Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

thatwasfunAvatar border
TS
thatwasfun
Adaptasi Cerita Kera Sakti, Dari Jepang Sampai Korea Gan!
Seekor kera terpuruk terpenjara dalam gua
Di gunung tinggi sunyi tempat hukuman para dewa
Bertindak sesuka hati loncat ke sana kesini
Hiraukan semua masalah di muka bumi ini


Tau nggak ini lirik lagu apa?


Buat Agan yang ngaku generasi 90-an (atau sebelumnya) pasti nggak asing sama serial Kera Sakti dong! Kalo Agan udah lupa-lupa inget, geng Kera Sakti ini terdiri dari Su Go Kong, Biksu Tong, dan teman-temannya menuju ke Barat. Serial ini diputar di TV tahun 1997 Gan, tapi serial aslinya ternyata diproduksi oleh TVB asal Hongkong di tahun 1996.




Foto: Hipwee

Ternyata oh ternyata, cerita Journey to the West yang dibuat oleh Wu Cheng'en ini udah ada dari abad ke-16 saat dinasti Ming dan bisa dibilang adalah salah satu dari 4 novel klasik terbaik dalam literatur Cina. Nggak heran kalau cerita ini jadi diadaptasi ke berbagai bentuk media, salah satunya serial TV kayak yang tayang di Indonesia Gan.


Selain Kera Sakti, cerita klasik Journey to the West ini juga diadaptasi ke beberapa serial TV lain. Apa aja ya?


1. Monkey (Saiyūki)





Foto: Vision Times



Adalah drama TV Jepang yang disiarkan dari tahun 1978 sampai 1980 di Nippon TV Gan. Meski drama Jepang, tapi shootingnya sendiri dilakukan di Cina dan Mongolia. Drama ini terdiri dari 2 musim dengan masing-masingnya 26 episode. Uniknya, Saiyuki didubbing ke Bahasa Inggris dari tahun 1979 dan disiarkan di Britania Raya, New Zealand dan Australia. Selain itu, juga didubbing ke Bahasa Spanyol untuk disiarkan di Meksiko, Kosta Rika, Peru, Argentina, Uruguay dan Republik Dominika di awal tahun 1980an.


2. Journey to the West (Sai yau gei)




Foto: IMDB


Ini dia drama yang didubbing ke Bahasa Indonesia dan ngehits banget waktu tahun 90-an. Cerita perjalanan siluman kera dengan biksu Tong Sam Cong dan 2 temannya, Patkay dan Wu Jing, Sun Go Kong memberantas siluman jahat. Drama berjumlah 30 episode ini diproduksi oleh TVB di Hong Kong dan juga disiarkan di TVB Jade Hong Kong pada November 1996. Ternyata drama ini ada sekuelnya Gan, namanya Journey to the West II yang diputar pada tahun 1998 tapi pemeran Sun Go Kong-nya beda Gan. Drama ini terdiri dari 2 season dengan masing-masing 30 episode dan berdurasi 45 menit. Meski udah pernah tayang di tahun 90-an, tahun 2017 lalu Kera Sakti juga diputar di salah satu TV swasta. 


3. Saiyūki


Foto: Global Times


Dirilis tahun 2006, drama TV Jepang ini mengikuti jejak drama terdahulunya yakni Saiyūki yang tayang di tahun 1970an. Bisa dibilang drama ini adalah adaptasi cerita Journey to the West yang ke-5 di Jepang. Saiyūki tayang di slot primet time Fuji TV yakni pukul 9 malam tiap Senin dan berhasil meraih rating awal 30% Gan. Tidak membuatnya dalam 2 seasons, Fuji TV dan Toho justu memproduksi versi filmnya yang dirilis di Jepang pada 14 Juli 2007 dan terbukti sukses besar. Film Saiyūki jadi salah satu box office di Jepang tahun itu. Yang unik adalah karakter utama Son Goku (Sun Wukong) diperankan oleh salah satu anggota boyband Jepang SMAP yakni Shingo Katori.


4. Monkey King: Hero is Back




Foto: Wikimedia



Ini adalah film animasi Cina yang dirilis pada 10 Juli 2015. Mengangkat plot tentang Monkey King yang dipenjara dan kemudian dibebaskan oleh anak kecil, Monkey King akhirnya menyelamatkan masyarakat dari monster jahat. Film ini bisa dibilang adalah film yang mendapat pendapatan terbanyak di Cina dan hanya dikalahkan Zootopia dan Kung Fu Panda 3. Uniknya, seluruh biaya pemasaran film ini sejumlah 1,23 juta dollar diperoleh dari crowdfunding dan gantinya nama 109 orang yang memberi crowdfunding ditulis sebagai produser (yang kebanyakan adalah anak-anak) di credit titlenya.



5. A Korean Odyssey





Foto: Brilio



Ini dia drama Korea Selatan yang masih on-going dan lagi banyak diomongin. Mulai tayang 23 Desember 2017, drama ini mengangkat kisah Journey to the West tapi dengan latar zaman modern. Drama ini adalah comebacknya aktor Korea Lee Seung Gi setelah selesai wajib militer. Menurut data Nielsen, drama ini juga jadi drama yang paling banyak ditonton di time slot saat itu. Bukan hanya itu, episode pertama drama ini juga memecahkan rekor rating tertinggi di drama tvN.


Ternyata, drama Kera Sakti alias Sun Wukong atau Sun Go Kong itu bukan hanya ngehits di sini aja, tapi juga di berbagai negara. Sampai sekarang pun masih banyak yang bikin adaptasinya.



Siapa yang dulu selalu mantengin Kera Sakti?






0
30.9K
129
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kekoreaan
Kekoreaan
10.8KThread2.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.