Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
130
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/586b87b7529a4514048b456b/agan-dan-sista-suka-minum-es-setelah-makan-berikut-11-bahaya-minum-es-setelah-makan
Salam hormat untuk kaskuser semua:1thumbup , apa yang kalian pikirkan dan lakukan ketika siang-siang yang terik makan bakso ditemani es teh! Nikmat sekali rasanya minum es setelah menyantap makanan yang panas, kan? Kebiasaan minum air es setelah makan dan terlalu sering minum es ternyata berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, lho. Tidak percaya? Simak thread sederhana ane berikut :travel Mengapa Or
Lapor Hansip
03-01-2017 18:15

Agan dan Sista suka minum es setelah makan? Berikut 11 bahaya minum es setelah makan

Agan dan Sista suka minum es setelah makan? Berikut 11 bahaya minum es setelah makan

Agan dan Sista suka minum es setelah makan? Berikut 11 bahaya minum es setelah makan


Agan dan Sista suka minum es setelah makan? Berikut 11 bahaya minum es setelah makan

Salam hormat untuk kaskuser semuaemoticon-Jempol , apa yang kalian pikirkan dan lakukan ketika siang-siang yang terik makan bakso ditemani es teh! Nikmat sekali rasanya minum es setelah menyantap makanan yang panas, kan? Kebiasaan minum air es setelah makan dan terlalu sering minum es ternyata berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, lho. Tidak percaya? Simak thread sederhana ane berikut emoticon-Traveller

Mengapa Orang Indonesia Gemar Mengkonsumsi Es Setelah Makan?
Quote:Indonesia merupakan salah satu negara tropis. Suhu yang panas seringkali membuat orang-orang Indonesia gemar mengkonsumsi minuman dingin

Quote:Setiap kali sesudah makan, minuman dingin merupakan hidangan wajib yang harus ada. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi adalah makanan pedas, mengkonsumsi minuman dingin dianggap sebagai solusi meredakan rasa pedas di mulut.

Akan tetapi, jangan dijadikan kebiasaan yah Sob! Karena ternyata ada bahaya mengintai di balik kesenangan mengonsumsi air es setelah makan, ini dia beberapa di antaranya:

1. Penyumbatan Usus
Quote:Pernah membayangkan lemak dari makanan berminyak menumpuk di saluran cerna kita? Ibarat sampah yang menyumbat gorong-gorong, konsumsi air es setelah makan akan membuat proses pencernaan jadi lambat. Ini karena dinding usus yang menyempit, akibatnya tidak bisa menyerap makanan dengan baik. Dan akhirnya gangguan proses pencernaan pun akan terjadi.

2. Memicu Terbentuknya Batu Ginjal
Quote:Bagi orang yang mempunyai resiko pembentukan batu ginjal, minum es teh sangat tidak dianjurkan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat oxalate dalam es teh. Zat oxalate adalah biang utama pemicu terbentuknya batu ginjal. Yang disarankan untuk diminum adalah air putih, jus lemon, atau air dengan tambahan lemon. Zat apa yang terkandung dalam lemon sehingga baik untuk orang yang memiliki resiko pembentukan batu ginjal? Sitrat! Tingginya kandungan sitrat dalam lemon, bisa mencegah batu ginjal.

3. Menyebabkan Pusing
Quote:Saat metabolisme tubuh terganggu, tubuh tidak bisa langsung beradaptasi ketika terjadi perubahan suhu yang mendadak tatkala kita minum es. Akibatnya suplai oksigen ke organ-organ tubuh berkurang, termasuk ke otak. Dampaknya, kita akan merasa pusing.

4. Perut yang Membuncit
Quote:Adakah yang senang memiliki perut buncit? Susah bergerak, berat, dan sangat mengganggu penampilan. Di perut kita terdapat bantalan lemak yang fungsinya untuk menghangatkan. Termasuk menghangatkan air es yang kita minum. Semakin banyak air es yang dikonsumsi, bantalan lemaknya juga akan bertambah. Dari sinilah sumber perut buncit. Apalagi bila tidak diiringi dengan olahraga teratur. Tambah bantalan lemak, tambah buncit.

