Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yviciantikaAvatar border
TS
yviciantika
Kenali Andropause Pada Pria
Kalau wanita siklus reproduksinya dikenal dengan menopause. Menopause ditandai dengan berhentinya siklus menstruasi kurang lenbih 12 bulan. Ovarium yang menghasilkan sel telur dan hormon estrogen dan progresteron berhenti bekerja

Nah ternyata hal ini juga dialami pria setelah usia 30 tahun. Istilah pada pria dikenal dengan andropause emoticon-Matabelo Nugroho Setiawan dokter spesialis andrologi Rumah Sakit Brawijaya menjelaskan bahwa umumnya puncak kehidupan pria adalah usia 25-30 tahun. Diatas usia 30 tahun, pria mulai mengalami degenerasi testosteron. Kadang ada juga yang mulai mengalami degenerasi sebelum 30 tahun.

Quote:




Quote:


Ia juga mengatakan bahwa andropause ini tidak mudak dideteksi. Tapi, efek penurunan kadar hormon testosteron bisa dilihat dari kondisi fisi seperti tidak berenergi, lemas, tubuh yang relatif gemuk, gairan seksual rendah dan juga terancam oleh penyakit metabolik seperti hipertensi dan kencing manisemoticon-Takut

Nah untuk mengetahui pasti, agan bisa mengisi ADAM Questionnare dan diisi dengan jujur emoticon-Malu kata dokter Nugroho.

ADAM Questionnare atau Androgen Deficiency in Aging Males adalah tes untuk mengetahui gejala-gejala penurunan hormon tesosteron pada pria. Seperti yang dilansir dari Elite Mens Guide dalam https://www.cnnindonesia.com/gaya-hi...ause-pada-pria hasil tes ini akan menentukan apakah pria perlu berkonsultasi dengan dokter tentang gejala andropause yang dialami.

Ada 10 pertanyaan dengan jawaban ya atau tidak mengenai gejala andropause misalnya tentang penurunan gairah seks, sereksi yang kurang, mengantuk setelah makan malam dan merasa kekurangan energi. Kalau ternyata ada setidaknya 7 jawaban 'ya' maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Nugroho juga mengatakan kalau andropause ini tidak dapat dihentikan ataupun dicegah gan. Jadi ini adalah siklus alami untuk pria. Satu-satunya yang bisa dilakukan adalah dengan membuat proses penurunan hormon testosteron ini tidak terlalu cepat.

Caranya bisa dengan olahraga yang benar, makan makanan yang bergizi dan seimbang, istirahat yang cukup dan yang terakhir mengelola stres emoticon-2 Jempol
0
519
2
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.