Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

carrpiratesAvatar border
TS
carrpirates
Kenali istilah ini sebelum merakit komputer
Halo agan dan sista sekalian, semoga yang sedang menagih hutang dimudahkan. Urusan rakit - merakit komputer mungkin sesuatu yang terlihat memusingkan bagi sebagian orang. Mungkin bagi orang - orang tersebut lebih mudah untuk membeli komputer built up atau menyerahkan pilihan komponen kepada pihak toko. Tetapi bagi sebagian orang yang lainnya, merakit komputer secara mandiri merupakan kegiatan yang menyenangkan dan yang pasti lolos dari jebakan toko. Kita bisa memilih dan mencocokan komponen sesuai dengan keinginan dan tentunya budget kita. Sangat seru sekali melakukan hal tersebut meskipun hanya dalam tingkatan simulasi. Nah bagi agan dan sista ingin memulai dunia perakitan komputer, baiknya ketahui beberapa istilah untuk memudahkan riset dan bertanya.

Kenali istilah ini sebelum merakit komputer


1. Compatibility

Spoiler for Mulus:


Kompatibilitas adalah aspek terpenting dalam memilih komponen komputer. Kalau komponen satu sama lain tidak kompatibel maka keseluruhan sistem tidak bisa berjalan, bahkan tidak bisa dipasang. Contoh sederhana adalah kita tidak bisa memasangkan processor Intel Coffelake tidak bisa menggunakan motherboard untuk processor sebelumnya walupun soketnya sama - sama LGA1151 karena Intel menggunakan chipset baru. Begitu juga memory, beberapa memory tidak kompatibel dengan processor AMD Ryzen. Agan bisa mencari atau bertanya apakah satu komponen kompatibel dengan komponen yang lain.

2. Sweetspot

Spoiler for Mulus:


Ada banyak sekali pilihan komponen komputer di luar sana, bahkan dari brand yang sama. Harga yang ditawarkan juga berbeda - beda tergantung spesifikasi yang ditawarkan. Nah, untuk mendapatkan produk, akan lebih menguntungkan kalau bisa memilih sweetspot suatu produk. Maksud dari sweetspot adalah produk yang value for money nya paling tinggi. Misal dalam pemilihan processor. Dalam range budget 1 - 3 juta kita bisa memlih satu processor yang setiap seratus ribunya memiliki clock atau core count paling tinggi. Tentunya tidak semudah itu untuk menentukan sweetspot. Kita bisa bertanya atau melihat review terlebih dahulu.

3. Future proof

Spoiler for Mulus:


Tentunya kita masih ingin bisa menggunakan komputer dengan performa yang optimal untuk beberapa tahun ke depan. Future proofing pada saat awal merakit komputer menjadi hal yang krusial jika budget kita pas - pasan pada awal perakitan komputer tetapi ingin mengupgrade komponen dikemudian hari tanpa merombak keseluruhan komponen komputer. Misal, jika dikemudian hari kita ingin melakukan SLI (dual VGA configuration untuk VGA NVidia), kita harus menggunakan chipset X370 untuk Ryzen atau Z370 untuk intel coffee lake.

4. Bottleneck

Spoiler for Mulus:


Kondisi bottleneck terjadi ketika potensi kesuluruhan system tidak bisa didapat karena salah satu komponen yang menahannya. Misalkan kita beli VGA high end GTX 1080ti dan kita sandingkan Intel pentium. Tentu saja kenerja processor akan menghambat potensi VGA yang sangat powerfull.

***


Memang sih pada awalnya agan dan sista akan pusing untuk memikirkan komponen apa saja yang akan dipilih. Kalau belum yakin, coba dulu bertanya dan giat untuk riset produk. Agan dan sista juga bisa melakukan simulasi harga terlebih dahulu untuk menyesuaikan budget. Jangan lupa juga mempersiapkan rencana candangan jika barang yang dicari tidak tersedia. Sensasi ketika berhasil merakit komputer dengan pilihan komponen sendiri sangat menyenangkan kok dan sepadan dengan usaha riset kecil - kecilan menurut ane pribadi. Sekian dulu dari ane ya, kalau ada salah mohon dimaafkan dan diluruskan. Kalau ada tambahan, seperti biasa sampaikan di kolom komentar.

Ane dengan senang hati menerima emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh carrpirates 25-02-2018 12:04
0
18.2K
137
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.