5. Begah
Quote:Ketika minuman dingin masuk ke tubuh, enzim di lambung akan bereaksi dengan suhu dingin. Otot perut menjadi kram. Selanjutnya perut terasa kembung akibat munculnya gas dalam perut kita.

6. Jadi Terus Merasa Haus (Dehidrasi)
Quote:Sudah minum air es, kok haus lagi? Hilangnya cairan secara cepat di tubuh, adalah dampak dari minum air es. Cukupi kebutuhan cairan tubuh kita dengan minum air putih. Setelah berolahraga pun disarankan minum air putih agar kebutuhan cairan terpenuhi.

7. Memperlambat Detak Jantung
Quote:Rangsangan pada saraf vagus akibat minum air es bisa memperlambat kinerja jantung. Perlu diketahui, saraf vagus memiliki peranan penting dalam kegiatan tak sadar tubuh, misalnya detak jantung.

8. Terjadi Pembekuan di Otak
Quote:Meminum air es akan meningkatkan aliran darah menuju otak sehingga kita tiba-tiba merasa pusing yang kemudian perlahan hilang (pembekuan otak). Orang dengan riwayat migrain, berpotensi besar mengalami pembekuan otak. Organ yang sangat sensitif terhadap suhu ini (otak), harus dipastikan tetap hangat. Minumlah air biasa, apalagi sehabis makan. Jangan memperberat kerja tubuh dengan minum air es. Sayangi tubuh kita, yaemoticon-thumbsup

9. Hilangnya Nutrisi dalam Tubuh
Quote:Agar suhu tubuh menjadi normal kembali sesudah minum air es, tubuh perlu kerja ekstra. Padahal tubuh juga harus mencerna makanan dan menyerap nutrisinya. Karena energi tubuh banyak terpakai untuk mengatur suhu badan kita, nutrisi dari makanan yang kita konsumsi jadi tidak terserap secara optimal.

10. Memicu Radang Tenggorokan
Quote:Tenggorokan yang radang dikarenakan adanya lendir di lapisan kerongkongan. Pemicu lendir tersebut adalah minuman yang terlalu dingin.Hal ini tentu akan berdampak pada saluran tenggorokan yang akan lebih mudah dan rentan terkena infeksi dan radang.

11. Kehilangan Nutrisi Tubuh
Quote:Normalnya, temperatur tubuh manusia berada di kisaran 36 - 37 'C. Namun saat kita mengonsumsi air yang terlalu dingin membuat tubuh harus menggunakan lebih banyak energi untuk mengatur dan membuat suhu tubuh normal kembali. Padahal energi tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk menyerap nutrisi dan mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Saat minum air es, energi yang sudah terkuras, tubuh tidak akan bisa menyerap nutrisi lagi secara maksimal.


Itulah bahaya yang dapat ditimbulkan ketika kita minum es setelah makan, gak kebayangkan gan? Hehe
Agar kita terhindar dari berbagai bahaya yang menyertai saat mengkonsumsi es batu, biasakanlah minum air panas, teh panas atau yang lainnya. Tentu saja dengan panas yang layak untuk diminum.

Demikian thread sederhana dari ane, bila berkenan
Agan dan Sista suka minum es setelah makan? Berikut 11 bahaya minum es setelah makan

Sumber
Quote:google.com
halosehat.com
pemikiran pribadi
profile-picture
nona212 memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 7
Agan dan Sista suka minum es setelah makan? Berikut 11 bahaya minum es setelah makan
03-06-2017 13:42
Quote:Original Posted By haqqits
Maksude pensi kejang sek mbah emoticon-Embarrassment


yo mbah .tak anu sek yo emoticon-EEK!
0 0
0
Agan dan Sista suka minum es setelah makan? Berikut 11 bahaya minum es setelah makan
03-06-2017 13:55
naah ini diaa... nihh.. trnyata ini pnyebabnyaa
0 0
0
Agan dan Sista suka minum es setelah makan? Berikut 11 bahaya minum es setelah makan
03-06-2017 13:57
Ga suka gan
0 0
0
Agan dan Sista suka minum es setelah makan? Berikut 11 bahaya minum es setelah makan
03-06-2017 13:57
Quote:Original Posted By ilolhard
naah ini diaa... nihh.. trnyata ini pnyebabnyaa


