Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hantupuskomAvatar border
TS
hantupuskom
Lahan Keluarga Akan Dieksekusi, Sihar: Saya No Comment
JawaPos.com - Mahkamah Agung akan mengeksekusi lahan seluas 47 ribu hektare di Sumatera Utara (Sumut). Lahan tersebut merupakan hutan produktif yang kewenangan pengelolannya ada pada negara.

Dari luas lahan yang akan dieksekusi, di antaranya milik almarhum Darianus Lungguk (DL) Sitorus yang merupakan ayah Calon Wakil Gubernur Sumut Sihar Sitorus. Terkait hal tersebut, Sihar mengaku belum mengetahuinya.

"Saya no comment. Belum lihat berkasnya seperti apa, bunyi putusannya seperti apa, ini baru dengar-dengar. Yang pasti ayah saya sudah menjalani hukumannya dan sudah meninggal," kata Sihar saat berada di Warkop Jurnalis, Jalan H Agus Salim, Kota Medan, Rabu (21/2).

Sebelumnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk meminta bantuan terkait eksekusi lahan milik DL Sitorus, Senin (19/2). Langkah Kementrian LHK juga mendapat dukungan dari Anggota Komisi IV DPR RI Fadholi. "Kan keputusannya sudah jelas. Lahan ini milik negara. Maka sepatutnya dikembalikan untuk hajat hidup orang banyak," kata Fadholi.

Dalam putusan kasasi pada 12 Februari 2007, Mahkamah Agung telah memerintahkan lahan perkebunan kelapa sawit seluas 23.000 hektare di kawasan Padang Lawas, Sumut, untuk segera dieksekusi. Lahan tersebut dikuasai KPKS Bukit Harapan dan PT Torus Ganda.

Kemudian lahan seluas 24.000 hektare di kawasan yang sama, yang dikuasai KPKS Parsub dan PT Torus Ganda disita negara. Namun sampai saat ini lahan tersebut belum juga dieksekusi alias belum diserahkan secara fisik kepada negara.

"Coba kita bayangkan, sepuluh tahun hutan produktif yang diputuskan untuk dikembalikan kepada negara tetap dikuasai keluarga DL Sitorus. Malahan sebaliknya, lahan ditanami kelapa sawit yang hanya dinikmati perorangan. Bukan negara untuk kepentingan rakyat. Tentu ini aneh kan," pungkas Fadholi.

(pra/JPC)

Sumur:
https://www.jawapos.com/read/2018/02/21/190470/lahan-keluarga-akan-dieksekusi-sihar-saya-no-comment?amp=1

jangan kasi longgar
enak bener pake tanah negara drmi keuntungan pribadi
emoticon-Busa
0
4.8K
45
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.