribut dengan pengunjung lainnya, lebih baik bersiap-siap untuk menghadapi kemungkinan adanya gangguan saat tidur.


-Peralatan tambahan lainnya, seperti buku, majalah, dan powerbank. Utamanya sih untuk mengisi waktu selama berada di airport.

 

5. Tak punya selimut? Perlu diketahui, beberapa bandara memiliki persediaan selimut lho. Biasanya selimut-selimut itu untuk mengantisipasi jika penumpang harus menginap karena penerbangan tertunda akibat cuaca buruk. Tak ada salahnya memastikan apakah wisatawan dapat meminjam selimut-selimut terebut pada pihak yang berwenang, baik dengan biaya tertentu maupun secara gratis.

 

6. Tak semua bandara itu aman. Lindungilah selalu barang bawaan saat menginap di bandara. Jika tak ada tempat penitipan barang seperti loker koin, setidaknya lakukan beberapa usaha agar orang sulit untuk mengakses barang-barang kita. Caranya bisa bervariasi karena semua tergantung pada situasi di bandara tersebut. Tips lain yang menyangkut masalah keamanan adalah melakukan giliran jaga (jika pergi bersama teman/keluarga). Sedangkan jika pergi wisata sendirian, berkumpullah bersama wisatawan lain yang juga akan menginap di bandara.


Menginap Di Airport? Kenali Dulu Tips Dan Trik-Nya Disini!

Sejumlah orang menginap di airport


 


7. Ingin kenyamanan ekstra? Beberapa bandara menyediakan lounge yang dapat dimasuki dengan biaya tertentu. Ada lounge yang buka 24 jam (sehingga wisatawan bisa sambil menginap disana), ada juga yang baru buka di pagi hari. Ada juga beberapa bandara yang menyediakan sleeping box dengan biaya tertentu. Intinya sih tak ada salahnya mengenali fasilitas yang ada di bandara yang menjadi tempat tujuan menginap. Memang sih jadinya nggak gratis, tapi untuk pengalaman lebih, kenapa tidak?


 


Tips paling wahid:


 


Walau akhir-akhir ini aktifitas menginap di airport sudah sering dilakukan oleh wisatawan, tetap saja ada beberapa pihak di bandara yang berpikir jika airport bukanlah hotel. Terkadang ada aturan-aturan aneh yang dapat mengganggu kenyamanan wisatawan, seperti membangunkan saat dini hari. Kunci utama agar bisa “lolos†dari staff bandara adalah dengan bersikap sepolos mungkin. Bersikaplah seolah kalian terpaksa menginap di bandara dan ini merupakan kali pertama kalian, sekalipun sebetulnya sudah beberapa kali menginap di bandara. Biasanya staff akan lebih ramah pada wisatawan yang “kelihatan tak ingin menginap di airport†dibanding dengan yang memang berniat untuk tidur di airport. Dan jika kalian pergi sendirian (solo traveller), jika ingin minta dibangunkan pada jam tertentu, siapkan notes dengan catatan khusus (seperti “tolong bangunkan saya pada pukul ……). Biasanya wisatawan maupun pengunjung bandara lainnya akan dengan senang hati membangunkan kalian.


 


Semoa bermanfaat!






zharki
zharki memberi reputasi
1
1.5K
12
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.