Bahaya tuh gan
0 0
0
Agan dan Sista suka minum es setelah makan? Berikut 11 bahaya minum es setelah makan
03-06-2017 14:02
kurang percaya dah ane
0 0
0
Agan dan Sista suka minum es setelah makan? Berikut 11 bahaya minum es setelah makan
23-02-2018 16:37
Es is number one
0 0
0
Agan dan Sista suka minum es setelah makan? Berikut 11 bahaya minum es setelah makan
23-02-2018 17:11
Quote:Original Posted By tumblrstarbucks
Es is number one


Kenapa gitu
0 0
0
Agan dan Sista suka minum es setelah makan? Berikut 11 bahaya minum es setelah makan
23-02-2018 17:13
Quote:Original Posted By haqqits
Kenapa gitu


Karena panas mungkin emoticon-sudahkuduga
0 0
0
Agan dan Sista suka minum es setelah makan? Berikut 11 bahaya minum es setelah makan
23-02-2018 17:14
Quote:Original Posted By tumblrstarbucks
Karena panas mungkin :sudahkuduga


Panas ketemu dingin jadi nguap
0 0
0
Agan dan Sista suka minum es setelah makan? Berikut 11 bahaya minum es setelah makan
23-02-2018 17:15
Quote:Original Posted By haqqits
Panas ketemu dingin jadi nguap


Kondensasi gan
0 0
0
Agan dan Sista suka minum es setelah makan? Berikut 11 bahaya minum es setelah makan
23-02-2018 17:17
Quote:Original Posted By tumblrstarbucks
Kondensasi gan


Yo ngono kuwi lah, ning untu marai sensitif :dor
0 0
0
Agan dan Sista suka minum es setelah makan? Berikut 11 bahaya minum es setelah makan
23-02-2018 17:17
Quote:Original Posted By haqqits
Yo ngono kuwi lah, ning untu marai sensitif emoticon-dor


Makanya gosok gigi
0 0
0
Agan dan Sista suka minum es setelah makan? Berikut 11 bahaya minum es setelah makan
23-02-2018 17:18
Quote:Original Posted By tumblrstarbucks
Makanya gosok gigi


Pakai odol khusus
0 0
0
Agan dan Sista suka minum es setelah makan? Berikut 11 bahaya minum es setelah makan
23-02-2018 17:20
Quote:Original Posted By haqqits
Pakai odol khusus


Ane pake shampo
0 0
0
Agan dan Sista suka minum es setelah makan? Berikut 11 bahaya minum es setelah makan
23-02-2018 17:21
Quote:Original Posted By tumblrstarbucks
Ane pake shampo


Cuma shampo doang?
0 0
0
Agan dan Sista suka minum es setelah makan? Berikut 11 bahaya minum es setelah makan
23-02-2018 17:22
Quote:Original Posted By haqqits
Cuma shampo doang?


Conditioner dikit
0 0
0
Agan dan Sista suka minum es setelah makan? Berikut 11 bahaya minum es setelah makan
23-02-2018 17:22
Quote:Original Posted By tumblrstarbucks
Conditioner dikit


Gak dikasih cuka?
0 0
0
Agan dan Sista suka minum es setelah makan? Berikut 11 bahaya minum es setelah makan
23-02-2018 17:23
Quote:Original Posted By haqqits
Gak dikasih cuka?


Dikasih keju juga ya
0 0
0
Agan dan Sista suka minum es setelah makan? Berikut 11 bahaya minum es setelah makan
23-02-2018 17:23
nunggu fatwa mui minum dingin haram karena banyak mudhorotnya emoticon-Bola
0 0
0
Agan dan Sista suka minum es setelah makan? Berikut 11 bahaya minum es setelah makan
23-02-2018 17:23
Quote:Original Posted By tumblrstarbucks
Dikasih keju juga ya


Langsung protol untune :sudahkuduga
0 0
0
Halaman 4 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia